Now Reading
Jadi , Beli Rumah Dulu atau Menikah Dulu ?

Jadi , Beli Rumah Dulu atau Menikah Dulu ?

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam pertanyaan yang dilontarkan, sebelum akhirnya memutuskan nikah dulu atau beli rumah dulu. Pertanyaan ini sering muncul disela-sela seseorang akan memutuskan mengakhiri masa lajangnya.

Ada beberapa kekhawatiran dalam benak Anda jika Anda tidak mempertimbangkannya dengan matang. Agar Anda semakin mantap dengan keputusan yang akan Anda buat, simak ulasan berikut ini. Dimana akan ada penjelasan penting mengenai beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan.

1. Mempertimbangkan Rencana Karier

Keputusan nikah dulu atau beli rumah dulu, perlu Anda kaitkan juga dengan rencana karier Anda. terlebih lagi jika Anda memiliki usia yang masih cukup muda untuk menikah. Pertimbangkan rencana-rencana Anda untuk ke depannya.

Apabila Anda memutuskan untuk meraih karier terlebih dahulu, maka Anda bisa memulai membeli rumah dengan KPR. Usahakan Anda mengambil KPR yang sesuai dengan besaran gaji Anda.

2. Rencana Pernikahan Sederhana

Sebenarnya Anda bisa saja melakukan kedua keputusan besar tersebut secara bersamaan. Namun harus ada hal yang Anda korbankan. Misalnya saja, jika Anda memutuskan untuk menikah dan membeli rumah. Maka, Anda bisa mengadakan acara pernikahan secara sederhana saja.

Sehingga setelah Anda menikah, Anda bisa segera memiliki hunian yang Anda inginkan. Meskipun dengan KPR, langkah tersebut lebih baik daripada Anda tinggal satu rumah dengan orang tua.

3. Mempertimbangkan Rencana Setelah Nikah

Pertimbangkan pula rencana yang akan Anda lakukan setelah menikah. Misalnya saja Anda dan pasangan Anda memutuskan untuk menjadi enterprenur setelah menikah usia muda. Maka, paling tidak Anda dan pasangan sudah mulai melakukan cicilan rumah.

Hal ini bisa Anda lakukan agar jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan modal dan memerlukan jaminan, Anda sudah memilikinya berupa rumah. Keputusan ini lebih baik daripada merepotkan orang tua Anda.

4. Menentukan Tujuan Keuangan

Poin penting dari beberapa hal di atas sebelum memutuskan nikah dulu atau beli rumah dulu adalah menentukan tujuan keuangan. Karena semua aspek kehidupan yang tidak bisa lepas dengan finansial, maka Anda juga perlu memperhatikan bahwa nikah dan juga beli rumah adalah bagian dari keputusan finansial.

See Also

Anda akan menjadi lebih mantap dalam mengambil keputusan, jika sudah memiliki tujuan keuangan yang jelas. Apalagi jika Anda sudah melakukan ploting terhadap penghasilan dan tabungan yang Anda miliki. Pasti akan lebih mudah lagi dalam mengambil keputusan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pengalokasian keuangan terlebih dahulu, agar bisa mengetahui arah tujuan Anda.

5. Mempertimbangkan Rencana yang Sudah Dilist

Anda pasti sudah memiliki banyak rencana yang akan Anda lakukan sebelum mengambil keputusan menikah ataupun membeli rumah. Coba buka kembali list tersebut, dan lihatlah list apa saja yang sudah dan belum Anda lakukan.

Jika Anda masih banyak list yang belum tercapai, maka Anda perlu mempertimbangkan list tersebut sebelum memutuskan menikah. Semua itu harus Anda lakukan agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk nikah dulu atau beli rumah dulu. Apapun keputusan Anda, semuanya tetap perlu untuk Anda siapkan.

Scroll To Top