5 Penyebab Utama Pertengkaran Suami Istri Ini Wajib Kamu Tahu

5 Penyebab Utama Pertengkaran Suami Istri Ini Wajib Kamu Tahu

Pertengkaran suami istri, bukanlah hal yang asing dalam sebuah rumah tangga. Ada yang mengatakan bahwa pertengkaran adalah bumbu pemanis rumah tangga. Namun, pertengkaran yang sering terjadi dalam rumah tangga tidak baik untuk perkembangan penghuni rumah karena akan menimbulkan dampak negatif.

Pertengkaran yang kerap terjadi bisa dipicu karena beberapa hal dibawah ini;

Masalah Waktu

Yang menjadi sebab pertama suatu pertengkaran suami istri adalah tidak adanya quality time untuk menghabiskan waktu bersama. Masing-masing asyik dengan kehidupan sendiri tanpa memperdulikan pasangannya.

Tidak adanya waktu yang digunakan untuk menghabiskan waktu bersama tidak hanya berdampak pada pasangan, tapi juga pada anak-anak.

Keuangan

Masalah keuangan menjadi penyebab krusial pertengkaran suami istri berikutnya. Bahkan begitu serius masalah ini bisa memicu perceraian. Tidak adanya komunikasi dalam hal pengelolaan keuangan yang tepat dalam sebuah rumah tangga bisa berakibat tidak baik.

Alangkah baiknya jika di awal pernikahan dibicarakan bagaimana tentang pengelolaan keuangan.

Keluarga yang Ikut Campur

Menikah bukan berarti Kamu akan bisa hidup sendiri. Ada kalanya keluarga masing-masing akan tetap ikut campur dalam masalah rumah tangga. Ikut campurnya keluarga ternyata bisa menjadi penyebab pertengkaran suami istri.

Agar tidak terjadi sebuah pertengkaran, baiknya antar pasangan tidak melibatkan keluarga jika ada masalah atau dalam hal tertentu. Terlalu banyak pendapat orang luar juga tidak baik.

Anak

Pengasuhan anak yang dilakukan seorang Ibu akan menjadi sebuah batu permasalahan apabila seorang Ayah tidak ikut serta membantu dalam pengasuhan. Cara pengasuhan dan pendapat yang berbeda bisa juga menjadi sebab pertengkaran.

Kecemburuan

Cemburu antara suami istri adalah hal yang biasa. Namun, kecemburuan yang terlalu dalam bisa menimbulkan pertengkaran yang berujung perceraian. Adanya orang ketiga dalam rumah tangga kerap menjadi pemicu utamanya.

Sebagai pasangan suami istri hendaklah tetap setia agar pernikahan yang diagungkan tidak berakhir di meja pengadilan.

3 Hal yang Harus Dihindari dalam Pertengkaran

Jika sebuah pertengkaran adalah hal yang biasa dalam sebuah rumah tangga, ada beberapa hal berikut yang tidak boleh dilakukan jika pertengkaran kerap terjadi. Adapun yang harus dihindari agar pertengkaran tidak semakin berlanjut adalah;

KDRT

Perlakuan kasar seorang pasangan terhadap pasangannya dalam rumah tangga, yang disebut kekerasan dalam rumah tangga wajib dihindari saat pertengkaran terjadi.

Saat ada pertengkaran lumrah jika lupa diri karena emosi, tapi tetap harus bisa mengendalikan diri agar pertengkaran yang terjadi tidak semakin larut. Adanya KDRT dalam rumah tangga paling banyak menjadi penyebab perceraian. Jadi sebisa mungkin hindari masalah ini.

Hindari Caci Maki

Saat bertengkar tentu masing-masing pihak dalam keadaan emosi yang tidak terkendali. Keadaan inilah yang kerap menimbulkan caci maki saat bertengkar. Apa pun yang keluar dari mulut seakan tidak bisa dikembalikan.

Umumnya caci maki ini yang akan menjadikan pertengkaran makin panas dan tidak bisa terselesaikan. Alangkah baiknya jika ada suatu permasalah dalam pernikahan dibicarakan dengan kepala dingin.

Membocorkan Rahasia Keluarga

Yang harus dihindari selanjutnya adalah membocorkan rahasia keluarga pada orang lain saat sedang tidak akur dengan pasangan. Membocorkan rahasia sama halnya dengan membuka aib keluarga. Padahal dalam tuntunan agama telah diwajibkan untuk selalu menjaga rahasia keluarga.

Demikian ulasan tentang pertengkaran suami istri yang sering terjadi. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.