5 Tips Menabung Buat Nikah dengan Gaji 2 Juta

5 Tips Menabung Buat Nikah dengan Gaji 2 Juta

Tips Menabung Buat Nikah Banyak Dicari Milenial

Jika mengacu pada sebuah teori, gaji berapa pun yang masuk ke rekening yang Anda miliki, beberapa persen dari gaji tersebut seharusnya ditabung. Pada dasarnya, besarnya gaji memang menentukan berapa persen tabungan kita. Namun, bila gaji tidak diatur, besaran gaji tidak akan berpengaruh dengan besarnya tabungan. Menabung bukan hal yang mudah, apalagi jika kita sudah merencanakan menggelar pernikahan bersama dengan orang terkasih. Hidup dengan gaji 2 juta, agar tetap dapat menabung tentu memerlukan pengorbanan. Lantas, bagaimana tips menabung buat nikah dengan penghasilan 2 jutaan?

Berbagai Cara Menabung yang Kreatif untuk Menggelar Pesta Pernikahan

Mungkin, kita membutuhkan berbagai cara yang lebih kreatif, agar menabung bisa terasa menyenangkan, berikut beberapa tips menabung dengan gaji 2 juta, antara lain:

Menabung dengan uang receh

Malas mengantongi uang receh? Jika Anda malas mengantongi uang receh, Anda bisa memasukkannya ke dalam celengan. Meski terkesan recehan, namun jika dikumpulkan selama bertahun-tahun, tetap saja memiliki jumlah yang besar.

Menabung emas

Tak hanya mencoba menabung dalam bentuk uang, Anda dapat mencoba menabung dalam bentuk emas. Namun, bagaimana cara menabung dalam bentuk emas? Saat ini di Pegadaian terdapat produk tabungan emas. Anda hanya perlu membuka rekening, dan Anda sudah dapat memulai membuka tabungan emas. Untuk masalah setoran tabungan, setorannya bebas, Anda dapat menyetor harian atau pun bulanan dengan minimal setoran setara dengan harga 0.01 gr emas. Contohnya, jika kurs emas harian hari ini Rp 6000 per 0,01 gr, ini berarti Anda dapat menyetor uang dengan nominal tersebut, bila emas yang Anda tabung sudah mencapai 5 gram, Anda dapat mengambil dalam bentuk fisik emas atau uang tunai.

Menabung per hari

Jika uang receh sudah dikumpulkan, Anda dapat mencoba menabung harian. Contohnya, menabung per hari Rp 10 ribu, dalam 1 bulan penuh sudah Rp 300 ribu. Kunci dari menabung di dalam celengan adalah disiplin, karena terkadang tangan nakal mengambil beberapa pecahan uang di saat akhir bulan atau hanya sekedar jajan. Saat menabung di dalam celengan, anggap uang yang berada di dalam celengan tersebut tidak ada, sehingga fokus Anda hanya uang yang di dalam dompet saat ini.  

Arisan bersama teman

Siapa bilang jika arisan hanya dilakukan oleh ibu-ibu saja? arisan dapat dilakukan oleh siapa pun, bahkan arisan sangat bermanfaat untuk mendukung rencana menabung Anda. contohnya, Anda mulai mengikuti arisan kantor. Tentukan iuran arisan per bulan, contohnya Rp 300 ribu, jika peserta arisan ada 20 orang, dana yang terkumpul bisa Rp 6 jutaan.

Membuka tabungan rencana

Apakah Anda sering berusaha menabung di bank, namun gagal hanya karena tergoda menarik tunai? Jika demikian, Anda dapat mencoba membuka tabungan rencana. Sekarang ini, tidak sedikit bank yang menawarkan produk ini. Ada berbagai keuntungan membuka tabungan rencana seperti praktis karena dana tabungan diambil dengan cara autodebet, selain itu tabungan rencana juga memiliki kontrak jangka waktu mulai dari 1 hingga 20 tahun, sehingga Anda bisa lebih fleksibel mengatur jumlah tabungan setiap bulannya.
Intinya, berapa pun gaji yang Anda miliki bukan menjadi penghalang untuk terus menyisihkan uang, apalagi jika tabungan Anda memiliki tujuan yang pasti. Jadi, tips menabung buat nikah di atas, bisa menjadi solusi bukan?