Makanan yang Wajib Ada dalam Pernikahan Adat Sunda

Makanan yang Wajib Ada dalam Pernikahan Adat Sunda

Tips Katering Pernikahan, 7 Jenis Makanan yang Wajib Ada dalam Pernikahan Sunda

Menu makanan dalam setiap resepsi pernikahan menjadi hal yang penting. Mengapa demikian? Yang pertama jelas karena ingin menghargai dan menjamu tamu yang hadir. Yang kedua berdasarkan tips catering pernikahan adalah karena menu yang disajikan utamanya menu tradisional sangat bermakna bagi setiap daerah.

Contohnya adalah pernikahan adat Sunda yang selalu menghadirkan makanan khas dalam jamuannya. Apa saja jenis makanan yang bisa dinikmati. Berikut ulasannya:

Surabi Bandung

Siapa sih, yang tidak kenal kudapan khas Bandung yang satu ini. Makanan ini terkenal akan kelezatannya. Makanan yang dibuat dari campuran tepung beras dan santan ini dimasak dengan kuali yang akan mengeluarkan aroma khas. Mengikuti perkembangan zaman, surabi Bandung saat ini punya banyak variasi rasa tidak hanya original dan oncom saja.

Nasi Tutug Oncom

Makanan lain yang biasanya ada dalam pernikahan adat Sunda adalah nasi tutug oncom. Nasi yang dicampur dengan oncom ini paling banyak dicari, sebab semakin jarang menemui makanan khas Sunda ini. Hanya ada di restoran atau warung khas Sunda saja.

Karedok

Penggemar sayur wajib mencicipi makanan khas Sunda yang satu ini. Makanan campuran berbagai sayur seperti mentimun, taoge, kol dan kacang hijau ini dicampur dengan saus kacang yang membuatnya semakin nikmat. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di acara pernikahan Sunda atau di luar acara. Sebab makanan ini makin banyak dijajakan di luar.

Peyeum

Membaca nama makanan ini mungkin terasa asing. Namun, jika melihat penampakan makanan ini Anda akan mengira peyeum hampir mirip dengan tape singkong. Peyeum memang kudapan khas Sunda yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Peyeum menjadi makanan favorit warga Sunda karena rasanya yang manis meskipun tanpa campuran gula.

Sayur Asem

Satu lagi jenis makanan khas Sunda yang ada dalam setiap pernikahan adalah sayur asem. Sebelum karedok menjadi makanan favorit, sayur asem sering dijadikan makanan favorit karena rasanya yang gurih dan menyegarkan. Ditambah rasa asem dari kuah yang dicampur dengan asem.

Dodol

Makanan ringan bernama dodol ini juga akan sering Anda jumpai saat pernikahan Sunda berlangsung. Makanan ini bahkan telah terkenal sampai ke mancanegara karena rasanya yang enak dan punya banyak varian rasa. Dodol khas Sunda yang terkenal adalah dodol Garut yang dibungkus dengan daun jagung.

Selain sebagai hidangan khas pernikahan, dodol Sunda kini bahkan telah menjadi buah tangan yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke Bandung.

Dadar Gulung

Makanan yang satu ini mungkin dapat Anda temui dengan mudah di berbagai tempat sekarang. Namun, dalam pernikahan adat Sunda, makanan ini biasanya wajib untuk dihidangkan sebagai penutup atau camilan saat acara. Rasanya yang manis dan enak kini bisa di variasi dengan berbagai isian rasa.
Mengadakan sebuah pernikahan tanpa menyiapkan menu yang spesial tentu akan membuat acara tidak sempurna dan meninggalkan kesan yang biasa saja. Oleh karena itu sekarang banyak calon pasangan pengantin yang menyiapkan hidangan pernikahan dengan sebaik mungkin. Hidangan yang jadi favorit selain makanan internasional adalah makanan tradisional yang tak kalah lezatnya. Semoga dengan adanya tips catering pernikahan ini dapat memberi inspirasi bagi Anda untuk selalu menyajikan makanan tradisional agar semakin dikenal banyak orang.