Now Reading
Pentingkah Menyediakan Seragam Pernikahan Keluarga ?

Pentingkah Menyediakan Seragam Pernikahan Keluarga ?

Hari pernikahan merupakan moment yang anda lakukan sekali seumur hidup. Sehingga anda pasti menginginkan moment tersebut berjalan sesuai dengan impian anda. Beberapa tahun belakangan ini mulai muncul trend mengenai bridesmaid dimana biasanya sahabat-sahabat terdekat dari calon pengantin yang mendapatkan peran tersebut. 

Pada prosesi pernikahan zaman dahulu, pengantin menyediakan seragam pernikahan bagi orang terdekat saja khususnya keluarga. Namun dengan adanya tren mengenai bridesmaid, pengantin di masa sekarang harus mengeluarkan biaya lebih untuk seragam bridesmaid. Simak beberapa informasi berikut jika anda masih memiliki pertanyaan mengenai apakah seragam pernikahan perlu ga sih? Cuma di pake sekali doang.

Sejarah dan Tugas Bridesmaid

Bridesmaid merupakan pengiring pengantin. Pada zaman dahulu, para pengiring pengantin ada dalam prosesi pernikahan untuk menangkal roh jahat serta untuk membuat para pelamar yang ditolak oleh pengantin wanita bingung. 

Tradisi ini berawal dari tradisi barat yang perlahan mulai masuk ke Indonesia. Pada zaman dahulu, semua pengiring pengantin ini menggunakan gaun yang sama persis tanpa ada beda dengan sang pengantin wanita. Namun pada zaman sekarang, pengiring pengantin tidak harus memakai gaun yang sama persis dengan sang pengantin wanita, tetapi tetap berseragam antar sesama bridesmaid.

Di dalam budaya barat, tugas bridesmaid sendiri sebenarnya adalah untuk membantu pengantin dalam acara pernikahannya. Dalam budaya tertentu, bridesmaid memiliki tugas dalam acara persiapan siraman atau bahkan merencanakan serta mengatur dekorasi pernikahan. 

Jadi, peran dan tugas bridesmaid sangat dibutuhkan bahkan jauh sebelum hari pernikahan berlangsung. Namun, penerapan bridesmaid di Indonesia sendiri bisa dianggap tidak sesuai. Karena kebanyakan orang hanya memberikan seragam bridesmaid bagi sahabatnya untuk mendampingi pada saat hari pernikahan, padahal sebenarnya jika menjadi bridesmaid ada tugas-tugas yang harus dijalankan sebelum hari pernikahan berlangsung.

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Apakah Harus Menggunakan Bridesmaid atau Tidak

Mungkin anda masih kebingungan apakah harus menggunakan bridesmaid sehingga perlu memberikan seragam bagi sahabat anda. Kebingungan ini wajar adanya karena pasti anda akan berpikir apakah seragam pernikahan perlu ga si? Cuma di pake sekali doang. Pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Perhatikan tugas bridesmaid

Sesuai dengan sejarah dan tugas yang seharusnya dilakukan oleh bridesmaid, anda harus bisa menimbang. Hal yang menjadi pertimbangan anda adalah, apabila anda mengikutsertakan bridesmaid di acara pernikahan anda, ada baiknya para sahabat diberikan pengertian serta pemahaman bahwa mereka memiliki peran dan tugas membantu calon pengantin bahkan jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan dilaksanakan.

See Also

Perhatikan budget yang tersedia

Dengan adanya bridesmaid di acara pernikahan anda, tentunya budget yang anda keluarkan pasti akan bertambah. Tak cuma budget untuk membelikan seragam pernikahan, tetapi juga undangan dan bingkisan yang diberikan kepada bridesmaid juga khusus. 

Jika anda memperkirakan budget pernikahan anda cukup, maka anda bisa menggunakan bridesmaid selama prosesi pernikahan anda. Jika sekiranya budget yang anda miliki tidak cukup, maka tidak perlu memaksakan menggunakan bridesmaid. Alokasikan budget anda ke hal-hal yang lebih bersifat penting seperti dekorasi, konsumsi, atau hal-hal lainnya.

Perhatikan tingkat urgensi menggunakan bridesmaid

Tingkat urgensi yang dimaksud di sini adalah apabila masih ada pihak keluarga yang bisa mendampingi anda dan bisa dipercaya selama prosesi pernikahan berlangsung, maka kehadiran bridesmaid tidak terlalu berpengaruh. Namun, lain halnya apabila anda tidak memiliki keluarga yang bisa menjadi pendamping anda selama proses pernikahan, mungkin anda bisa mengundang beberapa sahabat terdekat guna menjadi bridesmaid. Sehingga anda tetap ada pendamping selama proses pernikahan berlangsung.Pada saat menjelang pernikahan memang banyak yang harus dipikirkan dan dipersiapkan oleh calon pengantin. Pemikiran mengenai apakah seragam pernikahan perlu ga si? Cuma di pake sekali doang memang sering kali menghantui para calon pengantin. Namun jika budget anda terbatas, anda harus bisa mempertimbangkan urgensi kepada siapa seragam pernikahan tersebut diberikan. Apakah lebih penting untuk keluarga atau bridesmaid? Semua kembali ke pilihan anda dengan pasangan. Semoga beberapa informasi di atas bisa menjadi masukan bagi anda yang masih bingung mengenai hal ini ya.

Scroll To Top