Berikut Tanda Kamu Siap Menikah di Usia Muda

Berikut Tanda Kamu Siap Menikah di Usia Muda

Kamu Siap Menikah di Usia Muda Kalau Punya 5 Tanda Ini!

Menikah di usia muda kini menjadi dambaan setiap orang. Kehidupan yang penuh dengan cinta dan warna-warninya menjadi suatu bayangan yang selalu lekat dengan pernikahan di usia muda. Usia 19 hingga 25 tahun menjadi rentang target menikah untuk banyak orang. Namun, sedikit yang menyadari tentang kesiapannya menuju jenjang yang lebih tinggi tersebut.

Akibatnya, bukan sebuah kehidupan rumah tangga indah yang terjadi, malah sebuah awal dari kehancuran dan kebingungan yang disebabkan oleh ketidaksiapan pasangan dalam menghadapi lika-liku kehidupan rumah tangga. Kamu perlu tahu beberapa tanda berikut untuk mengetahui kamu siap menikah muda atau belum saatnya.

Berikut ini merupakan 5 tanda kamu siap menikah muda:

Mampu mempertimbangkan sesuatu secara logis

Tanda pertama kamu siap menikah muda adalah kamu sudah mampu mengambil segala keputusan yang sudah dipertimbangkan secara logis tanpa terlalu emosional atau mengikutkan perasaan di dalamnya. Jika kamu bisa melakukan hal tersebut, itu artinya kamu mampu mengendalikan emosi dengan baik. Pun kamu juga mampu mengambil keputusan tanpa tergesa-gesa. Mendiskusikan sebuah masalah sebelum mengambil keputusan adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan berumah tangga.

Mandiri Finansial 

Salah satu penyebab runtuhnya rumah tangga adalah permasalahan ekonomi. Banyak pasangan muda yang memilih untuk menikah tanpa mempertimbangkan finansial dengan dalih bahwa nafkah bisa dicari bersama. Hal ini tentu saja akan memicu berbagai masalah, apalagi jika pasangan akan hidup mandiri dan jauh dari orangtua. Oleh karena itu, mandiri secara finansial akan membuat kamu lebih siap untuk menikah dan membangun rumah tangga impian yang kamu dapatkan tanpa harus terlalu memikirkan finansial di awal pernikahan.

Memiliki rencana masa depan yang jelas dan matang

Anak muda selalu diidentikkan dengan masa depan yang panjang. Jika kamu memiliki perencanaan yang matang dan jelas, maka bisa jadi kamu siap untuk menikah muda. Orang-orang yang tidak memiliki rencana di masa depan cenderung mudah menyerah dan tidak punya wawasan ke depan, sehingga jika memasuki fase pernikahan akan mudah goyah dan hidupnya stagnan. Perencanaan masa depan adalah hal terpenting dalam mewujudkan kehidupan rumah tangga yang harmonis.

Tidak meninggikan ekspektasi terhadap pasangan

Jangan sampai kamu menikah muda hanya bermodalkan cinta! Kekagumanmu yang berlebihan terhadap pasangan akan menjadi bumerang tersendiri kelak. Oleh karena itu, merendahkan ekspektasi terhadap pasangan adalah hal yang mesti dilakukan. Sebab kelak di kehidupan rumah tangga kamu akan melihat baik-buruknya pasangan. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Merendahkan ekspektasi justru akan memperkuat penerimaan antara satu dengan yang lain.

Siap sedia dengan segala konsekuensi

Percayalah, tidak ada suatu pernikahan yang selalu bahagia dan berjalan mulus saja. Pasti ada batu yang mengganjal, lika-liku yang kadang membingungkan dan badai yang pasti menyulut amarah. Untuk itu, perlu tameng baja yang kuat di dalam diri kita untuk senantiasa menerima segala konsekuensi yang ada, sepahit apapun itu. Tameng itu yang akan menjaga hubungan kalian tetap utuh, saling mengalah dan berbesar hati untuk saling memaafkan satu sama lain. Nah, itu tadi 5 tanda yang bisa kamu rasakan jika kamu sudah siap untuk menikah di usia muda. Semoga bermanfaat!