Inspirasi Konsep Pernikahan Sederhana Tanpa Resepsi

Inspirasi Konsep Pernikahan Sederhana Tanpa Resepsi

Memilih Konsep Pernikahan Sederhana Tanpa Resepsi

Apakah mungkin menikah tanpa resepsi? Pertanyaan ini mungkin pernah melintas di benak Anda. Jawabannya tentu saja mungkin. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Anda pun pasti bisa memiliki konsep pernikahan sederhana tanpa resepsi namun tetap indah dan berkesan. Asalkan dipersiapkan dengan baik, konsep pernikahan seperti apapun pasti bisa diwujudkan.

Pernikahan adalah sebuah momen penting dalam hidup seseorang. Namun, tidak semua orang berharap pernikahannya diselenggarakan secara mewah dengan pesta besar-besaran. Ada sebagian orang yang berharap pesta pernikahannya berlangsung sederhana bahkan tanpa pesta resepsi.

Menikah tanpa melangsungkan pesta resepsi sangat mungkin untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa inspirasi konsep pernikahan sederhana yang dilangsungkan tanpa resepsi:

Hanya Akad Nikah

Anda tak perlu menyelenggarakan pesta resepsi, cukup dengan melakukan akad nikah. Banyak pasangan yang memutuskan untuk melakukan akad nikah saja. Bahkan ada juga yang memilih melakukan akad nikah di KUA tanpa perlu menyediakan lokasi dan dekorasi.

Jika Anda tetap ingin menikah dengan dokumentasi yang indah, Anda bisa melangsungkan akad nikah di lokasi tertentu. Siapkan dekorasi yang indah untuk venue akad nikah Anda. Anda bisa mengundang beberapa tamu untuk menyaksikan akad nikah dan berfoto bersama Anda.

Makan Malam Keluarga

Acara resepsi bisa diganti dengan makan malam keluarga yang hangat dan sederhana. Daripada menggelar pesta resepsi yang mewah dan melelahkan, lebih baik mengadakan acara makan malam bersama keluarga dekat. Pilih restoran dengan suasana yang nyaman agar acara makan malam bisa semakin berkesan.

Tak perlu mengundang banyak orang, cukup mengundang anggota keluarga dan teman terdekat. Biaya yang dikeluarkan untuk makan malam keluarga juga tentunya akan lebih hemat dibanding menggelar pesta resepsi. Selain sebagai bentuk syukuran karena sudah menikah, acara makan malam ini juga bisa menambah kedekatan antar anggota keluarga.

Acara Teman

Banyak pasangan memilih tidak mengadakan resepsi dan mengadakan acara teman. Disebut acara teman karena acara ini hanya mengundang teman-teman kedua pengantin. Acara teman biasanya diadakan di tempat biasa yang sekiranya nyaman dan suasananya seperti acara kumpul-kumpul biasa.

Acara teman diadakan untuk memberi tahu kepada teman-teman Anda bahwa Anda sudah menikah. Saat acara teman ini Anda bisa seru-seruan dengan teman-teman. Karena cenderung santai, maka Anda dan pasangan bisa mengenakan pakaian santai begitu juga dengan teman-teman yang datang.

Membagikan Bingkisan ke Tetangga

Banyak orang menyelenggarakan resepsi pernikahan karena merasa gengsi. Biasanya ada rasa tidak enak pada tetangga atau teman jika tidak melangsungkan pesta resepsi pernikahan. Tenang, untuk menghindari rasa tidak nyaman ini Anda bisa mengirimkan bingkisan kepada tetangga-tetangga Anda.

Kirimkan bingkisan makanan atau kue kepada para tetangga. Jangan lupa sertakan juga selembar kertas atau kartu yang berisi informasi bahwa Anda dan pasangan telah menikah. Tuliskan ucapan permohonan maaf karena tidak mengadakan pesta resepsi apapun.

Ganti dengan Pengajian

Ganti acara resepsi pernikahan menjadi acara yang lebih sederhana. Anda bisa mengganti acara resepsi menjadi acara pengajian di rumah. Acara ini bisa dianggap sebagai acara syukuran setelah menikah. Itulah tadi beberapa pilihan konsep pernikahan sederhana tanpa resepsi yang bisa Anda jadikan referensi. Menikah tanpa resepsi bukanlah sebuah masalah besar. Anda tetap tidak akan kehilangan momen berharga pernikahan Anda meskipun tidak menggelar resepsi. Mencoret acara resepsi juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran untuk menikah sehingga bisa ditabung untuk kebutuhan yang lain.