Now Reading
5 Dampak Pacaran Lama Pada Pernikahan

5 Dampak Pacaran Lama Pada Pernikahan

Kamu dan pasangan telah pacaran lama? Kalau iya, maka penting untuk mengetahui dampak apa saja yang mungkin akan kamu alami nantinya saat menjalani pernikahan. Dengan begitu, apabila adanya dampak negatif, kamu bisa mengantisipasinya terlebih dahulu. Untuk mengetahui efek pacaran lama pada pernikahan jelas, berikut simak ulasannya di bawah ini. 

Lebih Mengenal Kepribadian Pasangan

Dengan berpacaran dengan rentang waktu yang cukup lama, kamu pun juga memiliki waktu yang lebih lama untuk mengenal kepribadian pasanganmu lebih dalam, mulai dari bagaimana cara dia memperlakukanmu, memperlakukan keluargamu, mengontrol emosi, hingga cara dia dalam menyelesaikan masalah. 

Masalah yang akan dihadapi saat pernikahan tentu berbeda saat kamu masih pacaran, oleh karena itu sangat penting untuk memahami kepribadian pasangan sebelum akhirnya memutuskan menikah. 

Merasa Bosan

Fase bosan pada setiap hubungan mungkin hal yang cukup wajar, tetapi jika kamu telah berpacaran terlalu lama, maka rasa bosan akan lebih besar atau lebih banyak dirasakan saat berumah tangga. 

Saat masa pacaran mungkin kamu dan pasangan sering kali bertemu dan menghabiskan waktu bersama, saat berumah tangga kamu pun akan lebih banyak lagi menghabiskan waktu bersama, karena tinggal serumah. 

Efek pacaran lama pada pernikahan mungkin akan mengalami fase dimana kamu dan pasangan merasa bingung untuk menemukan cara dalam mengubah suasana bosan tersebut, sehingga sehari-hari akan terasa lebih monoton. 

Pasangan Menerima Kekuranganmu

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin satu, berpacaran lama akan membantu kamu dan pasangan untuk mengenal diri satu sama lain. Seiring waktu pun, kamu dan pasangan akan mengetahui kejelekan atau kekurangan masing-masing selama berpacaran. 

Apabila pasanganmu memutuskan untuk menikahimu setelah berpacaran lama, maka artinya pula ia menerima kekurangan yang ada pada diri kamu. Dengan begitu, saat menjalani di dalam rumah tangga kamu dapat menjadi diri sendiri. 

See Also

Pacaran Lama Tidak Menjamin Pernikahan Berjalan Mulus

Sekalipun kamu dan pasangan telah berpacaran hingga 10 tahun lamanya, hal tersebut tidak dapat menjamin pernikahanmu akan berjalan mulus. Pada dasarnya, pernikahan memiliki masalah yang lebih kompleks dibandingkan pada saat pacaran, seperti masalah finansial, anak, dan lain sebagainya. 

Selain itu, manusia pun bersifat dinamis alias dapat berubah-ubah. Kamu dan pasangan bisa saja mengalami perubahan sifat, pikiran, dan lain sebagainya selama menjalani kehidupan pernikahan. 

Mendapat Dukungan Keluarga Pasangan

Biasanya, efek pacaran lebih lama pada pernikahan cenderung lebih bisa mendapatkan dukungan keluarga pasangan. Pasalnya, kamu memiliki waktu yang lebih lama untuk berkenalan dengan keluarga pasangan. Selain itu, kamu pun juga mendapatkan waktu yang lebih lama untuk meluluhkan keluarga pasangan agar mereka dapat menerima kamu.

Scroll To Top