Now Reading
Cara Mengganti Tanggal untuk Daftar Nikah Secara Online

Cara Mengganti Tanggal untuk Daftar Nikah Secara Online

Pernikahan adalah suatu momentum yang sakral bagi calon pasangan pengantin, yang di dalamnya ada sebuah harapan, mimpi, tujuan, dan sebagainya. Momentum bahagia tersebut yang membuat pasangan berbagi kebahagiaannya kepada orang lain di hari jadinya. Beberapa pasangan ingin menyiapkan pernikahannya dengan istimewa termasuk menentukan tanggal pernikahannya, tak jarang tanggal tersebut memiliki arti tersendiri bagi pasangan pengantin. Jika ada kendala terhadap tanggal pernikahan yang sudah diajukan di KUA, lantas pertanyaannya kapan waktu yang tepat buat daftar nikah KUA, mengganti tanggal? Berikut ini cara mengajukan tanggal daftar nikah KUA dan juga mengganti tanggal pernikahan:

1. Cara daftar ke KUA

Bagi calon pengantin yang ingin menikah usia muda, tentunya perlu persiapan untuk melaksanakan pernikahan, salah satunya mendaftar ke KUA. Untuk meminimalkan penularan covid 19, daftar nikah KUA dan penentuan tanggal pernikahan bisa dilakukan secara online. pihak Kasubdit Kepenghuluan menjelaskan bahwasanya ketersediaan untuk pengajuan tanggal pernikahan bisa dilakukan pengecekan di laman Simkah Kemenag. Sehingga Anda mengetahui kapan waktu yang tepat buat daftar nikah, mengganti tanggal? Berikut cara daftar tanggal nikah secara online:

1. Buka laman simkah di link berikut simkah.kemenag.go.id

2. Setelah itu, pilih Daftar pada laman menu daftar nikah

3. Lalu pilih KUA tempat dimana Anda akan melangsungkan akad nikah (isi formulir dengan lengkap, alamat lengkap, pilihan menikah apakah di luar atau di KUA, serta tanggal nikah dan jamnya)

4. Nanti akan muncul pada kotak dialog jadwal yang Anda pilih apakah tersedia atau tidak, jika ada tulisan dikotak tertera jadwal tersedia, artinya jadwal yang Anda pilih belum ada yang memilihnya, namun jika belum tersedia sebaiknya untuk mengatur jadwal ulang ditanggal dan jam yang lain.

5. Selanjutnya, isi data formulir dengan lengkap mengenai calon suami/istri wali nikah, dan juga daftar dokumen

6. Jangan lupa untuk menguploud pas foto 2×3 (calon suami dan istri) dengan latar belakang berwarna biru

7. Jika sudah terisi semua dan Anda sudah yakin, berikutnya klik lanjut

8. Bukti dari pendaftaran akan muncul dan bisa Anda serahkan ke KUA sesuai dengan yang Anda pilih.

2. Cara mengganti tanggal di buku nikah

Jika buku nikah terjadi kesalahan penulisan tanggal nikah, Anda bisa langsung datang membawa buku nikah ke KUA dengan membawa beberapa dokumen yang diperlukan. Kesalahan identitas dibuku nikah termasuk tanggal pernikahan bisa diganti dengan buku nikah yang baru secara gratis. Berikut dokumen yang perlu dipersiapkan:

1. KTP

2. Ijazah terakhir

3. Kartu Keluarga

See Also

4. Pas foto 2×3 berlatar belakang berwarna biru

Akan tetapi, jika stok buku nikah tidak tersedia, maka pihak KUA akan:

1. Mencoret 2 garis pada tulisan yang dianggap salah

2. Menulis perbaikan dengan menggunakan huruf kapital

3. Kepala dari KUA akan membubuhi paraf diujung sebelah kanan pada kata yang telah dicoret

4. Kepala KUA mengecap dinas pada kata yang dianggap salah.Itulah tadi informasi mengenai kapan waktu yang tepat buat daftar nikah, mengganti tanggal? Untuk lebih detailnya Anda bisa mengunjungi laman Simkah Kemenag supaya mendapatkan informasi terupdatenya.

Scroll To Top