Now Reading
Berapa Lama Jangka Waktu Lamaran ke Resepsi yang Ideal

Berapa Lama Jangka Waktu Lamaran ke Resepsi yang Ideal

Dalam mempersiapkan resepsi atau pernikahan, tentunya kamu dan pasangan membutuhkan waktu yang cukup agar segalanya berjalan sesuai. Namun berapa lama jangka waktu lamaran ke resepsi yang ideal? Yuk, berikut simak ulasannya di bawah ini.

Jangka Panjang

Jangka panjang lamaran ke pernikahan biasanya memiliki durasi lebih dari 12 bulan. Jika kamu dan pasangan masih mempunyai kesibukan masing-masing atau membutuhkan lebih banyak waktu dalam menyiapkan pernikahan, maka jarak lamaran ke pernikahan dengan jangka panjang bisa menjadi pilihan.

Resepsi yang nantinya akan kamu adakan pun akan berjalan lebih lancar, karena persiapan waktu yang lebih lama. Kamu dan pasangan bisa mencari vendor dengan penawaran terbaik dan menghemat pengeluaran. 

Selain itu, jika kamu dan pasangan berada di situasi serta tempat yang berbeda, maka pertunangan jangka panjang ini dapat membantu, pasalnya kamu dan pasangan memiliki waktu yang lebih banyak untuk digunakan dalam menyesuaikan atau menentukan tempat tinggal, pekerjaan, menyelesaikan sekolah, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu, kamu dan pasangan pun dapat mengikuti kegiatan pendidikan pranikah saat rentang waktu antara lamaran ke resepsi, dengan begitu kamu dan pasangan memiliki ilmu yang cukup untuk menjalani pernikahan nantinya. 

Tidak hanya kelebihan, tetapi terdapat pula kekurangan pertunangan jangka panjang, yaitu kamu dan pasangan mungkin akan mengalami drama hubungan yang lebih meningkatkan, seperti soal percintaan dan keluarga. 

Jangka PendekĀ 

Berapa lama jangka waktu lamaran ke resepsi? Pada dasarnya, waktu ideal untuk acara lamaran ke resepsi semua itu tergantung dari situasi dan kondisi kamu dan pasangan. Pasalnya, kamu dan pasangan yang lebih mengetahui perihal finansial, kebutuhan, dan lain sebagainya dalam mempersiapkan resepsi. Namun apabila kamu dan pasangan yang memang sudah matang dalam mempersiapkan pernikahan, lamaran jangka pendek menjadi pilihan yang tepat. 

See Also

Umumnya, durasi lamaran ke resepsi dengan jangka pendek, yakni kurang dari 12 bulan. Kelebihan dari jangka pendek ini ialah kamu dan pasangan akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk merencanakan resepsi yang berarti pula lebih sedikit waktu dalam mengkhawatirkan detail-detail kecil. Dengan begitu, potensi stres saat menjelang pernikahan pun dapat dikurangi dan lebih fokus pada hubungan asmara satu sama lain. 

Selain kelebihan, terdapat pula kekurangan dari jangka waktu lamaran ke pernikahan dengan jangka pendek, yaitu mungkin akan mengalami terlalu terburu-buru dalam memilih vendor, penata rias, dan tempat, sehingga terdapat kemungkinan resepsi yang akan dijalani terdapat masalah atau tidak sesuai dengan ekspektasi kamu. Selain itu, waktu yang lebih sedikit ini akan membuat kamu lebih merasa lelah saat menjelang hari pernikahan. 

Itulah, Jangka waktu yang ideal dalam memutuskan acara lamaran ke resepsi. Pastikan kamu dan pasangan memikirkan segalanya matang-matang, agar resepsi berjalan sesuai dengan rencana dan ekspektasimu. Selain itu, ada baiknya sebelum memutuskan tanggal resepsi untuk melakukan diskusi bersama pasangan, keluarga, dan pihak-pihak yang dapat membantu.

Scroll To Top