Jangan Asal Pilih! Ketahui Lebih Dulu Makna Warna Busana Pengantin

Jangan Asal Pilih! Ketahui Lebih Dulu Makna Warna Busana Pengantin

Salah satu hal mengenai pernikahan yang keberadaannya sangat esensial adalah busana pengantin atau baju pengantin. Menentukan busana pengantin ternyata tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan berkaitan dengan busana pengantin.

Selain bahan dan model busana, ternyata warna busana pengantin juga menjadi penting untuk kamu perhatikan lho. Sebelum memutuskan busana pengantin seperti apa yang akan kamu kenakan di acara pernikahanmu, kamu harus mengetahui lebih lanjut mengenai makna dari warna busana pengantinmu. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Busana Pengantin Warna Putih

Warna putih memang menjadi warna yang paling umum dan paling sering dipilih untuk busana pengantin. Ternyata, selain dimaknai sebagai warna yang sakral dan suci, warna putih juga memiliki makna kesederhanaan, kebaikan, kepolosan, keperawanan, dan kesempurnaan. Meskipun sederhana namun busana pengantin berwarna putih cocok untuk segala tema pernikahan. Busana pengantin berwarna putih juga bisa nampak elegan dengan pemilihan aksesoris dan desain yang pas.

Busana Pengantin Warna Hitam

Siapa sangka, ternyata selain warna putih, busana pengantin warna hitam juga banyak diminati oleh para pengantin, terutama pengantin yang menggunakan adat Jawa pada acara pernikahannya. Busana pengantin warna hitam biasanya dikombinasikan dengan warna emas. Warna hitam pada busana pengantin memiliki makna anggun, bijaksana, penuh wibawa, dan elegan.

Busana Pengantin Warna Merah

Warna merah selain dianggap berani juga memiliki makna keberuntungan, kebahagiaan, dan passionate. Para pengantin yang memilih warna merah untuk busana pengantinnya diyakini merupakan pasangan yang menyukai tantangan dan berani menghadapi segala bentuk rintangan dalam rumah tangga mereka kelak. Busana pengantin warna merah sering digunakan pada pernikahan adat Tionghoa ataupun adat Sumatera Barat. Busana pengantin warna merah akan sangat terlihat anggun dan elegan apabila dikombinasikan dengan warna emas.

Busana Pengantin Warna Pink

Saat ini banyak pengantin muda yang memilih warna pink sebagai warna untuk busana pengantin mereka. Ternyata alasan banyak pengantin memilih warna pink sebagai warna busana pengantin mereka adalah karena warna pink memiliki banyak makna. Warna pink memiliki makna cinta, kesetiaan, kesegaran, muda, manja, kelembutan, dan kemurnian. Meskipun warna pink selalu identik dengan wanita, tapi ternyata warna pink juga cocok digunakan para pria lho!

Busana Pengantin Warna Biru

Sering diasosiasikan dengan air, warna biru ternyata memang memiliki makna kesegaran, kemurnian, keharmonisan, dan ketenangan. Pasangan yang memilih warna biru untuk busana pengantinnya percaya bahwa warna ini bisa memberikan ketenangan dan kedamaian pada kehidupan mereka pasca menikah.

Busana Pengantin Warna Hijau

Busana pengantin warna hijau identik dengan makna kesuburan dan kemakmuran. Asosiasi warna hijau yang identik dengan daun dan pohon juga memberikan makna kesejukan dan kesehatan. Bagi kamu yang berencana memilih warna hijau sebagai warna busana pengantin, semoga kehidupan rumah tanggamu dilimpahi dengan kemakmuran dan selalu diberikan kesejukan ya!

Busana Pengantin Warna Kuning

Warna kuning mungkin menjadi warna yang paling jarang dipilih sebagai warna busana pengantin, namun siapa sangka, warna kuning memiliki makna yang bagus lho! Busana pengantin berwarna kuning ternyata memiliki makna keceriaan, kehangatan, dan kedekatan persahabatan. Busana pengantin warna kuning juga cocok apabila dikombinasikan dengan warna hitam atau warna merah.