Hal-hal yang Harus dilakukan Jelang Persiapan Lamaran

Hal-hal yang Harus dilakukan Jelang Persiapan Lamaran

Persiapan Lamaran Apa Saja yang Dibutuhkan? Ulasan Ini Berguna Banget Buat Kamu

Persiapan lamaran, yang sedang mempersiapkan hal tersebut, rasanya pasti berbunga-bunga juga berdebar-debar. Ditambahi bumbu bingung juga pastinya. Loh kok bingung?

Yang belum pernah merasakan persiapan lamaran jelas akan bingung apa saja yang harus dipersiapkan. Karena lamaran bukanlah acara yang sepele. Acara ini yang akan menentukan kelanjutan suatu hubungan yang telah terjalin.

Bagi Kamu yang penasaran, persiapan seperti apa saja yang harus disiapkan, berikut ini adalah ulasannya:

Tahap Pertama

Untuk persiapan lamaran, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Tahap pertama adalah ketika laki-laki datang sendiri atau ditemani seseorang untuk menyampaikan keinginan meminang Sang Perempuan pujaan hati kepada orang tua secara langsung.

Tahap ini disebut tahap informal karena belum melibatkan keluarga pihak laki-laki. Biasanya pada tahap ini akan dibahas kapan lamaran resmi akan dilakukan.

Tahap Kedua

Nah, tahapan selanjutnya adalah tahapan kedua ini, yakni tahapan formal. Dimana pihak laki-laki akan datang berombongan bersama keluarga untuk meminang secara resmi. Pada tahap ini akan dibicarakan secara lebih rinci kapan pernikahan akan dilakukan.

Tradisi Jawa

Setiap daerah pasti punya tradisi persiapan lamaran sendiri-sendiri.  Untuk daerah Jawa ada tradisi tembungan. Tradisi ini lebih semi formal. Artinya saat lamaran tidak membawa seserahan apa pun. Hanya lamaran biasa. Pertemuan keluarga.
Ada juga yang namanya peningsit, yaitu acara lamaran yang juga membawa serta hantaran dari pihak laki-laki untuk pihak perempuan. Ada beberapa benda yang dibawa saat acara Peningset, diantaranya :

  • Cincin
  • Seserahan
  • Peralatan Ibadah
  • Perhiasan
  • Pakaian
  • Sepatu
  • Kosmetik
  • Makanan

Persiapan lamaran sudah dilakukan dengan baik, tapi tahukah Kamu bahwa di Indonesia ada beberapa tahapan lamaran yang harus dilakukan?

Kalau Kamu belum tahu, ini nih ulasannya sebagai panduan buat Kamu yang akan melangsungkan lamaran

Kedatangan Pihak Keluarga Laki-Laki

Setelah disepakati kapan rencana lamaran secara resmi, hari yang ditunggu akhirnya tiba. Kamu pasti akan berdebar-debar saat rombongan pihak keluarga laki-laki datang ke rumahmu untuk melamarmu secara resmi. Yang datang biasanya adalah keluarga besar pihak laki-laki.

Duduk Berhadapan Antar Keluarga

Rombongan telah datang dan disambut dengan baik. Saatnya berhadapan bersama kedua belah pihak keluarga untuk membicarakan maksud kedatangan.

Penyampaian Maksud Kedatangan

Pada tahap ini, yang menyampaikan maksud kedatangan rombongan keluarga pihak laki-laki adalah orang yang di tunjuk dan di tuakan oleh keluarga laki-laki. Dia akan menyampaikan maksud kedatangan, yakni ingin melamar secara resmi.

Penerimaan Lamaran

Penerimaan lamaran akan ditandai dengan masuknya calon wanita yang datang dengan malu-malu.  Sang Wanita akan menjawab secara langsung lamaran, baik dengan lisan atau hanya diam menunduk.

Penyerahan Hantaran

Setelah dinyatakan bahwa pihak  wanita menerima, maka yang selanjutnya dilakukan adalah menyerahkan hantaran yang telah dibawa.

Pemasangan Cincin

Ada beberapa daerah yang melakukan pemasangan cincin ini saat lamaran sebagai wujud pertunangan. Ada juga yang tidak melakukannya, baru dilakukan saat pernikahan.

Perkenalan Keluarga

Agar semakin akrab setelah acara inti selesai dilakukan perkenalan keluarga agar lebih akrab.

Doa

Untuk mengakhiri acara resmi dilakukan penutupan doa dengan tujuan acara yang dilakukan penuh dengan berkah

Foto-Foto dan Makan

Yang ditunggu-tunggu selain acara lamaran adalah acara santai ini, yaitu foto-foto bersama keluarga serta makan-makan.

Bagaimana ulasan beberapa hal tentang lamaran tersebut? Semoga bermanfaat bagi Kamu yang saat ini sedang persiapan jelang lamaran.