8 Isi Hantaran Sederhana dan Bermakna untuk Lamaran

8 Isi Hantaran Sederhana dan Bermakna untuk Lamaran

Hantaran yang Wajib Ada pada Prosesi Lamaran

Hantaran pada prosesi lamaran atau tunangan, sering disebut juga sebagai seserahan. Padahal, keduanya memiliki makna yang berbeda. Meskipun isinya bisa saja sama. Hantaran bisa diartikan sebagai ‘pengetuk pintu’. Atau, dalam istilah yang lebih sederhana, bisa dikatakan sebagai oleh-oleh.

Penasaran seperti apa isi hantaran untuk tunangan yang lazim dipilih? Simak berikut ulasannya.

Peralatan Ibadah

Seperangkat alat sholat, atau peralatan ibadah calon mempelai wanita adalah barang yang wajib ada untuk setiap pasangan muslim. Hantaran ini memiliki nilai ibadah yang tinggi, khususnya jika rutin dikenakan oleh calon perempuan wanita. Hantaran ini pun bisa menjadi pengingat kepada pasangan agar selalu takwa kepada sang pencipta.

Hantaran Perhiasan

Pernak-pernik hiasan menjadi simbol yang sangat bermakna. Hantaran ini memiliki harapan agar mempelai wanita senantiasa selalu bersinar di kehidupan. Biasanya, untuk jumlah dan juga isinya, tergantung pada kesepakatan calon mempelai pria dan wanita. Atau, jumlah perhiasan bisa juga disesuaikan dengan kemampuan pasangan.

Satu Set Busana

Satu set busana biasanya selalu ada pada setiap hantaran. Di dalamnya, telah tersedia berbagai macam jenis busana. Mulai dari baju sehari-hari, baju untuk ke pesta, baju tidur, dalaman wanita, sandal dan lainnya. Satu set busana ini harus bisa menutupi calon mempelai wanita dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Makanan

Makanan adalah hantaran yang wajib ada. Untuk isinya bisa Anda sesuaikan sendiri. Umumnya, ada juga yang mengisinya dengan makanan tradisional. Selain itu, banyak juga yang mengisinya dengan jenis makanan-makanan tradisional. Namun, semua kembali kepada keinginan dan kebutuhan masing-masing. Anda pun bisa menyesuaikan makanan dengan yang diinginkan calon mempelai wanita.

Produk Kecantikan

Produk kecantikan atau peralatan hias adalah salah satu hantaran yang harus ada. Peralatan ini penting karena merupakan salah satu hal wajib bagi kaum wanita. Peralatan ini, agar calon mempelai wanita dapat menjaga diri dan penampilannya di hadapan mempelai pria.

Buah-Buahan

Meski masih masuk ke dalam makanan, buah-buahan biasanya dibuat di wadah terpisah. Isi buah tersebut beragam, mulai dari anggur, jeruk, pisang, apel dan lainnya. Selain itu, buah bisa juga disesuaikan dengan selera dan juga keinginan masing-masing.

Cincin

Nah, untuk yang satu ini tentu tidak boleh terlewatkan. Cincin adalah perhiasan wajib pada proses lamaran. Ukuran dan bentuknya, bisa Anda sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Maka dari itu, sebelum Anda melakukan prosesi tersebut, berundinglah dan membicarakannya terlebih dahulu.

Cincin adalah simbol untuk mengikat hubungan kedua pasangan. Harapannya agar tetap langgeng hingga akhir hayat memisahkan.

Hantaran Suruh Ayu

Hantaran ini ada yang menggunakannya dan ada juga yang tidak. Jika Anda ingin acara berkesan, maka masukkanlah suruh ayu ke dalam hantaran. Hantaran ini dibuat dengan menggunakan kapur sirih, pinang, dan beberapa daun lain. Makna dari suruh ayu ini adalah untuk kelangsungan pernikahan kedua calon pasangan nanti.

Untuk membuatnya memang tidak mudah. Anda memerlukan orang yang pandai dalam pembuatannya. Karena, bahan-bahan yang digunakan nantinya akan disusun menjadi suatu kesatuan yang indah dan berestetika.

Itulah 8 hantaran yang wajib Anda perhitungkan saat berencana melakukan lamaran. Meski demikian, Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan kemampuan. Semua hantaran tidak meski harus ada. Namun, cincin pernikahan dan beberapa hantaran lain seperti makanan wajib Anda siapkan sebelumnya.