Now Reading
4 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

4 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Membahas pernikahan pastinya hal tersebut merupakan sebuah momen yang paling krusial yang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Persiapan dalam mengurus sebuah pernikahan ini bukan hanya bergelut dengan permasalahan sewa katering, KUA tetapi juga berkaitan dengan tabungan nikah. 

Jika kami dan pasangan sudah dalam tahap membahas pernikahan, pastinya kamu harus sudah tahu hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dengan pasangan. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah, kapan mulai menabung untuk pernikahan dll.

Persiapan untuk menuju pelaminan bukan hanya sekedar mencari ide preweding murah meriah, cukup pake sejutaan saja tetapi berbagai hak kecil yang bisa menunjang untuk kebutuhan kecil dari keluargamu. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum menikah :

Tabungan

Tabungan nikah ini begitu penting untuk dibuat sebelum menikah, lebih baik untuk mempersiapkan tabungan ini bersama-sama dengan pasangan. Awalnya kamu bisa menentukan seberapa besar biaya yang mungkin saja keluar untuk bisa memenuhi kebutuhan biaya harian yang bisa saja keluar. 

Tentukan berapa persen gaji yang ingin kamu sisihkan bersama pasangan. Pastikan kalian memiliki komitmen untuk menabung secara rutin setiap bulannya. Tabungan-tabungan ini nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang besar suatu hari nanti. Misalnya untuk membeli rumah, memperbaiki kendaraan, atau untuk mengejar pesta pernikahan dengan tata cara pernikahan adat Batak. 

Tabungan ini juga bisa dijadikan sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu sumber penghasilan yang utama terganggu. Selain itu putuskan ingin membuat tabungan nikah, gabung calon pasangan atau sendiri? 

Kendaraan Pribadi

Walaupun nantinya dekat transportasi umum, kendaraan pribadi ini tetap penting. Kendaraan pribadi ini nantinya bisa digunakan jika kita akan pergi ke lokasi yang jauh dan tidak mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum saja. Apa lagi jika suatu hati nanti sudah memiliki anak, pastinya kendaraan pribadi ini akan sangat penting untuk dimiliki. 

Oleh sebab itu masuk kendaraan pribadi ke dalam list menjadi hal yang wajib dibeli setelah nikah, siapkan budgetnya sehingga setelah menikah kamu sudah bisa membelinya. Kendaraan pribadi yang kamu beli tidak harus bagus dan memiliki harga mahal tetapi lihat berdasarkan fungsi dan juga manfaatnya. Seiringnya waktu kamu dan pasangan pastinya akan mampu untuk membeli yang jauh lebih bagus lagi. 

See Also

Karier

Sebelum menikah kita bukan hanya akan berkutat dengan tata cara pernikahan adat Manado maupun berbagai seluk beluknya, tetapi karier juga merupakan permasalahan esensial yang harus dibahas sebelum menikah. Ada beberapa orang yang tidak keberatan jika wanitanya meniti karier. 

Namun banyak sekali pria yang lebih memilih untuk bisa bekerja seorang diri, supaya istrinya lebih fokus dalam mengurus rumah. Oleh karena itu buat kesepakatan yang paling tepat dahulu dengan pasangan. Bicarakan hal-hal yang berkaitan dengan ini apa saja keuntungan dan kerugian yang nantinya bisa kalian dapatkan ketika kalian berdua memutuskan untuk bekerja. 

Bicarakan segalanya dengan sejelas mungkin, waktu, jenis pekerjaan yang dilakukan, perusahaan tempat bekerja dan lainnya. Pastikan jika pekerjaan yang akan dilakukan tidak akan menghambat kebersamaan dengan pasangan dan lepas dari tanggung jawab dalam rumah tangga. 

Rumah

Rumah merupakan hal penting yang harus kamu pikirkan dengan pasangan, sebab nantinya akan menjadi tempat tinggal kamu dan juga pasangan. Siapkan dana pribadi rumah ini, memang akan membutuhkan biaya yang lebih besar tetapi akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mengeluarkan biaya untuk tempat tinggal yang bukan milikmu. Perabotan untuk di dalamnya bisa kamu beli secara bertahap atau jangan beli ini dulu sebelum nikah, banyak yang ngadoin pastinya. 

Scroll To Top