Now Reading
Tips Mempersiapkan Pernikahan Yang Hemat

Tips Mempersiapkan Pernikahan Yang Hemat

Walaupun setiap momen pernikahan itu patut dibagikan untuk anggota keluarga, kerabat dan juga teman dekat tetapi tidak harus mengadakannya secara mewah jika memang tidak memiliki dana yang cukup. Terkadang kita sering berpikir 20 juta cukup ga ya buat resepsi ?, apa saja yang harus dipersiapkan ? dan lain sebagainya. 

Inilah tips mempersiapkan pernikahan yang sangat hemat budget :

Menentukan budget

Jika sudah menetapkan tanggal pernikahan maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan budget yang kamu butuhkan untuk menggelar pesta pernikahan dengan tata cara pernikahan adat Toraja misalnya. Pastikan lebih dahulu berapa biaya untuk masing-masing pos. Kamu juga bisa mencari tahu lebih dahulu untuk tips hemat katering biar tamu kenyang semua, fotografi, baju pengantin, undangan, suvenir dll. 

Jika nantinya kamu sudah tahu estimasi biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing pos, menentukan anggaran akan jauh lebih mudah. Jangan lupa untuk menambahkan biaya yang tidak terduga sebanyak 10% dari keseluruhan biaya yang biasanya akan hadir ketika menggelar pesta pernikahan. 

Membuat rangkaian acara hanya dalam satu hari saja

Rangkaian acara yang akan digelar dengan waktu berhari-hari, tentu akan memerlukan biaya yang sangat besar. Padatkan acara menjadi satu hari saja, misalnya acara akad di pagi hari dan lanjutkan dengan acara resepsi setelahnya. Bukan hanya bisa untuk meminimalkan budget tetapi kamu juga tidak akan merasakan lelah yang berkepanjangan karena seluruh rangkaian acara hanya akan memerlukan satu hari. 

Membuat daftar tamu yang akan diundang

Buat daftar teman, kerabat, maupun saudara yang akan diundang nantinya. Harus selalu di ingat jika porsi katering ini harus menyesuaikan dengan undangan yang akan disebar dan di kalikan tiga porsi katering. Oleh sebab itu batasi undangan jika tidak ingin biaya katering mengalami pembengkakan. 

Menentukan vendor pernikahan

Selanjutnya mulai untuk menghubungi vendor-vendor pernikahan yang sudah direkomendasikan keluarga, terutama yang memenang sudah pernah digunakan sebelumnya. Kamu juga akan mendapatkan hasil yang baik dan juga harga yang murah, kamu juga bisa menghadiri pameran yang berkaitan dengan pernikahan. 

See Also

Pada acara pameran ini nantinya kamu bisa mendapatkan berbagai referensi baik itu dari gaun pengantin, fotografi, dekorasi, make up, souvenir, dan lain sebaiknya. Kamu juga bisa memilih vendor mana saja yang cocok dan sesuai dengan anggaran pernikahan yang sudah kamu buat sebelumnya. 

Biaya pernikahan untuk sekarang ini memang tidak bisa dikatakan murah, maka kamu dan pasangan harus mempersiapkan tabungan nikah sedini mungkin. Hal ini juga akan membuat uang kamu semakin cepat untuk bisa terkumpul, sehingga nantinya pesta pernikahan yang kamu impikan bisa terwujud. Kamu dan pasangan bisa menerapkan cara yang ada di atas dengan konsisten, sehingga memiliki hasil yang maksimal. 

Segala sesuatu jika dipersiapkan lebih awal memang akan memberikan hasil yang sangat maksimal karena nantinya jika terdapat kekurangan kita sudah bisa menutupinya dengan baik karena sudah diperhitungkan sebelumnya. Setiap orang bisa mendapatkan pernikahan impian asalkan mau berusaha dengan baik.

Scroll To Top