Macam-Macam Seserahan yang Perlu Anda Ketahui

seserahan-yang-perlu-tahu

Inilah Macam-Macam Seserahan yang Perlu Anda Ketahui

Seserahan merupakan bagian prosesi pernikahan yang wajib ada, terutama bagi adat tertentu. Seserahan juga bermakna bahwa seorang lelaki memiliki tanggung jawab memenuhi kebutuhan keluarganya. Isi seserahan pernikahan tiap orangpun berbeda-beda, biasanya disesuaikan kebutuhan. Namun macam-macam seserahan pernikahan paling umum diantaranya:

  • Kosmetik

Seserahan biasanya berupa kosmetik yang meliputi bedak, pelembab, pembersih, skincare, lipstik, maskara, parfum dan lainnya.

Dalam memilih jenis kosmetik yang akan dijadikan seserahan sebaiknya suruh pihak wanita yang memilih atau bahkan membelinya. Pasalnya, yang nantinya memakai kosmetik tersebut adalah pihak wanita dan biasanya wanita tidak selalu memakai satu brand kosmetik yang sama.

  • Pakaian

Macam seserahan yang juga sering digunakan untuk seserahan yaitu pakaian. Jenis pakaian yang sering dijadikan seserahan yaitu pakain dalam yang meliputi celana dalam, bra, dan baju tidur.

Selain jenis pakain dalam, satu paket pakaian berupa setelan baju juga sering digunakan sebagai seserahan.

  • Perlengkapan Sholat

Beberapa barang yang juga sering dijadikan sebagai barang seserahan yaitu perlengkapan alat sholat yang meliputi sajada, mukena dan al-qur’an. Selain dijadikan sebagai mahar pernikahan, peralatan sholat ini juga sering dijadikan sebagai seserahan.

Namun, Anda harus bisa membedakan antara barang seserahan dan mahar itu memiliki makna yang berbeda.

  • Jam Tangan, Sepatu, dan Tas

Selain pakaian, kebutuhan wanita lainnya yang sangat mendukung aktivitas harian dan juga untuk pesta pernikahan berupa sepatu, jam tangan, dan tas juga sangat tepat untuk dijadikan seserahan.

  • Bahan Kebaya dan Kain

Selain pakaian, tas, jam tangan, hingga sepatu, barang yang bisa dijadikan seserahan lainnya yaitu bahan kebaya dan kain jarik juga bisa dijadikan seserahan pernikahan bagi mempelai wanita.

  • Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi juga  bisa dijadikan seserahan yang meliputi sabun, handuk, shampo, dan lainnya.

Seperti halnya peralatan kosmetik untuk memilih perlengkapan mandi yang tepat sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada calon mempelai wanita jenis dan merek peralatan mandi apa yang sering digunakan oleh calon mempelai wanita.

  • BedCover dan Sprei

Salah satu barang yang juga bisa dijadikan sebagai seserahan yaitu bedcover atau sprei.

  • Perhiasan

Barang lainnya yang paling sering dijumpai untuk dijadikan seserahan yaitu perhiasan. Perhiasan ini bisa meliputi gelang, kalung, cincin, dan lainnya.

Sebagai salah satu seserahan yang membutuhkan modal yang lumayan besar. Sebaiknya untuk seserahan perhiasan ini sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan pihak pengantin atau anggaran pernikahan.

  • Makanan

Salah satu seserahan yang tidak boleh ketinggalan yaitu makanan. Adapun beberapa makanan yang sering dijadikan seserahan diantaranya meliputi roti buaya dan lainnya. Biasanya macam-macam makanan yang digunakan sebagai seserahan disesuaikan dengan tradisi masyarakat di tempat.

Tiap daerah yang satu dengan yang lainnya masing-masing mempunyai makanan khas yang dijadikan seserahan.

  • Buah-Buahan

Tidak hanya makanan, buah-buahan juga bisa dijadikan pilihan untuk dijadikan sebagai seserahan. Beberapa buah-buahan yang sering dijadikan seserahan diantaranya yaitu pisang, anggur, jeruk, dan apel.

  • Kotak Seserahan

Selain menyiapkan beberapa seserahan di atas yang juga tak boleh dilewatkan adalah menyiapkan kotak seserahan dan menghiasnya agar seserahan semakin sempurna.

Itulah macam-macam seserahan yang perlu Anda ketahui. Usahakan isi seserahan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon si penerima, agar barang seserahan dapat digunakan secara tepat. Sebaiknya sebelum memberikan seserahan komunikasikan terlebih dahulu ke pihak mempelai putri.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.