Now Reading
Inilah Hantaran Lamaran Yang Sederhana & Bermakna

Inilah Hantaran Lamaran Yang Sederhana & Bermakna

Untuk anda yang saat ini sedang menyiapkan hantaran lamaran pernikahan, maka tidak ada salahnya untuk memberikan hantaran yang sederhana, tetapi penuh dengan makna. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa hantaran pernikahan tersebut.

Perlengkapan ibadah

Sudah pasti bahwa perlengkapan wanita yang akan selalu dikenakan yaitu perlengkapan ibadah. Tidak hanya sebagai hantaran saja, namun perlengkapan ibadah dapat digunakan lagi pada acara ijab Kabul yang merupakan sebagai tambahan mahar. Tentunya hantaran ini mempunyai nilai ibadah yang tinggi, terlebih lagi ketika rutin dikenakan calon mempelai wanita. Dan yang paling penting adalah hantaran ini dapat menjadi sebagai pengingat supaya pasangan selalu takwa kepada Allah SWT sebagai sang pencipta. Pastinya anda sangat ingin kan jika sang kekasih bisa menjadi pendamping yang solehah? Nah, perlengkapan ibadah ini bisa berupa sajadah, mukena, Al-Quran yang ditambah dengan tasbih.

Sepatu

Baik selop, sandal, sepatu, dan sebagainya, yang pasti hantaran ini bermakna supaya kedua pihak bisa menjalani kehidupannya bersama dengan baik di jalan yang benar. Pilihlah sepatu yang sangat spesial untuk mempelai wanita. Sandal yang dijadikan sebagai isian hantaran biasanya merupakan sandal atau sepatu yang terbilang mahal. Nah, bawaan lamaran yang berupa sepatu dapat menjadi opsi yang spesial, ya! Anda dapat memilihnya secara jeli kualitas hingga merek dari barang tersebut. Yang paling penting adalah haruslah dipastikan jika barang yang satu ini memiliki kualitas yang bagus. 

Setelan pakaian

Pakaian wanita merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai isi hantaran. Mengapa? Hal ini dikarenakan pakaian akan dikenakan secara terus menerus. Tetapi anda harus memperhatikan secara betul ukurannya, dengan begitu tidak salah beli. Jenis pakaian yang dapat dijadikan sebagai isi hantaran pernikahan bisa tergantung kesepakatan. Tentunya ada berbagai jenis setelan yang dapat diberikan oleh pihak laki-laki kepada wanita. Misalnya saja seperti pakaian tidur, pakaian dalam, hingga pakaian kerja. Tetapi untuk anda yang menggunakan adat tradisional Jawa, pakaian dalam hantaran biasanya bisa berupa bahan kebaya hingga kain jarik yang bermotif batik. Nah, simbol dibalik seserahan ini yaitu berupa harapan supaya rahasia rumah tangga pasangan bisa disimpan dengan baik. 

Makanan

Biasanya makanan yang dipilih sebagai hantaran pernikahan memiliki tekstur yang lengket dan basah, seperti jenang, lemper, kue lapis, dan sebagainya. Diyakini bahwa membawa kue tersebut sebagai hantaran merupakan sebagai harapan supaya kedua mempelai bisa selalu lengket hingga akhir hayat, dan silaturrahmi antara kedua keluarga bisa berlangsung selamanya dengan baik. Sebenarnya untuk jenis makanannya bisa apa saja. Apabila anda ingin memberikan makanan yang bisa bertahan lama, maka anda bisa memberikannya kue-kue kering. Namun akan lebih baik jika anda bisa memberikan makanan-makanan yang disukainya saja supaya tidak mubazir. 

Cincin

Tentunya cincin tidak boleh dilewatkan begitu saja. Cincin merupakan perhiasan wajib saat proses lamaran dilakukan. Nah, bentuk dan ukurannya dapat anda sesuaikan dengan keinginan masing-masing. Untuk itu, sebelum anda melakukan prosesi lamaran tersebut, ada baiknya anda bisa berunding atau membicarakannya terlebih dahulu. Pada dasarnya cincin adalah simbol dalam mengikat hubungan antara kedua pasangan. Harapannya supaya bisa tetap langgeng sampai akhir hayat memisahkan. 

See Also

Perhiasan

Tentunya pernak-pernik hiasan akan menjadi simbol yang begitu bermakna. Hantaran lamaran ini memiliki harapan supaya mempelai wanita akan senantiasa bersinar di kehidupan. Untuk isi dan jumlahnya bergantung pada kesepakatan dari calon mempelai laki-laki dengan wanita. Jumlah perhiasannya juga dapat disesuaikan dengan kemampuan pasangan. Namun perhiasan yang ada di dalam isi hantaran lamaran ini berbeda ya dengan cincin kawin. Jika anda memutuskan ingin memberikan perhiasan, maka berikanlah satu set perhiasan dari mulai gelang, kalung, hingga anting. Memberikan perhiasan tentunya harus memperhatikan banyak hal, dari mulai beratnya, ukurannya, modelnya, hingga jenisnya. Lagi-lagi, jangan lupa untuk mendiskusikannya terlebih dahulu kepada calon pengantin wanita dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki, ya!

Itulah berbagai hantaran lamaran yang harus anda perhitungkan ketika berencana ingin melakukan lamaran. Semoga bermanfaat!

Scroll To Top