Di Gedung atau di Rumah? Ini Yang Perlu Di Pertimbangkan

Di Gedung atau di Rumah? Ini Yang Perlu Di Pertimbangkan

Berbagai Pertimbangan Penting saat Melakukan Persiapan Pernikahan

Persiapan pernikahan tidaklah semudah yang kita bayangkan. Mungkin mudah saja membayangkan kita mempersiapkan segala jenis perlengkapan pernikahan. Namun, jika dilakukan secara langsung kegiatan ini cukup menguras tenaga dan pikiran. Apalagi jika pasangan calon pengantin sudah memutuskan untuk tidak menggunakan jasa wedding organizer.

Ada banyak pertimbangan penting yang harus dipikirkan ketika kamu mempersiapkan acara pernikahan. Pernikahan merupakan sebuah acara penting yang tidak boleh diselenggarakan asal-asalan. Kamu harus mempertimbangkan semua hal mulai dari gaun pernikahan, souvenir, undangan, dekorasi, make up, dan yang paling penting adalah lokasi pernikahan.

Lokasi pernikahan seperti apa yang kamu harapkan? Ada dua pilihan yang bisa kamu ambil, apakah kamu akan menikah di dalam ruangan atau di luar ruangan. Lalu ada pilihan lagi yang harus kamu ambil, apakah kamu akan menikah di rumah atau di gedung. Pemilihan lokasi pernikahan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kamu harus memikirkan banyak hal termasuk salah satunya adalah biaya.

Persiapan Menikah di Rumah

Sebenarnya, baik menikah di rumah atau di gedung sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita akan bahas terlebih dahulu pilihan menikah di rumah. Banyak pasangan yang memutuskan untuk menikah di rumah karena pertimbangan tertentu. Salah satunya adalah karena biaya menikah yang terbatas sehingga dirasa berat untuk menyewa gedung.

Menikah di rumah sebenarnya bukan hal yang buruk. Justru menikah di rumah bisa memberikan banyak keuntungan. Keuntungan yang pertama adalah biayanya lebih hemat. Kamu tak perlu keluar banyak uang untuk menyewa gedung pernikahan. Uang yang seharusnya digunakan untuk sewa gedung bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Keuntungan yang kedua adalah akses keluarga dan semua tim yang mengurus pernikahan lebih mudah karena lokasinya dekat. Kamu juga tak perlu takut terlambat datang ke lokasi pernikahan karena lokasinya ada di rumahmu sendiri. Jadi, akses menuju lokasi pernikahan sangatlah mudah dan cepat.

Sayangnya, menikah di rumah dinilai jauh lebih rumit dan merepotkan dibandingkan menikah di gedung. Dengan menikah di rumah maka kamu harus melakukan persiapan pernikahan yang lebih rumit. Kamu harus membersihkan halaman rumah, mempersiapkan ruang yang cukup untuk pesta pernikahan, dan ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Belum lagi harus bersih-bersih setelah acara selesai.

Selain itu, menikah di rumah juga memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menampung banyak tamu. Kecuali jika memang rumahmu cukup besar sebesar gedung pernikahan lainnya. Karena tidak bisa menampung banyak tamu maka jumlah tamu yang diundang menjadi terbatas.

Persiapan Menikah di Gedung

Lalu bagaimana dengan menikah di gedung? Menikah di gedung dinilai jauh lebih praktis dan mudah. Kamu tinggal menyewa gedung dan pihak gedung akan memberikan fasilitas sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu hanya perlu membayar uang sewa gedung dan tim yang akan mendekorasi venue pernikahanmu juga bisa langsung bekerja karena lokasi sudah siap.

Namun, perlu diketahui bahwa menikah di gedung membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi jika gedung yang kamu sewa memiliki kapasitas yang cukup besar. Semakin besar dan bagus sebuah gedung maka semakin besar pula harga sewa yang harus dibayarkan.

Enaknya, kalau kamu menikah di gedung adalah kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah tamu undangan. Tinggal ada berapa orang yang ingin diundang lalu kamu bisa mencari gedung yang kapasitasnya sesuai.

Jadi, apa kesimpulannya? Jika kamu memiliki dana lebih, maka tidak ada salahnya untuk menikah di gedung. Tapi, jika kamu memiliki dana terbatas, lebih baik kamu menyelenggarakan pernikahan di rumah saja. Dimanapun lokasi yang dipilih, silakan mantapkan hati terlebih dahulu. Barulah kemudian kamu bisa melakukan rangkaian tahap persiapan pernikahan lainnya.