5 Tips Menabung Buat Nikah dengan Gaji 3 Juta

5 Tips Menabung Buat Nikah dengan Gaji 3 Juta

Apakah Tips Menabung Buat Nikah Hanya untuk Mereka dengan Gaji Besar?

Banyak anak muda yang mulai mencari tips menabung buat nikah. Niatan untuk menikah memang dapat membuat seseorang berpikir hingga jauh ke depan. Sayangnya, saat ini ada begitu banyak orang yang ragu atau ketakutan untuk menikah karena besaran gaji yang mereka miliki. Tidak heran, jika banyak orang yang ketakutan, ketakutan ini terjadi bukan hanya takut membina rumah tangga, namun takut tidak bisa memenuhi biaya melangsungkan pernikahan yang sangat besar. Dari sini kemudian muncul anggapan, apakah menabung hanya untuk mereka yang memiliki penghasilan besar?

Tips Menabung untuk Pesta Pernikahan

Menyelenggarakan pesta pernikahan, lebih-lebih di kota besar memang akan menghabiskan budget yang tidak sedikit, bahkan mencapai ratusan juta. Untuk beberapa orang, menggelar pesta pernikahan malah mencapai miliaran rupiah. Jika sudah demikian, apakah tidak ada kemungkinan menyelenggarakan pesta pernikahan jika hidup di kota besar? Tentu saja mungkin, asalkan Anda sudah siap menabung mulai dari sekarang.

Bagaimana jika hanya memiliki gaji Rp 3 juta? Berikut beberapa tips menabung yang dapat Anda ikuti:

Atur jumlah tabungan

Mengatur jumlah tabungan dengan penghasilan Rp 3 juta setiap bulan sebenarnya bukan masalah besar. Anda hanya perlu disiplin mengikuti tabungan ideal, yakni 30% dari penghasilan. Sehingga, perhitungan yang diperoleh dari gaji Rp 3 juta, sisihkan 30% langsung untuk tabungan, yakni Rp 900 ribuan, bila berdua bersama dengan pasangan, dalam satu bulan, Anda dapat menabung Rp 1,8 jutaan. jika diteruskan selama 3 tahun menjadi Rp 64,8 jutaan.

Tekan gengsi

Apakah gaji Anda habis hanya untuk membiayai gengsi seperti selalu makan di restoran mahal, membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, atau malah liburan hanya untuk memamerkannya di sosial media? Jika sudah berniat menabung untuk menggelar pesta pernikahan, lebih baik mulai dari sekarang Anda hentikan kebiasaan tersebut, tidak perlu makan malam mewah di sebuah restoran, Anda bisa membuat makanan sendiri, selain itu saat berbelanja kebutuhan, usahakan sudah memikirkannya dengan baik. 

Pastikan tidak memiliki hutang

Agar tabungan senilai Rp 900 ribu bisa berjalan dengan mulus setiap bulannya, pastikan Anda melunasi seluruh hutang terlebih dahulu, jangan sampai karena ingin menabung dengan jumlah tersebut, Anda menyepelekan hutang berjalan yang Anda miliki.

Hindari memikirkan meminjam dana untuk pesta pernikahan

Biasanya, hal yang membuat anak muda lebih santai bahkan menyepelekan tabungan pernikahan adalah, mereka menganggap jika biaya menikah bisa dipenuhi dengan meminjam bank. Mungkin hal ini sah-sah saja, namun sebelum meminjam uang, Anda harus memikirkannya kembali karena setelah menikah, Anda bukan hanya menghidupi diri sendiri, namun juga istri dan bahkan buah hati. Jadi, sebisa mungkin hindari hutang untuk biaya pernikahan. 

Perhatikan pengeluaran

Selalu perhatikan pengeluaran jika Anda memiliki rencana untuk membuka tabungan pernikahan. Tak hanya memperhatikan jumlah pendapatan dan pengeluaran, namun biaya pernikahan itu sendiri. Saat sudah memiliki rencana menggelar pesta pernikahan yang terkesan sederhana, sebisa mungkin dengan uang tersebut, Anda sudah dapat menyewa gedung dan memenuhi biaya yang lainnya.
Dengan berbagai tips menabung buat nikah di atas, sepertinya tidak ada lagi kesulitan menyisihkan uang. Saat memulai menabung, hal yang paling penting adalah kedisiplinan, karena terkadang semangat menabung hanya berlangsung di awal tahun. Usahakan antara Anda dan pasangan selalu saling mengingatkan untuk mengisi pundi-pundi tabungan.