Now Reading
Inilah Deretan Makanan Khas NTB Yang Wajib Kamu Coba !!

Inilah Deretan Makanan Khas NTB Yang Wajib Kamu Coba !!

Untuk kamu yang suka mencicipi cita rasa masakan Nusantara pasti mengenal beragam makanan khas NTB yang terkenal dan tentu masih banyak lagi yang wajib untuk kamu coba dan ketahui. Ternyata tak hanya lezat dan unik saja makanan di sana, namun juga memiliki cita rasa khas tersendiri yang membuatmu tertarik untuk mencobanya lagi.

Jika menurut cita rasa dan keunikannya masing – masing pada setiap makanan khas di sana ternyata masyarakat setempat menggunakan hasil bumi yang ada di sekitar untuk membuat makanan super lezat tersebut. Masyarakat setempat juga mengolah makanan tersebut dengan cara yang khas juga, sehingga karakteristik masakan tersebut memiliki rasa yang pedas dan beberapa ada yang memiliki rasa penuh bumbu.

Berikut melalui artikel ini kami akan melakukan ulasan secara lengkap terhadap beberapa deretan makanan dari Nusa Tenggara Barat yang memiliki cita rasa yang khas dan wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana terutama ketika kamu telah mencapai usia ideal untuk menikah bersama dengan pasanganmu. 

Deretan Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Kelaq Kelor

Daun satu ini yang sangat dipercaya mempunyai efek kesehatan bagi siapa saja yang mengkonsumsinya, makanan khas NTB ini merupakan daun yang bisa diolah menjadi kelaq. Kelaq sendiri adalah sebuah olahan makanan dengan kuah, sedangkan jika diberi sayuran bening dan daun kelor diberi nama kelaq kelor.

Jika dilihat dari bentuk tampilan sangatlah sederhana dengan dominasi warna hijau daun dengan taburan bawang dan juga udang. Jika kamu merupakan penyuka makanan dengan cita rasa yang pedas maka makanan kelaq kelor adalah makanan yang tepat untuk kamu coba mencicipi makanan khas dari NTB terlebih jika kamu telah mencapai usia ideal untuk menikah, kamu bisa kesini bersama dengan pasanganmu.

Nasi Balap Puyung

Jika kamu menyukai masakan dengan sajian sarapan nasi kuning maka makanan nasi balap puyung inilah makanan yang tepat untuk mengisi awal harimu. Nasi tersebut tak berwarna kuning namun berwarna putih, disajikan dengan sajian yang hangat dan uniknya ketika menyajikan makanan tersebut harus diberikan ikan yang tak sedikit.

See Also

Makanan ini sangatlah cocok untuk disajikan dalam resepsi pernikahan ketika kamu mencapai usia ideal untuk menikah. Bentuknya yang mengerucut dan di sebelah atasnya diberikan ikan yang sangat tak sedikit. 

Bubur Palopo

Bubur yang satu ini jika diterjemahkan ke bahasa Sumbawa menjadi sebuah olahan makanan bubur manis dengan kuah susu kerbau. Susu kerbau sendiri tugasnya untuk mengganti santan pada kelapa dan mengakibatkan rasa bubur tersebut menjadi gurih dan terasa. Yang menjadikan bahan utama dari makanan khas ini ialah sebuah garis dengan warna merah serta terong kuning yang telah direbus dengan air.Demikianlah deretan makanan khas NTB yang bisa kamu coba untuk cicipi jika berwisata ke tempat tersebut dan kamu bisa merasakan sendiri secara langsung bagaimana rasa yang khas dari masakan ala Nusa Tenggara Barat Tersebut.

Scroll To Top