Now Reading
Hidangan Khas Makasar, Saat Pernikahan yang Wajib Dicoba

Hidangan Khas Makasar, Saat Pernikahan yang Wajib Dicoba

Hidangan khas makassar, selalu ada saat acara pernikahan ada banyak sekali jenisnya. Anda bisa menemukannya di acara pernikahan masyarakat Makassar atau yang menggunakan adat Makassar. Hidangan yang bervariasi ini membuat siapapun pasti senang mengonsumsinya.

Berikut ini adalah hidangan khas makasar, selalu ada saat acara pernikahan yang wajib untuk dicoba :

Coto Makasar

Coto Makasar merupakan hidangan pertama yang khas biasanya ada pada pernikahan di Makasar. Hidangan ini berbeda dengan soto dari daerah lainnya. Coto Makasar terbuat dari daging sapi, jeroan, yang dicampur menjadi satu dan disiram dengan kuah rempah yang lezat. Kuah yang kental dan gurih menjadikan Coto Makasar menjadi semakin nikmat untuk disantap.

Biasanya, Coto Makasar dilengkapi dengan potongan ketupat atau lontong agar semakin mengenyangkan ketika dimakan. Kemudian, ditaburi dengan irisan daun bawang serta bawang goreng untuk menjadi pelengkapnya.

Pallubasa

Pallubasa merupakan hidangan khas makasar, selalu ada saat acara pernikahan yang hampir mirip dengan Coto Makasar. Kemiripan ini diilhat dari segi penyajian dan pemasakannya. Hal yang membedakan Coto Makasar dengan Pallubasa adalah penggunaan kelapa parut sangrai pada kuah Pallubasa.

Sehingga, menjadikan kuah pallubasa lebih kental dan juga lebih terasa gurih. Pallubasa juga biasanya disajikan dengan kuning telur. Kuning telur ini dimasak setengah matang dan diletakkan pada bagian atas Pallubasa.

Sop Saudara

Sop saudara merupakan hidangan yang berasal dari Pangkep. Dengan menggunakan daging sapi yang dicampur dengan jeroan menjadikannya sop yang lezat. Selain itu, sop ini juga bisa ditambahkan dengan bahan pelengkap lain seperti bihun, telur rebus, dan perkedel kentang. Dijamin rasanya akan menggugah selera siapapun yang memakannya.

Sop Konro

Sop konro merupakan sop yang kerap kali ada pada pernikahan di Makasar. Dibuat dengan menggunakan tulang rusuk atau iga sapi yang dicampur dengan berbagai rempah membuat sop ini menjadi semakin lezat. Iga sapi akan direbus bersama dengan rempah-rempah hingga dagingnya empuk dan lezat.

Sop ini juga mempunyai ciri khas dari kuahnya karena menggunakan kluwek sehingga kuahnya mempunyai warna hitam. Kacang merah juga digunakan untuk mengentalkan kuah dan memberikan warna yang menarik. Bisa juga ditambahkan dengan kacang tanah agar menjadi semakin lezat.

Pallumara

Pallimara merupakan hidangan yang dimasak terus menerus hingga bumbunya menyerap dan kering. Pallumara mempunyai ciri khas yaitu kuah berwarna kuning sebagai hasil dari penggunaan kunyit. Namun, tidak sepekat pada gulai atau kari, karena kuahnya cenderung cair seperti pada sop.

Hidangan ini biasanya ditambahkan dengan ikan bolu atau bandeng agar kelezatannya menjadi semakin bertambah. Terbayang bagaimana lezatnya kuah sop kuning yang dipadukan dengan ikan yang bercita rasa gurih.

Konro Bakar

Konro bakar merupakan variasi dari sop konro yang sudah ada. Perbedaannya adalah pada penggunaan bumbu dan cara memasaknya. Bumbu pada konro bakar menggunakan kacang tanah yang kemudian dioleskan pada iga. Penyajian konro bakar dengan guyuran bumbu kacang tanah yang lezat.

See Also

Jalangkote

Jalangkote merupakan salah satu hidangan yang sering ada di pernikahan Makasar. Jalangkote ini mirip seperti gorengan pastel atau samosa yang khas dari India. Dengan mempunyai isian yang beragam dan bisa divariasikan membuat jalangkote semakin nikmat untuk dimakan.

Biasanya, jalangkote disajikan dengan sambal cair. Sambal cair ini terbuat dari cuka dan cabai. Rasa lezat akan semakin terasa jika mengonsumsi jalangkote dengan menggunakan bumbu sambal cair tersebut.

Mie Kering

Mie kering merupakan hidangan lainnya dari Makasar yang wajib ada saat pernikahan. Sebelum dihidangkan, mie akan digoreng atau dipanggang terlebih dahulu hingga kering. Kemudian, untuk penyajiannya mie kering ini akan disiram dengan kuah kental yang lezat.

Barongko

Barongko adalah kue tradisional yang biasanya ada pada acara pernikahan. Barongko terbuat dari bahan dasar pisang yang kemudian dihaluskan dan disajikan sebagai makanan penutup pada acara yang penting.

Bahan dasar dari barongko adalah pisang yang kemudian dicampurkan dengan telur, susu bubuk, gula, dan garam. Kemudian, barongko dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Bisa juga ditambahkan kacang kenari untuk menambah kelezatan dari hidangan khas makasar, selalu ada saat acara pernikahan ini.

Scroll To Top