Inilah Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Inilah Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan

Apa Perbedaan Macam-Macam Seserahan Lamaran dan Pernikahan ?

Di beberapa prosesi adat tertentu, ada yang mewajibkan untuk memberikan seserahan lamaran dan juga seserahan pernikahan. Namun, kebanyakan dari Anda masih belum mengetahui apa perbedaan antara macam-macam seserahan lamaran dengan seserahan pernikahan. Sehingga masih banyak yang menyamakannya.

Inilah perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan yang perlu Anda ketahui:

Jenis Makanan atau Kue 

Salah satu ciri khas makanan yang yang digunakan sebagai seserahan lamaran yaitu jenang. Sedangkan untuk seserahan pernikahan biasanya tidak ditemukan jenang.

Selain jenang biasanya makanan yang dijadikan seserahan yaitu lemper, dan kue lapis. Beberapa kue tersebut mempunyai makna agar calon pengantin bisa bersatu sampai pernikahan dan seterusnya.

Seserahan Buah-Buahan

Jenis seserahan lainnya yang dapat membedakan antara seserahan lamaran dan pernikahan yaitu buah-buahan. Buah-buahan merupakan salah satu seserahan yang biasanya digunakan sebagai seserahan lamaran.

Sedangkan buah-buahan sangat jarang atau bahkan tidak pernah ditemukan dijadikan sebagai seserahan pernikahan.

Selain itu, beberapa buah yang sering dijadikan seserahan lamaran diantaranya yaitu buah apel, anggur, dan jeruk.

Sementara makna yang tersirat dari buah-buahan itu sendiri yaitu agar kehidupan sang calon pengantin bahagia meskipun mengalami banyak cobaan.

Seserahan Berupa Daun Suruh Ayu

Salah satu ciri khas seserahan pernikahan yang sering Anda temui yaitu adanya terselip daun suruh ayu dalam seserahan pernikahan. 

Daun ini mempunyai makna agar calon pengantin selalu bahagia dan terhindar dari bahaya. Namun, perlu Anda ketahui daun tersebut hanya merupakan simbol dan tidak perlu Anda yakini sehingga keberadaan daun tersebut bisa dan boleh ditinggalkan.

Peralatan Sholat

Barang seserahan lainnya yang dapat membedakan antara seserahan lamaran dan seserahan pernikahan yaitu peralatan sholat. Peralatan sholat berupa mukena, sajadah, alquran, dan lainnya biasanya sering dijadikan seserahan pernikahan.

Sedangkan untuk seserahan lamaran biasanya tidak pernah Anda jumpai sebagai seserahan lamaran. 

Perlengkapan Kosmetik dan Mandi

Beberapa barang yang juga dapat membedakan antara seserahan lamaran dan pernikahan yaitu peralatan kosmetik dan peralatan mandi. Pasalnya, seserahan berupa kosmetik dan perlengkapan mandi sering dijadikan seserahan pernikahan.

Sedangkan seserahan berupa kosmetik berupa kosmetik dan perlengkapan mandi tidak pernah kita temukan di seserahan lamaran.

Ciri Khas Barang yang Sering Dijadikan Sebagai Seserahan Lamaran 

Sebenarnya perbedaan dasar yang bisa Anda ketahui antara seserahan lamaran dan pernikahan yaitu dari barang seserahan tersebut. 

Biasanya barang seserahan lamaran yang paling umum berupa kue dan makanan tradisional, buah-buahan, tas, sepatu, parfum, dan lainnya.

Ciri khas seserahan lamaran yaitu barang seserahan lamaran sifatnya lebih umum dan tidak terlalu khusus atau intim untuk calon pengantin.

Ciri Khas Barang yang Dijadikan Sebagai Seserahan Pernikahan

Namun, sebaliknya ciri khas untuk seserahan pernikahan biasanya barang bawaan seserahan biasanya sifatnya lebih intim untuk calon pengantin wanita.  Biasanya seserahan pernikahan yang sering digunakan sebagai seserahan pernikahan antara lain peralatan sholat, perlengkapan mandi, perlengkapan kosmetik, pakaian dalam, dan lainnya.

Selain itu, isi seserahan pernikahan juga bisa berupa buah-buahan atau makanan namun jumlahnya biasa lebih sedikit ketimbang saat seserahan lamaran.

Nah, itulah beberapa perbedaan macam-macam seserahan lamaran dan seserahan pernikahan. Barang seserahan lamaran biasanya isinya kebanyakan berupa makanan tradisional, buah-buahan, dan kue. Sementara untuk seserahan pernikahan isinya biasanya lebih intim untuk calon pengantin wanita yaitu berupa peralatan kosmetik, mandi, pakaian dalam, dan lainnya.