Manfaat Pertengkaran Suami Istri dalam Rumah Tangga

Manfaat Pertengkaran Suami Istri dalam Rumah Tangga

Ini Dia Manfaat Pertengkaran Suami Istri

Pertengkaran suami istri, dalam berumah tangga selalu akan ada masalah yang mewarnai. Pertengkaran antara suami dan istri bukanlah hal yang aneh. Ada saja yang akan menjadi penyebab pertengkaran. Bisa karena masalah keuangan, anak atau masalah orang ketiga.

Namun, pertengkaran tidak selalu membawa dampak buruk. Ada pertengkaran yang juga memberi manfaat antar pasangan. Berikut ini adalah manfaatnya;

Lebih Memahami Sifat Pasangan

Pertengkaran suami istri yang terjadi dalam sebuah pernikahan ternyata bisa memunculkan sifat asli pasangan. Karena pada saat marahlah sifat asli akan keluar. Dengan adanya pertengkaran akan mudah untuk mengetahui bagaimana sifat asli yang tidak ditunjukkan oleh pasangan di awal pernikahan.

Bersikap Dewasa

Menghadapi masalah dalam rumah tangga akan membuat masing-masing pasangan untuk mampu bersikap dewasa dalam menyikapinya. Masalah yang terus datang dengan sendirinya akan membentuk kedewasaan pasangan. Jika tidak dihadapi dengan cara dewasa maka jangan harap pernikahan bisa bertahan lama.

Memperkuat Hubungan

Tidak selalu pertengkaran akan membuat hubungan pernikahan hancur. Permasalah yang bisa dihadapi dengan bijak malah akan membuat hubungan akan semakin erat dan tidak ingin kehilangan satu sama lain.

Hikmah Terselubung

Setiap masalah pastinya akan membawa hikmah tersendiri. Pun dengan pertengkaran antar pasangan, setiap masalah yang hadir akan membawa hikmah. Hikmah tersebut yang nantinya akan menjadikan semakin bijak dalam mengelola masalah rumah tangga.

Menghargai Kesakralan Pernikahan

Dengan adanya pertengkaran akan membuat sadar pasangan bahwa pernikahan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijalani. Agar tidak terjadi keretakan ingatlah tujuan awal dari sebuah pernikahan. Tentu tidak ingin ada perpisahan. Saat bertengkar ingatlah bahwa pernikahan adalah hal agung yang harus selalu dipertahankan.

Pertengkaran dalam rumah tangga tidak akan bisa terelakkan lagi. Setiap pasangan dalam rumah tangga pasti akan mengalami hal ini. Pada saat pertengkaran sifat emosi yang meledak ledak yang biasanya akan mendominasi. Pada saat emosi inilah muncul suatu yang tidak baik. Dalam pertengkaran ada baiknya menghindari beberapa hal berikut ini;

Sumpah Serapah

Pada saat bertengkar mengucapkan kata-kata buruk tidak akan bisa dihindari jika dalam keadaan marah. Namun, yang harus dihindari saat bertengkar adalah sumpah serapah pada pasangan. Anda tentu marah jika pasangan Anda dimarahi orang lain, maka Anda pun tidak perlu mengatakan hal yang kasar pada pasangan Anda saat bertengkar.

Julukan Kasar

Tidak hanya sumpah serapah, mengeluarkan julukan kasar untuk pasangan juga tidak diperbolehkan karena akan menyakiti hati pasangan.

Minta Cerai

Pertengkaran yang dilakukan pada saat emosi yang tidak stabil bisa menyebabka keluar kata yang seharusnya tidak terucap yaitu minta cerai dari pasangan. Saat bertengkar kendalikan emosi hingga tidak perlu keluar kata tersebut.

Penyesalan

Pertengkaran pun bisa menimbulkan sebuah penyesalan karena kondisi emosi sedang tidak stabil. Saat hal itu terjadi ingat selalu kebaikan yang pernah diberikan pasangan hingga bisa bahagia. Penyesalan bukanlah suatu hal yang baik.

Membenci Keluarga

Dampak dari adanya pertengkaran tidak melulu pada pasangan. Dampaknya juga bisa merembet pada keluarga. Saat bertengkar janganlah turut menyeret keluarga dan membencinya. Pasangan yang telah siap menikah akan menghadapi masalah keluarga ini dengan bijak,

Demikian manfaat pertengkaran suami istri yang bisa diambil hikmahnya serta yang harus dihindari selama bertengkar. Semoga selalu bisa jadi inspirasi.