Now Reading
5 Makanan Khas NTT yang Wajib Kamu Coba

5 Makanan Khas NTT yang Wajib Kamu Coba

Di Indonesia, menikah memang menjadi sebuah tradisi untuk memperbanyak keturunan. Namun, tahukah kamu tidak sembarang orang boleh menikah. Usia ideal untuk menikah berkisar pada usia 21 tahun hingga 27 tahun bagi seorang perempuan, dan maksimal di usia 29 tahun bagi laki-laki. Akan tetapi terdapat perbedaan pandangan, jika menurut islam usia minimal menikah adalah ketika usia 19 tahun.

Di jaman sekarang umur sudah bukan menjadi patokan bagi sepasang kekasih untuk menikah. Sekarang menikah disarankan bagi mereka yang memang sudah siap baik secara finansial, emosi, dan materi. Bagi kamu yang berencana berlibur atau honeymoon ke NTT bersama pasangan, tentu kamu harus mencoba mencicipi berbagai makanan khas NTT.

Apa saja makanan khas NTT yang wajib kamu coba bersama pasangan?

Tapa Kolo

Dalam bahasa NTT, “tapa” mempunyai arti dipanggang dan “kolo” berarti nasi di dalam bambu. Dengan begitu “tapa kolo” mempunyai arti yakni nasi yang dimasukan ke bambu, kemudian dimasak bersama bumbu rempah dengan cara dipanggang. Dan yang menjadi khas dari makanan ini beras yang digunakan adalah beras merah yang bergizi tinggi. 

Jatemak Jagung

Salah satu makanan khas NTT adalah Jatemak jagung. Sesuai dengan namanya bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah jagung yang ditambahkan dengan kacang hijau, labu, kacang merah, dan juga aneka campuran sayuran yang menyehatkan. Pembuatannya cukup mudah dengan cara merebus semua bahan dan diberi sedikit air lemon.

Aka Bilan

Makanan NTT yang satu ini terbuat dari sagu, kacang hijau, parutan kelapa, dan tambahkan sedikit garam. Semua bahan tersebut dicampur menjadi sebuah donan dan kemudian dibakar menggunakan wadah bernama babilak sejenis piring dari tanah liat.

Jagung Bose

Yang dimaksud “bose” adalah lunak. Makanan ini sesuai dengan namanya terbuat dari jagung yang direbus dengan santan hingga lunak, kemudian dicampurkan dengan kacang-kacangan, dan labu. Aduk hingga kuah santan mengental.

See Also

Rumpu Rampe

Bahan baku pembuatan makanan ini adalah aneka sayuran diantaranya daun pepaya, bunga pepaya, tomat, jantung pisang, dan masih banyak lagi. Sayuran tersebut dimasak bersama dengan aneka bumbu dan rempah yang membuat cita rasa makanan menjadi nikmat, dan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

Manggulu 

Nama makanan khas NTT yang satu ini wajib kamu coba. Terbuat dari pisang dan kacang tanah, mirip seperti dodol yang dibungkus daun pisang.

Demikian tadi berbagai macam jenis makanan khas NTT yang enak dan wajib kamu coba ketika berlibur bersama pasanganmu. Jika kamu tidak mencobanya, sangat disayangkan sudah jauh-jauh ke NTT tapi tidak mencoba makanan lokal yang ada di NTT.

Scroll To Top