Now Reading
Inilah Daftar Belanja Seserahan Untuk Pernikahan

Inilah Daftar Belanja Seserahan Untuk Pernikahan

Seserahan sendiri memiliki makna yang lebih dari pemberian hadiah. Untuk seserahan sendiri juga memiliki sebuah arti berupa kesanggupan maupun komitmen dari si mempelai pria untuk bisa mencukupi kebutuhan mempelai Wanita atau calon istrinya nanti. Seserahan juga memiliki makna sebagai pengikat antara keluarga pria dan juga keluarga Wanita. Untuk itulah pembuatan daftar belanja seserahan penting untuk dibuat. 

Makna Seserahan 

Di Indonesia sendiri, untuk seserahan memiliki makna bahwa nantinya para Wanita akan menerima niat baik dari calon mempelai pria itu sendiri. Di mana ada budaya di Indonesia juga yang nantinya hanya akan memberikan kepada wanitanya saja, namun ada juga yang mengharuskan untuk memberikan seserahan kepada prianya juga. 

Adapun untuk beberapa tradisi yang modern di mana akan memberikan seserahan pada saat calon pengantin akan melangsungkan lamaran. Seserahan maupun pertukaran hadiah pernikahan sendiri adalah salah satu tradisi yang dihormati namun memiliki sifat opsional atau tidak wajib untuk diberikan. 

Inilah List Belanja Seserahan untuk Pernikahan 

Seserahan sendiri biasanya berisi perlengkapan yang akan digunakan oleh mempelai wanitanya sendiri. Di dalam tradisi Jawa, Sunda maupun Bugis, untuk seserahan sendiri akan berjumlah genap dan biasanya isinya dapat berupa:

  • Seperangkat alat sholat

Untuk peralatan ibadah seperti alat sholat dan juga kitab suci sendiri memiliki makna agar nantinya semua manusia mengutamakan ibadah pada saat akan menjalani kehidupan rumah tangga. Apalagi harganya cukup terjangkau. 

  • Satu set perhiasan

Satu set perhiasan sendiri juga cukup penting untuk dipilih dan menjadi bagian dari seserahan. Untuk set perhiasan yang bisa dipilih adalah kalung, gelang, cincin, dan lainnya. Untuk model dan berapa gram yang akan dipilih harus menyesuaikan dengan kemampuan dari mempelai pria yang akan memberikannya. 

See Also

  • Perlengkapan sepatu dan tas

Sepatu dan juga tas menjadi unsur dari seserahan yang seringkali dipilih. Untuk pilihan tas dan juga sepatu akan menyesuaikan pada keinginan, dan juga kebutuhan calon pengantinnya. Untuk berhemat, para mempelai pria bisa memberikan pakaian kesukaan pasangan pada saat pakaian maupun sepatu atau juga tas pada saat sedang diskon. 

  • Perlengkapan makeup 

Perlengkapan makeup juga penting untuk diberikan pada saat seserahan atau hantaran pernikahan. Perlengkapan makeup yang bisa dipilih mulai dari beda, foundation, lipstick, dan masih banyak lagi lainnya. Peralatan makeup juga akan lebih baik jika disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pastinya. Jadi, itulah daftar belanja seserahan yang harus dibeli nantinya pada saat Anda akan menentukan atau akan merencanakan sebuah pernikahan.

Selain menyiapkan seserahan pernikahan, ada hal penting lainnya yang juga harus dipersiapkan terutama setelah memiliki momongan. Untuk persiapan yang harus dilakukan adalah perlukah baby sitter saat akan mengurus anak kedepannya.

Scroll To Top