5 Tips Liburan Akhir Tahun Menyenangkan Bersama Si Kecil

5 Tips Liburan Akhir Tahun Menyenangkan Bersama Si Kecil

Wah, tak terasa sebentar lagi tahun 2018 akan berakhir. Akhir tahun identik dengan liburan, kamu sudah menyiapkan apa saja untuk liburan akhir tahun?

Pergi berlibur bersama keluarga adalah momen menyenangkan yang bisa jadi hanya bisa dilakukan di akhir tahun. Berbagai promo menarik yang diberikan oleh tempat-tempat wisata hingga hotel dan penginapan lainnya akan membuat momen liburan akhir tahunmu semakin menyenangkan. Menjelang liburan akhir tahun, tempat wisata seperti taman bermain anak juga biasanya akan memberikan beragam promo menarik.

Mengajak si kecil berlibur bisa jadi merupakan hal yang menyenangkan sekaligus merepotkan, terutama jika usia si kecil masih di bawah 10 tahun. Selain harus mencari tempat berlibur yang ramah anak, ada beberapa hal lain yang perlu kamu persiapkan agar liburanmu dengan si kecil tetap nyaman. Yuk, simak tips liburan akhir tahun bersama si kecil di bawah ini!

Perhatikan Kondisi Musim dan Cuaca

Tips liburan akhir tahun bersama si kecil yang pertama adalah ketahui dengan baik kondisi musim atau cuaca di tempat kalian akan berlibur nanti. Kondisi musim dan cuaca merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan ketika berlibur, terlebih kamu akan mengajak si kecil. Jika kamu memilih tempat berlibur indoor, masalah cuaca tidak akan menjadi masalah.

Jika kamu berencana mengajak si kecil ke tempat-tempat wisata seperti pantai, gunung, ataupun tempat outdoor lainnya, cek terlebih dahulu kondisi cuaca minimal 30 hari sebelum dan sesudah hari keberangkatan. Jika kamu berencana ingin liburan ke luar negeri, cek juga kondisi musim di sana. Selain menghindari kondisi cuaca buruk yang terjadi selama liburan, mengetahui kondisi cuaca dan musim sebelum pergi berlibur bersama si kecil juga ditujukan agar kamu bisa mempersiapkan pakaian yang cocok untuk dikenakan nanti.

Rencanakan Sejak Jauh hari dan Ajak SiKecil Berdiskusi Untuk Tentukan Tempat Berlibur

Pergi berlibur bersama si kecil tidak sama lho dengan pergi berlibur biasa. Merencanakan liburan dengan mengajak si kecil tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba atau mendadak. Kamu perlu perencanaan yang matang sejak jauh-jauh hari agar liburan berjalan lancar. Kamu harus memperhatikan akses perjalanan, kondisi tempat menginap, hingga pilihan atraksi liburan yang akan kalian kunjungi.

Agar selama liburan mood si kecil tetap terjaga, ada baiknya kamu mengajak si kecil untuk berdiskusi menentukan tempat berlibur. Berikan beberapa referensi tempat liburan yang dilengkapi dengan gambar, agar di kecil bisa sambil membayangkan.  

Tentukan Ingin Menggunakan Transportasi Apa

Tips liburan akhir tahun bersama si kecil yang ketiga adalah tentukan moda transportasi apa yang akan digunakan. Ada beberapa faktor penentu untuk memutuskan masalah transportasi. Pertama, sesuaikan dengan jumlah hari libur atau cuti orang tua. Jika kalian hanya memiliki waktu cuti yang terbatas, maka moda transportasi udara dengan pesawat terbang adalah pilihan terbaik. Namun jika waktu yang kalian miliki cukup panjang, kalian bisa memilih menggunakan moda transportasi lainnya yang lebih santai, seperti mobil pribadi.

Untuk menggunakan mobil pribadi, kamu juga harus memperhatikan faktor kedua, yakni waktu tempuh. Waktu ideal yang bisa kalian tempuh menggunakan mobil pribadi yakni tidak lebih dari 6 jam. Sebelum melakukan perjalanan, periksa kelengkapan dan kondisi mobil terlebih dahulu. Ketiga, pertimbangkan kondisi jalan jika macet. Menjelang liburan akhir tahun dapat dipastikan akses jalan menuju tempat-tempat wisata akan macet. Pikirkan alternatif jalan dan transportasi lain, jangan sampai kalian menghabiskan waktu terlalu lama di jalan agar si kecil tidak bosan.

Siapkan Bekal dan Mainan Favorit Si Kecil

Tips keempat liburan menyenangkan bersama si kecil adalah siapkan makanan dan minuman favorit si kecil sebagai perbekalan. Mood si kecil memang tidak bisa diprediksi. Mereka bisa jadi sangat penurut tapi bisa juga berubah menjadi sangat cranky dan sulit diatur. Cara agar mereka bisa kembali tenang adalah dengan memberikan mereka snack favorit. Siapkan berbagai camilan favorit si kecil yang bisa mereka makan selama perjalanan.

Si kecil masih rewel? Berikan mereka mainan favorit. Namun, jangan terlalu banyak membawa mainan. Bawa saja mainan yang menjadi favorit si kecil, atau, libatkan si kecil pada saat packing dan memilih mainan mana yang akan dibawa.

Siapkan Pakaian Berlebih Untuk Si Kecil

Saatnya packing! Momen packing terkadang menjadi momen yang membingungkan sebelum berangkat liburan. Sebagai tips packing untuk berlibur bersama si kecil, siapkan stock pakaian berlebih untuk si kecil. Banyaknya aktivitas yang akan dilakukan selama berlibur membuat si kecil akan mudah berkeringat dan pakaian menjadi kotor dan tidak nyaman lagi digunakan. Itulah gunanya menyiapkan pakaian berlebih untuk si kecil. Selain itu, membawa ekstra pakaian juga akan menghemat pengeluaran kalian untuk tidak membeli baju baru di tempat berlibur, yang biasanya akan dijual lebih mahal.

Agar momen packing menjadi semakin seru, libatkan si kecil. Arahkan mereka untuk memilih sendiri baju mana yang akan mereka bawa. Mengenakan baju kesukaan dipercaya akan meningkatkan mood si kecil lho!