6 Daftar Persiapan Lamaran yang Wajib Diperhatikan Pria

6-persiapan-lamaran-pria

Persiapan Lamaran yang Wajib Anda Perhatikan Sejak Dini

Sebelum dilangsungkannya acara pernikahan, biasanya akan diselenggarakan prosesi lamaran terlebih dahulu. Prosesi tersebut sebagai bentuk permohonan kepada keluarga wanita untuk mempersunting anak gadisnya. Banyak orang yang menilai proses tunangan ini sederhana. Namun faktanya, ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan. 

Untuk Anda yang sedang merencanakan acara lamaran, ketahui persiapan apa saja yang wajib diperhatikan sejak dini.

  • Mempersiapkan Cincin Tunangan

Cincin adalah syarat utama di dalam prosesi tersebut. Cincin menjadi simbol ikatan di dalam sebuah hubungan. Jika Anda belum mempersiapkannya, maka siapkanlah sekarang juga. Untuk pria, buatlah kesepakatan dengan pasangan (wanita). Umumnya, ada beberapa pasangan yang menginginkan bentuk cincin yang berbeda pada saat tunangan dan pernikahan. Namun, ada juga yang menggunakan cincin tunangan sekaligus untuk pernikahan agar menghemat biaya maupun waktu. 

  • Siapkan Kotak untuk Cincin Tunangan

Pada saat Anda memesan sebuah cincin, alangkah baiknya sekalian memilih kotaknya. Bisa juga memilih jenis kotak yang tidak biasa. Agar, tampilan cincin Anda lebih cantik dan berestetika. Misalnya, memilih kotak cincin berornamen tema unik, lengkap dengan hiasan pada bagian dalam maupun luarnya.

  • Hantaran untuk Calon Mempelai Wanita

Hantaran tidak kalah pentingnya dengan cincin tunangan. Isi hantaran biasanya berupa perlengkapan yang umum digunakan calon mempelai wanita. Beberapa di antaranya seperti uang hantaran (sebagai sumbangan pesta pernikahan), tas, peralatan make up, sepatu, dan perlengkapan ibadah wanita. 

Namun saat ini, isi hantaran juga bisa berupa benda lain yang diinginkan oleh calon mempelai wanita.

  • Busana Keluarga yang Seragam

Satu lagi persiapan yang tidak boleh dilewatkan adalah menyiapkan busana seragam untuk keluarga. Setidaknya, siapkanlah busana untuk kedua orangtua pada saat prosesi berlangsung. Ada banyak pilihan busana yang dapat Anda sesuaikan sendiri dengan selera. Jika bingung, pilih saja jenis busana berbahan batik dengan warna kalem. Lalu, jahitlah busana agar tampak pantas dan pas. 

Kekompakan dalam berbusana, akan menimbulkan kesan yang baik di mata keluarga calon mempelai wanita. 

  • Bawa Makanan Secukupnya

Pada dasarnya, proses tunangan adalah acara kunjungan calon mempelai pria. Alangkah baiknya, kunjungan Anda disertai juga dengan membawa makanan. Untuk pilihan makanan, tidak ada aturan yang diwajibkan. Anda bebas memilih makanan apa saja dan menggabungkannya dengan paket hantaran yang lain. 

Sebagai tips, bawalah makanan-makanan tradisional dan buah-buahan. Jika Anda hanya membawa makanan khusus sebagai syarat saja,  Anda pun bisa memilih jenis makanan khas daerah. Makanan tersebut bisa menjadi pilihan yang berkesan untuk calon keluarga mempelai wanita. 

  • Mempersiapkan Biaya Transportasi dan Akomodasi

Untuk pasangan yang tinggal di kota berbeda, atau jauh, maka akomodasi dan transportasi bisa menjadi hal yang krusial. Jadi, Anda harus mempersiapkan dan menghitungnya secara cermat. Caranya sebenarnya cukup mudah, pertama Anda hitung keluarga yang akan ikut serta dalam proses tunangan. Setelah itu, perkirakan persiapan kendaraan yang akan digunakan. 

Untuk akomodasi, biasanya sudah dipersiapkan oleh keluarga calon mempelai wanita. Namun sebaiknya, Anda tetap mempersiapkan, dan menyisihkan biaya khusus untuk tempat menginap atau beristirahat. Demikian beberapa persiapan lamaran yang wajib diperhatikan calon mempelai pria. Proses ini adalah acara penting yang harus dipersiapkan secara matang. Biasanya, setelah proses ini selesai, 6 bulan kemudian akan dilanjutkan dengan acara pernikahan. Nah, agar prosesi tunangan Anda lancar, tips di atas bisa Anda persiapkan untuk merencanakannya.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.