Now Reading
Mempersiapkan Pernikahan Secara Online Lebih Hemat

Mempersiapkan Pernikahan Secara Online Lebih Hemat

Meskipun pandemi Covid-19 masih belum juga reda, namun niat mulia untuk menikah janganlah sampai tertunda.

Bagi Anda yang berada di daerah yang menerapkan PSBB, Anda bisa mempersiapkan pernikahan secara online, hemat waktu dan tenaga yang akan mempermudah segala prosedur mulai dari survey vendor, tanya-tanya harga, melihat contoh dekorasi, make up dan sebagainya, tanpa harus mendatangi vendor terkait.

Berikut adalah persiapan pernikahan secara online yang bisa Anda lakukan.

Tentukan anggaran

Dalam mempersiapkan pernikahan, Anda dan pasangan harus mengestimasikan biaya yang akan dikeluarkan. Ketika Anda telah mengetahui besaran anggaran yang Anda miliki, maka ini akan lebih mudah dalam menyusun pengeluaran per jenis kebutuhan pernikahan. Anda juga akan lebih mudah mencari alternatif jika terjadi pembengkakan anggaran.

Siapkan pula anggaran cadangan untuk keperluan lain seperti biaya administratif pernikahan, dan juga anggaran pasca pernikahan.

Tentukan jumlah undangan

Perlu diketahui bahwa ketika di masa pandemi, maka jumlah tamu undangan yang datang bisa jadi lebih sedikit dari biasanya. Anda juga harus menghitung jumlah tamu undangan supaya tidak terjadi kekurangan baik pada bagian catering, kursi tamu, ataupun souvenir.

Jika Anda menggelar acara langsung, maka wajib untuk meminta izin pada aparat dan tokoh masyarakat setempat, dan tamu wajib hadir dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Undangan virtual

Anda bisa mengundang tamu dengan cara memberikan undangan virtual berupa video ataupun foto secara online. Undangan virtual telah menjadi tren yang akan memungkinkan kerabat ataupun rekan jauh untuk datang tanpa harus menunggu undangan fisik datang.

Undangan virtual juga akan menghemat budget.

Jika proses pernikahan baik akad maupun resepsi digelar secara virtual, maka Anda tidak perlu khawatir untuk mengundang banyak orang untuk menyaksikan live stream Anda.

Namun, jika Anda memilih untuk menggelar acara langsung, maka Anda harus membatasi jumlah tamu undangan sesuai yang diizinkan oleh pemerintah desa setempat.

Estimasikan waktu acara

Jika Anda melangsungkan pernikahan dengan menyewa gedung ataupun venue, maka Anda perlu menyusun jadwal acara dan estimasi waktu hingga acara selesai. Hal ini dilakukan terkait dengan biaya sewa yang akan Anda keluarkan nantinya.

Anda bisa menyusun waktu acara bersama dengan MC yang Anda sewa.

Persiapan catering

Persiapan catering dapat ditentukan jika Anda telah mengestimasikan jumlah tamu undangan. Terkadang tamu undangan akan membawa serta pasangan ataupun anak-anak mereka, maka tambahkan pada pesanan catering untuk jaga-jaga.

See Also

Jika Anda menyewa gedung, tamu undangan yang diperbolehkan adalah sekitar 25% dari kapasitas gedung. Anda juga bisa mengestimasikan jumlah undangan yang hadir dengan menggunakan form kehadiran online supaya catering yang dipesan tepat sasaran.

Pilih dekorasi

Selanjutnya adalah dekorasi yang digunakan untuk spot berfoto. Pernikahan di tengah wabah tidak akan menyurutkan niat Anda untuk mendapatkan dekorasi yang indah dan mewah. Anda bisa menghias spot-spot tertentu meskipun dalam jumlah undangan yang terbatas. Selain itu, jika Anda juga menyediakan livestream pada saat prosesi pernikahan, maka Anda bisa memilih tempat-tempat khusus yang akan terlihat cantik pada saat live stream.

Memilih vendor-vendor terkait

Saatnya mengeksekusi rencana-rencana tersebut dengan menghubungi satu per satu vendor yang terkait. Untuk mempersiapkan pernikahan secara online, hemat waktu tenaga Anda bisa menghubungi vendor-vendor tersebut lewat situs web ataupun media online yang mereka miliki.

Ada berbagai vendor yang menyediakan tawaran menarik untuk pernikahan Anda, cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pilih vendor terdekat berdasarkan lokasi, hal ini dimaksudkan untuk menghemat biaya pengiriman.
  • Cek fasilitas dan layanan yang tersedia, apakah sesuai dengan konsep pernikahan Anda atau tidak, misalnya pernikahan virtual maka vendor-vendor tersebut harus mahir dalam urusan IT.
  • Survei harga satu sama lain, untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Pertimbangkan promo paket pernikahan untuk mempermudah pengaturan dan koordinasi antara vendor-vendor tersebut.

Plaminan.com adalah suatu platform yang akan membantu Anda dan pasangan menemukan penawaran vendor-vendor menarik pada hari bahagia Anda. Merencanakan pernikahan tak lagi seribet yang Anda bayangkan!

Mulai dari persiapan dekorasi, rias pengantin, fotografi, dan undangan bisa Anda hubungi secara langsung melalui situs web dari Plaminan.com. Ada ribuan vendor yang bekerja sama dengan Plaminan.com untuk menciptakan pernikahan impian Anda!

Scroll To Top