Now Reading
13 Daftar Barang Seserahan Pernikahan

13 Daftar Barang Seserahan Pernikahan

Momen pernikahan sangat memerlukan persiapan sangat matang baik dari segi fisik hingga materil. Seperti pernikahan umumnya di Indonesia yang mana perlu membawa seserahan untuk mempelai wanita. Daftar barang seserahan pernikahan ini jangan sampai terlewatkan.

Apa sajakah barang yang harus ada dalam paket seserahan? Berikut daftarnya.

Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah kerap masuk dalam daftar seserahan, terutama bagi pasangan Muslim atau menyesuaikan dengan kepercayaan masing-masing baik sajadah, mukena, Al-Qur’an, alkitab, dan lainnya.

Bed cover

Set bed cover menjadi barang yang umumnya ada dalam seserahan. Bed cover tentunya sebagai perlengkapan penunjang agar tidur lebih nyaman. Supaya lebih menarik, Anda bisa menghiasnya menjadi berbagai bentuk.

Uang

Dalam paket seserahan, uang juga bisa diikutsertakan. Uang tersebut disusun, dihias sedemikian rupa dan diletakkan dalam kotak maupun bingkai cantik. Jumlah uang bervariasi, bisa disesuaikan dengan tanggal pernikahan.

Perhiasan

Seperangkat perhiasan antara lain cincin, anting, kalung dari emas hingga berlian juga kerap dimasukkan dalam seserahan. Jumlah dan beratnya kembali disesuaikan dengan kesanggupan sang calon pengantin.

Sepatu

Simbolisasi tanggung jawab suami dalam memenuhi segala kebutuhan sang istri kelak, sepatu juga bisa Anda sertakan dalam kota seserahan.

Tas

Barang lain yang diperlukan dan disukai oleh wanita adalah tas. Tak harus yang branded, Anda bisa mendiskusikannya kembali agar disesuaikan budget.

Set pakaian wanita

Set pakaian seperti pakaian tradisional umumnya lebih banyak digunakan dalam daftar barang seserahan pernikahan. Tetapi, Anda bisa mengganti atau menambahnya juga dengan pakaian kerja, kemeja, hingga dress.

Pakaian dalam

Pakaian dalam juga termasuk daftar barang yang perlu ada, isinya dapat satu set baju tidur, pakaian dalam, lingerie. Seringnya calon pengantin wanita yang akan membeli sendiri, lalu diberikan kepada pengantin pria agar disusun.

Perlengkapan mandi

Keperluan lainnya adalah perlengkapan mandi yang dibutuhkan oleh pengantin mulai dari sabun, shampoo, sabun cuci muka, handuk, hingga sisir.

See Also

Perawatan wajah dan tubuh

Pelengkap dari perlengkapan mandi ada perawatan tubuh dan wajah berupa sabun muka, serum, toner, lulur tubuh, body oil, body lotion, dan sebagainya. Namun, tetap sesuaikan dengan kondisi kulit calon pengantin.

Set riasan wajah

Bermakna agar pengantin wanita kerap tampil cantik, kota seserahan juga berisikan set riasan wajah terdiri dari makeup, primer, foundation, lipstik, juga eyeshadows.

Makanan

Soal makanan biasanya berupa makanan tradisional sesuai adat masing-masing, misalnya jika Betawi akan membawa roti buaya, kemudian adat Jawa dengan kue berbahan ketan dan sebagainya.

Buah-buahan

Selain makanan, buah-buahan juga dapat jadi pelengkap seserahan. Pilihlah buah-buahan manis berukuran kecil agar mudah dibawa.

Itulah daftar barang seserahan pernikahan perlukah baby sitter sebagai ide untuk Anda yang akan menikah. Semoga bermanfaat.

Scroll To Top