Kemungkinan Hamil Pada Masa Tidak Subur

Kemungkinan Hamil Pada Masa Tidak Subur

Program kehamilan keluarga berencana dapat dilakukan dengan menggunakan alat kontrasepsi maupun dengan menghitung masa subur dari pihak perempuan. Namun tak jarang alat kontrasepsi juga dapat kebobolan dan menyebabkan kehamilan. Begitu pula kemungkinan hamil pada masa tidak subur usai melakukan hubungan intim juga bisa terjadi.

Dipercaya bahwa besar kemungkinan kehamilan akan lebih besar ketika melakukan hubungan intim di waktu masa subur. Cara menghitung nya dengan memperhatikan siklus menstruasi dengan angka rata rata 35 hari dimana ovulasi biasanya terjadi di hari 21 serta di klaim masa subur jatuh di hari 19, 20, dan 21. Namun angka angka tersebut akan menjadi berbeda bila siklus ovulasi yang terjadi lebih pendek misalnya 21 hari, dengan hari ke 7 sebagai hari ovulasi, maka masa subur akan jatuh di hari 5, 6, dan 7. Tanggal ovulasi ditentukan sekitar 12 sampai 14 hari sebelum hari pertama siklus menstruasi.

Meskipun melakukan hubungan intim di masa subur akan meningkatkan probabilitas kehamilan, namun bukan berarti perhitungan tersebut merupakan hal mutlak dan kemungkinan hamil pada masa tidak subur bisa diandalkan. Karena tetap saja kemungkinan kehamilan di masa tidak subur dapat terjadi meskipun angkanya lebih kecil.

Kehamilan terjadi ketika sperma sukses membuahi sel telur dimana kemungkinannya akan lebih besar terjadi ketika melakukan hubungan di masa subur daripada kemungkinan hamil pada masa tidak subur. Sehingga tetap ada kemungkinan kehamilan namun lebih kecil namun tetap dapat menyebabkan kehamilan.

Beberapa tanda masa subur wanita yang bisa ditandai untuk memprogram kehamilan anda.

Adanya peningkatan suhu

Suhu normal manusia ada di angka 35,5-36,6 derajat celcius, namun ketika masa ovulasi sedang berlangsung makan suhu tubuh akan terjadi peningkatan.

Kadar air liur berubah

Air liur dipengaruhi oleh hormone estrogen yang ada di dalam tubuh seorang wanita. Dalam setiap bulannya akan terdapat pergolakan hormone estrogen yang merupakan hormone yang terdapat di wanita. Hormon estrogen akan meningkat di hari sebelum masa subur.

Terdapat lendir di serviks

Lendir yang dimaksudkan disini merupakan hasil sekresi dari kelenjar leher Rahim, dimana kondisi lendir ini dapat mengalami perubahan setiap waktunya. Lendir ini dapat berwarna bening terasa licin dan elastis ataupun lengket, putih, hingga keruh. Dimana lendir tersebut akan membantu sperma untuk mencapai sel telur

Bergairah

kemungkinan hamil pada masa tidak subur terhitung rendah probabilitasnya juga disebabkan karena saat masa subur seorang wanita akan lebih bergairah melakukan hubungan dibandingkan hari biasanya. Sehingga akan meningkatkan jumlah peluang kehamilan usai rutin melakukan hubungan. Selain itu di saat masa subur seorang wanita akan merasa menarik dan terlihat lebih menarik di mata pasangan daripada biasanya dengan aroma khas yang enak.