6 Persiapan Sebelum Menikah Yang Harus Kamu Pahami

6 Persiapan Sebelum Menikah Yang Harus Kamu Pahami

Pernikahan adalah penyatuan 2 insan manusia untuk menjalani babak baru dalam sebuah kehidupan. Sebagai sebuah momen terindah dalam perjalanan hidup manusia, persiapan pernikahan menjadi hal penting. Banyak calon pengantin disibukan dengan hal teknis seperti menyiapkan konsep resepsi pernikahan, desain undangan pernikahan dan menyusun anggaran pembiayaan pernikahan. Tapi, pernikahan bukan hanya soal itu, banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebelum menikah.

Belajar Wawasan Tentang Pernikahan

Setelah menikah pasangan suami istri akan di tuntut memiliki wawasan yang luas soal rumah tangga, tentang tujuan dari sebuah pernikahan, tentang bagaimana memahami satu sama lain dan berlaku adil, tentang bagaimana mengambil keputusan bersama, serta hal-hal lain yang menuntut kita untuk mengambil sikap secara bijak dan menghargai pasangan. Banyaklah belajar untuk menambah wawasan seputar pernikahan dengan membaca berbagai artikel tentang tips dan pengalaman para orang tua dalam menjalani sebuah pernikahan.

Belajar Menerima Perbedaan Pasangan

Pada dasarnya menikah akan mempersatukan dua pribadi yang berbeda, oleh karena itu belajarlah untuk bersikap saling terbuka, saling mengerti dan peka. Pahami karakter dari pasangan kamu, berikan pemahaman dengan lembut dan perlahan ketika perbedaan itu di rasa dapat menimbulkan masalah bagi pasangan kamu.

Bukan hal yang mudah untuk bisa menjalani sebuah perbedaan dalam waktu panjang, buanglah sikap egois, merasa paling benar dan ingin menang sendiri. Sadari bahwa kamu sekarang tidak sendiri, setiap keputusan kamu, baik besar atau kecil akan berimplikasi kepada pasangan kamu. Maka saling memahami adalah bagian dari keberhasilan sebuah pernikahan.

Belajar Lebih Komunikatif

Komunikasi akan menjadi salah satu kunci dari langgeng nya sebuah rumah tangga yang kita bangun. Biasakan diri kita untuk memberi tahu atau mendiskusikan berbagai hal sebelum mengambil keputusan, biasakan untuk melibatkan pasangan kita dalam memutuskan sesuatu. Banyak hal yang harus di diskusikan sebelum di putuskan, walaupun keputusan kamu adalah hal terbaik untuk kamu berdua, tapi jika tidak di sampaikan atau di diskusikan terlebih dahulu, kadang akan timbul suasana tidak menyenangkan, dan ini akan mengganggu keharmonisan rumah tangga kamu.

Belajar Saling Percaya

Pernikahan yang di jalani tanpa rasa saling percaya yang kuat akan rentan sekali menimbulkan pertengkaran, oleh karena itu sebelum menuntut pasangan kamu untuk bisa dipercaya, belajarlah terlebih dahulu untuk bisa jadi pribadi yang bisa dipercaya. Kepercayaan adalah kunci sukses sebuah hubungan, bersikaplah jujur dalam berbagai hal. Pasangan kamu adalah cermin dari diri kamu, menutupi sesuatu terhadap pasangan sama saja membohongi diri sendiri.

Belajar Dari Nasihat Orang Tua

Dalam menjalani sebuah rumah tangga, ada kalanya kita di hadapkan pada situasi yang sulit, pada situasi seperti ini nasihat orang tua, baik orang tua kandung maupun mertua akan sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan bagi kita untuk mengambil keputusan. Orang tua kita telah menjalani kehidupan terlebih dahulu, pengalamannya begitu banyak, sering-seringlah berkunjung kepada beliau dan mintalah selalu doa dan nasihat dari mereka.

Belajar Menjadi Individu Yang Tegar

Setelah menikah tentu akan ada banyak situasi dan hal yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, banyak yang kecewa dengan situasi seperti ini. Mengeluh tidak memberikan hasil apapun, biasakan diri anda untuk selalu berorientasi pada penyelesaian masalah.