Now Reading
Mau Jadi MC Pernikahan? Begini Caranya

Mau Jadi MC Pernikahan? Begini Caranya

Ada banyak bidang pekerjaan yang begitu menguntungkan untuk dijalankan saat ini. Dari sekian banyak pilihan pekerjaan yang mungkin bisa Anda coba nantinya adalah menjadi MC pernikahan. Menjadi seorang MC pernikahan bukanlah sebuah hal yang mudah, apalagi mereka harus luwes namun tetap sopan ketika membawakan acara tersebut. Sebab, pernikahan adalah hal yang sakral sehingga menjadi MC pun tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. 

Pentingnya MC di Pernikahan 

Biasanya menjadi seorang MC dalam pernikahan ini juga membutuhkan keahlian khusus. Bahkan ada beberapa pendidikan maupun sekolah yang membahas akan hal ini. Untuk itulah Anda diharuskan agar belajar bahkan berlatih dengan maksimal sebelum memutuskan untuk menjadi seorang MC dalam sebuah pernikahan.  

Meskipun hanya membawakan acara, namun ada beberapa tahapan bahkan susunan yang harus diketahui dalam sebuah pernikahan. Apalagi klien yang menggunakan jasa Anda pastinya akan kecewa apabila Anda sebagai seorang MC tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Atau bahkan tidak sesuai dengan kesopanan. Mau jadi MC pernikahan? Begini caranya!

Inilah Cara Menjadi MC dalam Pernikahan 

Bagi Anda semua yang cukup bersemangat ketika ingin menjadi seorang MC atau pembawa acara dalam sebuah pernikahan, maka jangan lupa untuk giat berlatih dan juga mencoba. Di dalam setiap pernikahan pasti memiliki acara yang berbeda-beda, jadi jika Anda mau jadi MC pernikahan? Begini caranya:

Mengetahui Hadirin atau Tamu yang Datang 

Sebagai pemandu acara, maka pastikan untuk mengetahui siapa saja tamu yang akan datang. Meskipun hanya pembawa acara, alangkah baiknya apabila Anda benar-benar memahami siapa yang akan hadir. Terkadang ada sejumlah pernikahan yang mengundang beberapa orang penting atau bahkan pejabat besar sehingga sebagai MC maka Anda wajib untuk mengetahui detailnya. 

Mengatur Gaya Bicara

Dengan mengetahui siapa saja yang akan hadir di dalam sebuah pernikahan, maka Anda juga diharuskan untuk mengatur pernapasan ketika akan memulai berbicara. Selain pernapasan ketika berbicara, Anda juga harus mampu untuk mengatur intonasi dan gaya bicara. Hal ini juga membantu agar ketika Anda membawakan acara tidak terlihat grogi maupun ngos-ngosan.

See Also

Membuat Catatan Kecil 

Sebagai seorang MC, biasanya mereka memiliki catatan kecil maupun catatan tangan yang bisa mereka bawa ketika sedang membawakan acara. Hal ini bisa Anda isi dan juga Anda catat sesuai dengan susunan acara yang diminta oleh klien Anda sendiri. Jangan lupa juga untuk mencatat sekaligus menyertakan nama orang penting yang akan memberikan sambutan dalam pernikahan. 

Mengetahui Susunan Acara Pernikahan 

Sebelum menjadi seorang MC dalam sebuah pernikahan, tentu ada contoh susunan pernikahan yang harus Anda pelajari. Di mana pada sebuah acara pernikahan terdapat acara akad dan juga acara resepsi. Untuk susunannya adalah:

Acara Akad. 

  • Biasanya akan diawali dengan pembukaan dengan membaca “Bismillah”.
  • Kemudian akan dibacakan ayat suci Al-Quran. 
  • Di dalam akad juga akan diucapkan khutbah nikah yang akan diberikan secara langsung oleh petugas dari KUA. 
  • Proses paling sakral dalam akad nikah adalah ijab Kabul. Di mana kedua mempelai nantinya akan sah sebagai sepasang suami istri. 
  • Setelah akad selesai, biasanya akan dibacakan doa nikah dan penandatanganan buku nikah. 
  • Para pasangan suami istri juga akan serah terima mahar dan tukar cincin. Biasanya momen ini nantinya akan diabadikan dalam sebuah foto dan juga video. 

Resepsi Pernikahan

  • Tentu dalam acara resepsi juga akan ada pembukaan. Setelah itu, biasanya kedua mempelai akan dipersilahkan untuk masuk ke lokasi acara untuk duduk di pelaminan. 
  • Kemudian MC akan mempersilahkan tamu hadirin untuk bersalaman dan berfoto bersama mempelai. Sambil mengantre, biasanya MC juga akan mempersilahkan para hadirin untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan.
  • Sambil menikmati hidangan dan hadirin yang masih bersalaman dengan mempelai, biasanya MC juga akan mempersilahkan untuk menyediakan special performance. Baik itu menyanyi dan lain sebagainya. Bahkan tamu hadirin juga diperkenankan ketika mereka ingin menyumbangkan suara emas mereka pada resepsi pernikahan yang sedang berlangsung.

Jadi, jika Anda mau jadi MC pernikahan? Begini caranya. Pastikan untuk sering melakukan latihan agar selama acara pernikahan dilangsungkan, bisa berjalan lancar dan memuaskan sesuai dengan apa yang klien Anda harapkan.

Scroll To Top