Now Reading
Banyakin Gubukan Atau Buffet Saat Resepsi Pernikahan

Banyakin Gubukan Atau Buffet Saat Resepsi Pernikahan

Menikah merupakan suatu momen yang pastinya menjadi keinginan untuk semua umat manusia di bumi ini dong ya. Nah saat acara pernikahan ini, biasanya orang-orang akan mengadakan acara resepsi pernikahan yang diselenggarakan untuk acara syukuran mereka, acara ini biasanya mengundang teman-teman sekaligus rekan kerja maupun keluarga besar lainnya.

Sebelum acara resepsi pernikahan, ada beberapa hal yang perlu teman-teman perhatikan agar acara resepsi kalian berjalan lancar dan sesuai rencana. Salah satunya yaitu menu makanan saat acara resepsi pernikahan.

Selain menariknya acara resepsi, menu makanan termasuk hal yang paling sering menjadi sorotan oleh banyak orang. Banyak orang yang pilah pilih terhadap menu makanan yang sering dihidangkan. Sehingga keanekaragaman menu saat acara resepsi sangat penting untuk kita lakukan.

Nah selain macam-macam menu yang bervariasi, jumlah menu juga perlu kita perhitungkan dengan matang ya teman. Karena jika menu makanan yang kita hidangkan jumlahnya kurang, maka akan menjadi bumerang saat acara resepsi kita nantinya.

Oleh karenanya, agar menu makanan saat acara resepsi kita tidak mengecewakan maka banyakin gubukan atau buffet saat resepsi pernikahan. Nah hal ini bisa menjadi solusi yang baik agar acara resepsi kita nantinya akan tetap berjalan dengan lancar.

Selain banyakin gubukan atau buffet saat resepsi pernikahan, memastikan ketercukupan jumlah porsi pada menu gubukan maupun menu buffet juga perlu kita lakukan. Oleh karenanya diperlukan perhitungan yg matang berapa jumlah porsi menu makanan yang perlu kita siapkan ya.

Untuk memastikan jumlah porsi menu makanan yang akan dihidangkan pas dan tidak kurang, nah ini nih beberapa tips yang bisa kalian lakukan :

Hitung jumlah undangan dikalikan dua

Ketika kita ingin menjamu tamu undangan kita dengan baik, maka tentunya kita harus menyesuaikan jumlah porsi makanan dengan jumlah tamu yang akan kita undang. Oleh karenanya, untuk menentukan jumlah porsi yang perlu kita siapkan, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan jumlah tamu yang kita undang. Dan jangan lupa, tamu yang kita undang biasanya akan datang dengan pasangannya bukan, oleh karenanya saat kita menghitung jumlah porsi yang dibutuhkan, maka harus memperhatikan juga jumlah pasangan yang kemungkinan juga akan datang.

See Also

Hitung jumlah anggota keluarga dan panitia

Selain menghitung jumlah tamu undangan, langkah selanjutnya dalam menentukan jumlah porsi yang kita butuhkan adalah dengan menghitung juga jumlah anggota keluarga yang hadir diacara dan juga panitia saat acara resepsi kita. Kalian bisa merinci berapa jumlah anggota keluarga besar yang datang termasuk juga dengan anggota keluarga pasangan. Setelah itu, rinci berapa banyak panitia yang kalian butuhkan dalam acara resepsi pernikahan kalian.

Perhitungan kemungkinan ketidakhadiran tamu undangan

Saat mengadakan suatu acara, terkadang tidak semua tamu undangan yang kita undang dapat hadir dalam acara kita bukan. Nah untuk itu perkirakan saja berapa persen jumlah undangan yang tidak hadir saat acaranya. Namun dalam memperhitungkan ketidakhadiran, jangan terlalu berasumsi banyak tamu yang tidak hadir, sehingga akan menyebabkan perhitungan kita nantinya meleset. Kalian bisa mencoba mengasumsikan ketidakhadiran tamu dari 5% hingga 10% ya.

Bandingkan menu utama dengan menu cemilan

Nah selain menghitung jumlah tamu dikali dua, dan juga jumlah anggota keluarga dan panitia, hal yang perlu kalian perhatikan selanjutnya adalah mencoba menimbang-nimbang antara menu utama dengan menu cemilan. Kalian bisa menggunakan perbandingan rasio sebanyak 60:40 untuk acara resepsi di siang hari. Artinya, saat acara resepsi kalian di siang hari, maka kalian perlu menyiapkan porsi menu utama dengan jumlah 60% dari total tamu undang + anggota keluarga + panitia acara, dan 40% menu cemilan dari total tamu undang + anggota keluarga + panitia acara. Sedangkan jika acara kalian di malam hari, kalian bisa menggunakan perbandingan rasio sebanyak 50%:50% untuk menu utama dan juga manu cemilan ya teman. Saat malam hari, banyak tamu yang memilih menu makanan yang ringan atau menu cemilan dibandingkan dengan menu berat seperti menu utama.Nah itulah beberapa tips yang bisa kalian siapkan agar jumlah porsi makanan yang kalian hidangkan nantinya tidak kurang, dan pastinya banyakin gubukan atau buffet saat resepsi pernikahan ya agar menu resepsi kalian lebih bervariasi.

Scroll To Top