Now Reading
Hal Penting Untuk Persiapan Anak Pertama

Hal Penting Untuk Persiapan Anak Pertama

Persiapan anak pertama bukanlah hal yang mudah bagi para calon ayah dan ibu. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum anak pertama lahir. Dengan demikian saat hari kelahiran anak pertama itu datang semuanya sudah siap menunggu. Karena percayalah pada saat kelahiran anak Anda dan beberapa hari setelahnya, Anda akan sangat kelelahan dan disibukkan dengan mengurus anak Anda tersebut sehingga Anda tidak mungkin memiliki banyak waktu untuk belanja perlengkapan anak pertama. Anda pasti akan lebih disibukkan dengan merawat anak pertama Anda dan sedang sangat jatuh cinta padanya. Menyambut anak pertama memang merupakan momen yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri, memikirkan hari kelahiran anak Anda tiba saja rasanya sudah sangat membuat Anda bersemangat.

Ketika ini adalah kali pertama Anda akan menyambut anak Anda, maka tentunya ada banyak sekali hal penting yang harus dipersiapkan, tidak hanya hal-hal yang berkaitan dengan bayi saja, namun juga fisik dan mental orang tuanya, berikut ini beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan dalam menanti kelahiran buah hati :

Survei Tempat Bersalin Yang Paling Nyaman

Keselamatan ibu dan bayi tentunya menjadi prioritas utama saat Anda mempersiapkan kelahiran anak Anda. Maka dari itu tempat bersalin yang nyaman, efisien dan lengkap juga harus Anda pilih. Setidaknya dalam tempat bersalin yang Anda pilih itu harus memiliki fasilitas perlengkapan kesehatan yang lengkap, dokter yang berpengalaman, ruangan tunggu yang nyaman, perawat yang selalu siap melayani dan tentunya fasilitas NICU (Neonatal Intensive Care Unit) untuk berjaga-jaga jika bayi Anda membutuhkan perawatan lebih setelah dilahirkan. 

Selain itu ketika Anda mencari tempat bersalin yang paling nyaman, Anda juga harus memperhatikan tentang biaya persalinan. Biasanya  saat ini semua biaya persalinan sudah bisa ditanggulangi oleh BPJS, namun Anda tentunya mempersiapkan dana tambahan untuk keperluan mendesak. Untuk mencari tempat bersalin yang paling nyaman ini Anda juga bisa bertanya kepada kerabat Anda yang sudah berpengalaman dengan kelahiran anak sebelumnya. Jangan lupa saat Anda sudah dekat dengan hari kelahiran anak Anda, persiapkan berkas-berkas yang mungkin akan dibutuhkan seperti misalnya kartu BPJS, KTP, KK dan lainnya yang ditempatkan dalam satu tas sehingga Anda dengan mudah bisa mengambilnya saat dibutuhkan.

Membeli Perlengkapan Bayi

Membeli perlengkapan bayi adalah hal yang sudah pasti akan dilakukan oleh semua calon orangtua dalam menyambut kelahiran anaknya. Tentunya pada saat membeli perlengkapan bayi ini adalah waktu yang sangat menyenangkan, namun Anda jangan terlalu terbawa suasana dan pada akhirnya membeli terlalu banyak atau membeli barang yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan. Pilihlah beberapa barang paling penting saja yang diperlukan. Sedangkan pernak-pernik lainnya nanti bisa dibeli setelah anak Anda lahir.

Kegiatan membeli perlengkapan bayi ini sebaiknya dilakukan pada awal trimester ketiga, karena nantinya setelah Anda melahirkan, Anda tidak akan sempat untuk melakukannya lagi karena sudah sibuk mengurus bayi Anda. Agar Anda juga tidak berlebihan dalam membeli perlengkapan bayi ini, sebaiknya Anda membuat daftar perlengkapan bayi yang paling penting agar Anda tidak terlalu kebablasan dalam berbelanja. Berbagai perlengkapan bayi yang imut tentunya membuat Anda merasa kalap dan ingin membeli semuanya. Berikut ini beberapa perlengkapan bayi yang penting Anda miliki saat melakukan Persiapan anak pertama :

Stok Baju Untuk Bayi Usia 0 – 6 Bulan

Anda bisa membeli beberapa stok baju bayi seperti baju berlengan panjang, berlengan pendek, celana pendek dan juga panjang, jaket, pakaian untuk tidur, singlet dan pakaian untuk pergi. Beberapa jenis baju bayi tersebut rasanya sudah sangat cukup untuk persiapan Anda sebelum kelahiran putra /putri pertama Anda.

Peralatan Mandi

Barang penting yang harus Anda siapkan selanjutnya adalah peralatan mandi bayi yang terdiri dari bak mandi bayi, handuk, baby bather atau alat yang akan diduduki bayi saat mandi.

Produk Perawatan Bayi

Anda juga jangan lupakan beberapa produk perawatan bayi seperti misalnya minyak telon yang bisa menghangatkan tubuh bayi, baby oil, produk mandi bayi seperti shampoo dan sabunnya, krim untuk mengatasi ruam popok, sisir, termometer dan lainnya.

Peralatan Tidur Bayi

Perlak, selimut, sprei waterproof, kain bedong, kasur bayi beserta bantalnya, kelambu dan lain sebagainya.

Popok

Untuk jenis popok, Anda bisa memilih untuk menggunakan popok kain atau diapers sekali pakai yang mudah dibeli di swalayan

See Also

  • Gendongan bayi serta jemuran berbentuk gurita
  • Perlengkapan Untuk Menyusui

Breast pad, apron, breast pump untuk ibu yang bekerja, botol susu, tas ASI, sabun cuci khusus untuk menyuci botol bayi dan lainnya.

Tas bayi dan beberapa mainan sesuai umurnya

Beberapa perlengkapan bayi tersebut sepertinya sudah sangat mencukupi untuk Anda dalam menyambut kelahiran si buah hati. Perlu Anda sisihkan juga dana untuk membeli berbagai perlengkapan bayi yang sudah disebutkan tersebut, karena jika dihitung-hitung berdasarkan standar harga perlengkapan bayi saat ini maka Anda harus menyiapkan setidaknya kurang lebih Rp1 jutaan rupiah. 

Persiapkan Tas Bersalin

Sebaiknya 1 bulan sebelum hari perkiraan lahir Anda sudah menyiapkan tas bersalin ini, sehingga jika tiba-tiba Anda merasa hendak melahirkan, Anda langsung bisa dibawa ke rumah sakit dan keluarga Anda tidak perlu repot lagi mencari perlengkapan Anda. Beberapa barang-barang yang harus ada di dalam tas bersalin adalah berikut ini :

  • Kain panjang untuk digunakan pada saat melahirkan atau setelah melahirkan
  • Baju ganti untuk ibu
  • Baju menyusui beserta bra menyusui
  • Pakaian dalam yang tidak ketat
  • Pembalut untuk digunakan saat nifas
  • Gurita yang digunakan di perut ibu setelah melahirkan
  • Perlengkapan menyusui, breast pad, breast pump dan apron
  • Handuk, tissue dan beberapa perlengkapan lainnya
  • Baju dan celana bayi 
  • Sarung tangan serta kaus kaki bayi
  • Popok bayi
  • Kain bedong dan kupluk
  • Minyak telon dan tissue basah
  • Selimut
  • Handuk
  • Bantal untuk bayi

Jangan lupa untuk suami dan keluarga yang menemani di rumah sakit juga harus mempersiapkan baju ganti yang cukup.

Belajar Tentang Persalinan Dan Perawatan Bayi

Menjadi orang tua untuk pertama kalinya tentu ada banyak hal yang membuat Anda mesti belajar mengenai persalinan dan cara perawatan bayi, sehingga pada saatnya tiba Anda tidak akan kesulitan serta kebingungan lagi. Anda tidak boleh bergantung pada keluarga Anda, karena pada akhirnya Andalah yang akan merawat anak Anda tersebut. Ada banyak tempat yang bisa membantu Anda dalam belajar tentang persalinan dan perawatan bayi, tidak hanya dari buku dan internet, Anda juga bisa mempelajarinya dari orang yang sudah memiliki anak sebelumnya. Dengan lebih banyak berbagai dan belajar maka tentunya Anda bisa lebih siap. Hal penting lainnya dalam Persiapan anak pertama adalah jangan lupa persiapkan mental Anda.

Scroll To Top