Now Reading
Mau Nikah? Ini Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Mau Nikah? Ini Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Tips Membuat Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Pernikahan merupakan hal yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Setiap orang pasti selalu mendambakan sebuah hari pernikahan yang indah bersama pasangannya. Dekorasi yang mewah, tamu yang banyak, venue yang mumpuni, sajian makanan yang enak dan beraneka ragam. Tapi, tidak semua orang mampu untuk memenuhi semua itu karena budget yang minimal, lantas seperti apakah rincian biaya pernikahan sederhana?

Menyederhanakan pernikahan tanpa membuang esensinya adalah hal yang kini sedang banyak diburu orang. Minimalis namun tetap bermakna. Akhir-akhir ini juga banyak viral pasangan yang mampu mengeluarkan budget 20juta untuk pernikahannya. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menyelenggarakan pernikahan yang sederhana.

Hal-Hal yang Perlu diperhatikan dalam Menyiapkan Pernikahan

 

  • Tentukan Hari Pernikahan dan Tempat Melaksanakan Akad

 

Ketika Anda menentukan hari, pastikan Anda melakukannya saat weekend atau weekday. Beberapa tamu mungkin bisa hadir saat weekend, namun tidak mesti bisa hadir saat weekday. Hal ini perlu Anda perhatikan agar tidak melebih-lebihkan jatah undangan. Selain itu,  tempat akad juga menentukan budget. Beda harga saat Anda akad di KUA yakni gratis, namun jika di luar, maka akan ada biaya administrasi.

 

  • Memakai Wedding Organizer, atau Tidak

 

Jika Anda ingin praktis, maka memakai jasa wedding organizer adalah hal yang patut Anda perhatikan. Namun, Anda perlu memperhatikan biayanya, karena menyewa WO bukanlah sesuatu yang lebih murah dibandingkan dengan mengurusnya sendiri.

 

  • Makanan atau Jamuan

 

Makanan selalu menjadi pengeluaran terbesar dalam acara pernikahan. Oleh karena itu Anda harus memastikan berapa budget Anda untuk makanan. Sebaiknya Anda tidak perlu menyediakan makanan terlalu banyak macam. Karena berakibat terbuangnya makanan yang tidak seberapa di sukai.

 

  • Dekorasi, Undangan, dan Pakaian

 

Ada baiknya Anda juga menyiapkan hal ini terlebih dahulu. Karena kian kemari harga dekorasi, undangan dan pakaian lebih mahal. Untuk undangan, lebih baik mencetak yang biasa saja, sebab setelah dibaca pasti sudah tidak dibutuhkan. Dekorasi dan pakaian, sewalah di tempat yang sama. Biasanya ada penyewaan yang menyediakan paket hemat yang seperti ini.

 

See Also

  • Souvenir

 

Memilih souvenir haruslah jeli. Usahakan memilih yang bisa dibuat pajangan atau sesuatu yang bermanfaat agar lebih bermakna.

Menghitung Rincian Biaya Pernikahan yang Sederhana

Berikut ini adalah ilustrasi perhitungan budget pernikahan sederhana, apabila tamu undangannya di estimasikan sebanyak 300 undangan.

  1. Biaya Akad di Rumah Rp. 600.000
  2. Biaya Makan @25.000 x 300 Rp. 7.500.000
  3. Sewa Dekorasi dan Baju Rp. 3.000.000
  4. Cetak Undangan @3.000 x 300 Rp. 900.000
  5. Souvenir @10.000 x 300 Rp. 3.000.000
  6. Hantaran Rp. 5.000.000
  7. Mas Kawin Rp. 1.000.000
  8. Sewa Gedung Rp. 5.000.000

TOTAL Rp. 26.000.000

Jika dihitung, maka biaya pernikahan Anda hanya akan mencapai 26 juta rupiah saja. namun, ada baiknya Anda juga menganggarkan untuk biaya lain-lain. Sebab, pasti akan ada saja biaya-biaya tambahan yang pengeluarannya tidak terduga-duga. Jika Anda memilih untuk menggunakan wedding organizer, maka pastikan Anda melakukan survei terlebih dahulu terhadap harga-harga yang ditawarkan.

Nah, itu tadi beberapa tips dan contoh perhitungan rincian biaya pernikahan sederhana. Ingat, setiap orang pasti memiliki budget yang berbeda-beda, maka patokan utamanya ada pada budget tersebut. Semoga bermanfaat!

 

Scroll To Top