Now Reading
Inilah Daftar Penting Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Inilah Daftar Penting Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Perasaan semangat dan senang saat akan memiliki bayi baru sering kali membuat seorang ibu lupa diri. Mulai dari permainan bayi, pakaian sampai peralatan bayi terbaru. Jika ibu mengikuti hasrat belanja tersebut, maka bisa dipastikan biaya yang dikeluarkan akan membengkak. Apalagi terkadang banyak barang tidak penting yang akhirnya ikut terbeli. Agar membeli perlengkapan bayi lebih teratur dan bijak, coba simak daftar barang-barang berikut yang perlu dipersiapkan sebelum persalinan.

Pakaian Bayi

Saat berbelanja ke toko perlengkapan bayi, Anda pasti tertarik untuk membeli banyak baju bayi yang imut dan lucu. Namun sebaiknya jangan langsung tergoda untuk membeli semua pakaian, karena umumnya tubuh bayi akan cepat tumbuh besar dan perlu berganti pakaian. Cukup belilah baju lengan panjang dan pendek, celana panjang dan pendek, jumper minimal 6 buah.

Kaos Tangan Bayi dan Kaos Kaki

Anda cukup menyiapkan 2-3 kaos kaki dan juga tangan bayi. Barang tersebut sangat berguna untuk membuat Si Kecil merasa nyaman dan hangat. Sebaiknya belilah jenis kaos kaki dan tangan yang bahannya nyaman, agak tebal untuk membuat bayi tidak merasa kegatelan atau menimbulkan iritasi.

Bedong Selimut

Dalam rangka persiapan anak pertama, barang ini sangat dibutuhkan saat pulang dari rumah sakit. Bedong bisa membuat bayi merasa lebih hangat, tidak mudah cegukan dan nyaman saat tertidur. Tapi saat membuat bedong bayi, pastikan tidak terlalu rapat dan bahannya tidak tebal karena akan membuat bayi tidak kesulitan bernafas.

Popok Bayi

Kapan sebaiknya Anda belanja perlengkapan bayi? Sebaiknya, perlengkapan bayi sudah mulai disiapkan saat memasuki trimester ketiga. Pada minggu pertama setelah melahirkan, ibu perlu beradaptasi dengan aktivitas perawatan bayi baru dan memulihkan kondisi fisik pasca persalinan. Pada kondisi tersebut, sebaiknya Anda membeli perlengkapan bayi berupa popok sekali pakai untuk dapat memudahkan pekerjaan.

See Also

Selanjutnya, gunakan popok kain yang dapat dipakai ulang dan dicuci. Selain lebih simpel, popok juga lebih hemat dan ramah lingkungan. Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak tersedia pilihan popok kain di pasaran. Bahkan ada juga popok yang memiliki daya tampung hingga 2-3 jam tanpa menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Perlengkapan Menyusui

ASI merupakan makanan dan minuman terbaik bagi bayi yang berusia 0-6 bulan. Agar ibu bisa merasa lebih nyaman saat menyusui, siapkan beberapa bra khusus untuk menghindari baju ibu mudah basah karena luapan nasi. Jangan lupa untuk membeli perlengkapan bayi seperti wadah atau plastik penyimpanan ASI, pompa menyusui dan lain-lain untuk memberikan pengalaman menyusui lebih nyaman bagi bayi.

Scroll To Top