Now Reading
Kapan Mulai Menabung untuk Biaya Pernikahan

Kapan Mulai Menabung untuk Biaya Pernikahan

Anda pasti sudah punya target akan seperti apa proses pernikahan anda. Adanya target yang sudah disiapkan tersebut, pasti memerlukan persiapan dalam manajemen keuangan. Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mencapai target tersebut adalah dengan membuat tabungan pernikahan.

Kira-kira kapan waktu yang tepat untuk memulai menabung, agar bisa mencapai target? Mari, simak ulasan berikut ini agar anda tahu waktu terbaik untuk memulai menabung.

Waktu yang Tepat Memulai Menabung Pernikahan

Memiliki tabungan nikah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi anda yang berencana untuk segera menikah. Ada nominal target yang harus anda capai, agar pernikahan anda bisa berlangsung sesuai impian.

Berikut ini akan ada tips yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan tabungan pernikahan sehingga bisa mencapai target.

Memiliki Rencana Usia Menikah

Sebelum memutuskan untuk membuat tabungan persiapan menikah. Anda harus buat dulu rencana rentang usia anda akan menikah. Misalnya saja anda akan menikah pada usia 28, maka anda bisa membuat target menabung agar pada usia tersebut sudah tercapai.

Mulai Menabung Saat Punya Penghasilan

Ini menjadi kebiasaan baik yang bisa anda lakukan. Selain bisa meringankan beban anda dalam mencapai target biaya pernikahan. Anda juga semakin memiliki banyak waktu untuk menyiapkan semuanya.

Bahkan tabungan yang anda sisihkan bisa saja menjadi berlebih dan bisa anda masukkan ke dalam tabungan pribadi anda. Tentunya jika tabungan pernikahan tersebut milik anda sendiri, bukan milik anda dan pasangan.

Rencana Pernikahan

Saat ini sudah banyak artikel yang menjelaskan perkiraan biaya pernikahan dengan desain acara yang akan berlangsung. Jika anda sudah menentukan target usia, maka anda juga harus menentukan rencana jenis pernikahan.

See Also

Apakah anda akan menikah dengan nuansa yang glamour, ataukah anda akan menikah dengan nuansa sederhana? Jika anda sudah memastikan rencana tersebut, buatlah estimasi biayanya. Maka, akan terlihat seberapa besar anda akan menabung dengan rentang waktu yang anda miliki.

Mengurangi Alokasi Pribadi

Jika Anda sudah memutuskan untuk segera menikah dengan target umur yang sudah anda tetapkan. Maka, anda bisa memulai untuk mengurangi alokasi pribadi. Dimana dengan melakukan pengurangan tersebut, akan membantu anda agar target yang sudah anda tetapkan bisa segera tercapai.

Perkirakan Inflasi

Jangan lupa untuk memperkirakan akan terjadinya inflasi nilai mata uang. Pastikan anda sudah menyinkronkan ini dengan tujuan usia anda menikah. Misalnya saja anda akan menikah pada umur 26 dan sekarang anda umur 20 tahun. Perkirakan biaya pernikahan yang anda lihat saat 20 tahun akan berubah ketika umur 26 tahun.

Jika anda sudah memperkirakan inflasi tersebut, maka anda akan tahu pada usia berapa anda harus segera memulai untuk menabung biaya nikah.Beberapa cara di atas bisa anda lakukan untuk mengetahui usia terbaik anda untuk memulai membuat tabungan pernikahan. Lakukan sedini mungkin, agar target anda bisa tercapai dengan baik.

Scroll To Top