Now Reading
Inilah Doa Pernikahan Islam yang Sesuai dengan Ajaran

Inilah Doa Pernikahan Islam yang Sesuai dengan Ajaran

Doa Pernikahan Islam yang Direkomendasikan 

Sudah menjadi kewajiban antara umat muslim untuk saling mendoakan. Salah satunya, mendoakan bagi yang sedang melangsungkan pernikahan. Doa pernikahan Islam sendiri, tentunya sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kita tinggal mengikuti doa yang telah dicontohkan oleh beliau kepada mereka yang baru menikah. 

Pernikahan merupakan suatu acara yang sakral. Prosesi ini, tidak hanya mempersatukan kedua pasangan laki-laki dan perempuan saja. Juga, mempersatukan kedua keluarga pasangan. Artinya, restu, ridho, dan doa dari kedua orangtua juga harus diperhatikan dan dipatuhi. 

Doa yang Baik untuk Pasangan yang Menikah

Menurut Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam, sebaik-baiknya doa adalah yang kita ikuti dari para ulama. Selain memberi ucapan selamat, alangkah baiknya kita juga mendoakan mereka. Tujuannya agar mereka bisa mengarungi bahtera rumah tangga yang diridhoi oleh Allah SWT. 

Meski demikian, masih banyak orang yang mendoakan dengan bahasa di luar bahasa Arab. Misalnya seperti bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan lainnya. Menurut banyak pendapat ulama, hal tersebut diperbolehkan. 

Namun, jika ada doa yang lebih baik, maka ambillah doa sesuai dengan sunnah. Yaitu, doa yang dikhususkan bagi para kedua mempelai yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Doa Pernikahan Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

Zaman dulu, pada masa kenabian Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam, ada banyak doa yang diucapkan oleh masyarakat di Arab. Namun, beberapa doa di antaranya tidak dianjurkan. Misalnya seperti doa atau ucapan “Semoga bahagia dan punya banyak anak.” Doa tersebut, adalah salah satu doa yang tidak dianjurkan. 

Doa yang dianjurkan dan sesuai dengan sunnah dan ajaran nabi Muhammad, untuk yang menikah adalah:

“Barukallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Barakallahu likuli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi kharirin.”

Doa di atas, memiliki arti yang sangat bagus bagi kedua mempelai. Artinya yaitu, mendoakan kedua mempelai agar diberkahi oleh Allah. Juga senantiasa keduanya dikumpulkan di dalam kebaikan. Itulah doa yang sangat direkomendasikan untuk kedua pasangan yang menikah, dan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad. 

3 Doa yang Dianjurkan dalam Pernikahan

Selain doa pernikahan di atas, ada juga beberapa doa lain yang penting untuk Anda ketahui. Apa saja doa-doa tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

  • Doa Sesudah Melangsungkan Akad

Sesudah pasangan sah menjadi suami istri, suami wajib mendoakan istrinya. Bacalah doa berikut sambil memegang ubun-ubun istri setelah akad:

“Allohumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarriha wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

See Also

Arti doa di atas adalah meminta kebaikan kepada Allah SWT. Juga meminta perlindungan kepada Allah dari kejelekan.

  • Doa Agar Diberi Keturunan

Memiliki momongan adalah impian bagi setiap pasangan yang baru menikah. Untuk Anda yang ingin segera dianugerahi keturunan, bacalah doa berikut:

“Robbi habli minash shoolihiin.”

Arti doa di atas yaitu memohon kepada Allah agar dianugrahkan anak yang saleh dan salehah. 

  • Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri

Dalam Islam, bagi pasangan yang sudah menikah, dianjurkan untuk membaca doa ketika akan berhubungan intim. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Arti doa di atas adalah meminta kepada Allah agar dijauhkan dari godaan setan. Juga, meminta kepada Allah, agar menjauhkan setan dari rezeki yang dianugrahkan kepada kita. 

Nah, itulah beberapa doa pernikahan Islam yang wajib kita ketahui. Semoga doa yang telah kami bagikan di atas, bermanfaat bagi semua umat muslim di dalam membangun rumah tangga. 

Scroll To Top