5 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Setelah Menikah!

5 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Setelah Menikah!

Kehidupan pasca menikah tentu sangat berbeda dengan kehidupan ketika masih single, termasuk juga di dalamnya keuangan setelah menikah. Banyak faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga mulai dari kebutuhan wajib, kebutuhan anak, kebutuhan liburan dan masih banyak lagi. Kali ini akan kami bahas tips mengatur keuangan rumah tangga!

Hitung Seluruh Penghasilan Bersih

Cara mengatur keuangan yang pertama adalah dengan menghitung seluruh total bersih penghasilan yang sudah dipotong pajak dan lain-lain. Dengan begitu, anda bisa dengan mudah menentukan keuangan untuk kebutuhan bulanan, uang tabungan sekolah anak, uang pensiun, investasi, jaminan sosial dan keperluan lainnya. 

Buat Perencanaan Pengeluaran Prioritas

Langkah selanjutnya yaitu memperkirakan keseluruhan jumlah pengeluaran. Hal ini sangat berguna untuk memangkas keperluan yang tidak penting dan dapat mengalokasikan keuangan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak. 

Menyiapkan Dana Darurat

Tips lain mengatur keuangan setelah menikah adalah dengan menyiapkan dana darurat guna mempersiapkan kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan, kendaraan rusak, PHK bahkan krisis ekonomi lainnya. Caranya cukup mudah dengan menyisihkan 10 – 30 % dari penghasilan keluarga setiap bulannya. 

Investasi

Inflasi merupakan hal pasti, untuk itu cara mengatur keuangan rumah tangga yang tepat salah satunya dengan memikirkan rencana keuangan jangka panjang, salah satunya dengan melakukan investasi. Terdapat beberapa jenis investasi yang dapat dijadikan aset mulai emas, saham, P2P, obligasi, dan masih banyak lagi. 

Pastikan anda memilih bentuk investasi yang tepat guna memenuhi kebebasan finansial di masa mendatang, jangan sampai investasi tersebut justru menganggu kestabilan ekonomi saat ini bahkan menganggu kelangsungan hidup.

Tips terakhir cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros yaitu dengan menghindari utang, karena tagihan serta kewajiban utang bisa menjadi beban sendiri sehingga menganggu keuangan rumah tangga. Jika tidak mendesak, sebaiknya tahan dulu keinginan-keinginan konsumtif. 

Hindari Utang

Demikanlah tips mudah mengatur keuangan setelah menikah. Ingat, bijaklah dalam memanajemen keuangan keluarga, hindari  sifat konsumtif dan boros, mulailah menabung dan memikirkan kesejahteraan keluarga di masa mendatang!