Now Reading
Hidangan Daerah yang Wajib Saat Pernikahan, Lezat Banget!

Hidangan Daerah yang Wajib Saat Pernikahan, Lezat Banget!

Hidangan daerah yang wajib ada saat pernikahan ada banyak sekali jenisnya di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaannya sehingga tak heran jika makanannya pun kaya. Ada berbagai jenis makanan daerah yang bisa Anda jumpai saat pernikahan. Tak hanya itu saja, rasanya yang lezat pun membuatnya banyak disukai.

Berikut ini adalah deretan hidangan daerah yang wajib ada saat pernikahan :

Roti Buaya

Siapa yang tak kenal dengan roti buaya? Roti buaya merupakan salah satu hidangan yang populer terutama saat pernikahan adat betawi. Roti ini sebenarnya sama saja dengan roti manis lainnya hanya saja mempunyai bentuk khas yaitu mirip dengan buaya.

Bentuk buaya dipilih karena buaya melambangkan simbol kesetiaan. Hal ini dibuktikan dengan buaya yang hanya kawin satu kali saja. Selain itu, buaya juga menyimbolkan kemapanan dari sang pengantin.

Kelicuk

Kelicuk merupakan jenis hidangan lainnya yang wajib ada saat pernikahan. Hidangan ini berasal dari Rejang, Sumatera Selatan. Kelicuk terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya, hidangan ini memang disajikan saat acara pernikahan atau kegiatan tradisional lain.

Kelicuk melambangkan kesuburan bagi sang pengantin. Sehingga, dengan konsumsi kelicuk diharapkan sang pengantin bisa segera untuk dikaruniai anak. Tak heran jika hidangan ini selalu ada saat momen pernikahan.

Orem-Orem

Orem-orem merupakan hidangan gurih khas Kota Malang yang biasanya ada di pernikahan. Diisi dengan tempe goreng dan ayam dimasak dengan kuah santan menjadikannya hidangan yang sangat lezat untuk dicoba.

Biasanya, orem-orem disajikan bersama dengan ketupat agar semakin mengenyangkan. Bisa juga ditambah dengan tauge yang nantinya disiram dengan menggunakan kuah santannya. Hidangan ini sangat populer menjadi hidangan pernikahan di Malang.

Jenang

Jenang juga merupakan hidangan yang populer di Indonesia. Ternyata, jenang juga populer untuk dijadikan sebagai hidangan daerah yang wajib ada saat pernikahan. Jenang umumnya ada di pernikahan masyarakat Jawa.

Mempunyai tekstur yang kenyal dan rasa yang manis menjadikan jenang banyak disukai. Jenang juga mempunyai makna yaitu sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan dari sang pengantin. Tak heran jika jenang selalu dijumpai pada acara pernikahan masyarakat Jawa.

Madumongso

Madumongso kerap dijumpai pada pernikahan masyarakat Jawa, khususnya di Jawa Timur. Hidangan ini merupakan hidangan yang mempunyai rasa asam manis karena terbuat dari ketan hitam yang difermentasi. Makanan ini cukup menyegarkan untuk ada di acara pernikahan yang biasanya dipenuhi dengan makanan berat bersantan.

Rengginang

Rengginang hampir selalu ada di acara pernikahan terutama pernikahan masyarakat Jawa. Dengan mempunyai tekstur yang renyah menjadikan rengginang biasa dipilih untuk menjadi teman untuk bersantap. Rasa yang gurih dari hidangan ini juga menjadikannya banyak disukai.

See Also

Lemper

Lemper merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang diisi dengan abon atau daging. Kemudian, dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Biasanya, lemper selalu ada di pernikahan masyarakat Jawa. Sebenarnya tidak ada makna khusus dari lemper ini, hanya saja akan menambah kelengkapan hidangan jika ada lemper pada pernikahan.

Sayur Besan

Ternyata, selain ada roti buaya di betawi juga ada jenis hidangan lain yang kerap kali ada di pernikahan yaitu sayur besan. Sayu ini terbuat dari bunga tebu yang tertutup kulitnya. Selain itu, bentuknya lonjong dan menyerupai butiran telur ikan.

Sayur ini biasa dijadikan sebagai hantaran untuk keluarga besan. Bunga tebu yang menyatu menjadi bonggol mempunyai lambang yang sangat kuat. Yaitu sebagai ikatan kekeluargaan dari dua keluarga yang akan menyatu melalui perkawinan.

Sate Madura

Sate Madura merupakan hidangan khas dari Madura yang biasanya ada di pernikahan. Biasanya, sate disajikan dengan lontong dan terbuat dari daging entah itu daging sapi, kambing, atau ayam. Sate ini banyak disukai karena mempunyai citarasa yang lezat dan gurih.

Pempek Palembang

Pempek merupakan hidangan khas dari Palembang yang cukup banyak digemari dan biasanya selalu ada pada acara pernikahan masyarakat Palembang. Hidangan daerah yang wajib ada saat pernikahan ini mempunyai rasa yang lezat dan nikmat.

Scroll To Top