Now Reading
Bukan Dari Harinya, Begini Cara Hitung Hari Perkiraan Lahir

Bukan Dari Harinya, Begini Cara Hitung Hari Perkiraan Lahir

Kelahiran anak adalah masa-masa yang sangat dinantikan oleh setiap orang tua, pasti sudah tidak sabar lagi untuk melihat wajah sang buah hati lahir sejak hari dinyatakan hamil. Hari demi hari dinantikan dengan penuh kesabaran.

Menghitung perkiraan tanggal kelahiran dapat dilakukan untuk merencanakan segala kebutuhan menyambut persiapan anak pertama  lahir ke dunia. Selain mendatangi dokter, Anda juga bisa menghitung sendiri di rumah.

Metode ini disebut HPL (hari perkiraan lahir) yang perhitungannya dilihat dari minggu dan harinya, bukan pada hitungan bulan. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel berikut.

Cara Hitung Kelahiran

Selama ini yang kita ketahui adalah cara menghitungnya dari hitungan bulan seperti hamil 4 bulan, 7 bulan dan seterusnya. Padahal justru cara yang benar dan tepat adalah hitungan hari dan minggunya.

Kehamilan biasanya selama 38-48 minggu, atau dalam hitungan hari sekitar 280 hari, termasuk dari waktu terakhir menstruasi dan masa pembuahannya.

Rumus yang tepat dalam menghitungnya adalah seperti di bawah ini.

Hari pertama haid terakhir + 7 hari (day) – 3 bulan (months) + 1 tahun

Contohnya pertama,Misal hari pertama haid terakhirnya pada 12 Mei 2021, kemudian tambahkan tujuh hari ke depan berarti 19 Mei 2021. Maka minggu pertama kehamilan pada tanggal 19 Mei 2021.

Selanjutnya Anda kurangi 3 bulan dari hari terakhir haidnya, berarti 19 Februari dan tambahkan satu tahun dari 2021 dan hasilnya yang didapat untuk perkiraan lahir jatuh pada 19 Februari 2022.

Adapun cara menghitung hari perkiraan lahir lainnya.

Jika hari haid terakhir pada 1 Desember 2021, kurangi dengan 3 bulan sebelumnya berarti 1 September 2021 lalu ditambah tujuh hari satu tahun, berarti tanggal kelahiran kira-kira pada 8 September 2022.

Seluruh cara perhitungan tersebut memang belum tentu sepenuhnya tepat, karena ada faktor lainnya juga yang bisa memengaruhi hari kelahiran nantinya.

See Also

Cara Hitung Lainnya

Cara sebelumnya bisa dilakukan di rumah saja meski memang belum tentu waktunya akan tepat, ada pula cara lain yang dapat dicoba untuk mengetahui perkiraan hari kelahiran.

Mendatangi Dokter Kandungan

Berkunjung ke dokter kandungan adalah hal yang harus rutin dilakukan oleh sang ibu demi mengetahui perkembangan sang bayi dan juga perkiraan kapan lahirnya. Dengan teknologi USG Anda bisa dapat perkiraan yang lebih tepat lagi.

Namun, perlu diketahui untuk lewat USG ini biasanya lebih disarankan bagi yang siklus menstruasinya normal, ya.

Sering Kali Berubah-ubah

Hari kelahiran memang bisa diperkirakan apapun jenis metodenya, akan tetapi HPL tersebut belum tentu menjadi tanggal pasti.

Kelahiran bisa saja lebih maju atau mundur dari yang sudah diperkirakan sebelumnya. Dengan adanya HPL tersebut adalah hal yang bagus untuk mempersiapkan segala kemungkinan dan kebutuhan jauh-jauh hari.Demikian rumus untuk menghitung hari perkiraan lahir yang bisa Anda coba sendiri untuk tahu kapan waktu sang buah hati lahir ke dunia. Selamat mencoba.

Scroll To Top