Now Reading
Tips Memulai Bisnis Makeup Artist bagi Pemula

Tips Memulai Bisnis Makeup Artist bagi Pemula

Bisnis makeup artist bisa menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga maupun para pekerja yang ingin mempunyai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi bisnis ini cukup menjanjikan dan sedang sangat berkembang berkat perkembangan teknologi rias serta tren rias yang selalu update. Anda hanya perlu mengandalkan kemampuan dalam merias wajah yang dimiliki dari banyaknya belajar baik dari ahli maupun dari internet. Namun, sama seperti memulai bisnis yang lain, memulai bisnis makeup artist perlu untuk dipersiapkan secara matang agar dapat berjalan lancar dan menjadi bisnis yang sukses nantinya. Maka dari itu, Anda perlu untuk mengetahui bagaimana tips memulai bisnis tersebut. Nah, di artikel ini akan membahasnya, namun sebelum itu mari ketahui dahulu alasan-alasan menjadikan makeup artist sebagai profesi yang menjanjikan. Berikut pembahasannya. 

Beberapa Alasan Makeup Artist Menjadi Profesi Menjanjikan

  1. Merias wajah tidak semua orang bisa melakukannya. Dengan hadir makeup artist tentu dapat membantu orang-orang yang tidak jago dalam berdandan, apalagi untuk acara-acara yang penting.
  2. Penghasilan menjadi seorang makeup artist cukup besar sesuai dengan jam terbangnya. Bahkan jika Anda mempunyai sertifikat resmi atau khusus merias wajah, pundi-pundi uang bisa Anda dapatkan lebih banyak lagi. 
  3. Banyaknya brand makeup yang bisa Anda ajak kerja sama.
  4. Fashion dan lifestyle yang kian hari semakin berkembang dan menciptakan tren-tren yang baru.
  5. Makeup artist dapat mendorong atau mendukung majunya industri lain seperti industri film dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa makeup artist menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan. Selanjutnya yang akan dibahas tentu adalah tips memulai bisnis makeup artist, terutama untuk pemula. Berikut pembahasannya. 

Tips Memulai Bisnis Makeup Artist

Asah Keahlian Merias

Anda harus meningkatkan kemampuan merias wajah. Anda bisa belajar melalui internet atau untuk lebih baik lagi, Anda harus mengikuti pendidikan formal untuk lebih mengembangkan kemampuan seperti kursus. Namun, memang biasanya jika Anda mengikuti pendidikan formal, Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk bisa belajar. Tapi, bila Anda masih pemula dan baru ingin mencoba mengasah kemampuan rias wajah yang cukup mudah dan tidak banyak biaya, Anda bisa belajar lewat platform online seperti Youtube, Instagram dan lain sebagainya. 

Miliki Perlengkapan Makeup Lengkap

Ingin menjadi seorang makeup artist tentu Anda harus mempunyai perlengkapan makeup yang lengkap. Anda harus mengenal berbagai jenis makeup, alat makeup serta apa saja kegunaannya. Jika Anda tidak mempunyai budget yang cukup untuk membeli makeup yang lengkap secara langsung, Anda bisa mengumpulkannya secara perlahan. Namun, Anda tetap harus ingat untuk memilih produk-produk makeup yang berkualitas agar hasilnya baik dan Anda menjadi terlihat lebih profesional. 

Kuasai Macam-Macam Teknik Makeup

Tidak hanya Anda harus mengetahui berbagai jenis dan alat makeup serta kegunaannya, Anda juga harus mengetahui berbagai macam teknik makeup bila ingin menjadi MUA profesional. Anda bisa mempelajari berbagai teknik makeup dengan menjalankan pendidikan formal. Tapi, jika Anda belum mempunyai modal yang cukup untuk menempuh pendidikan formal, Anda bisa belajar berbagai teknik tersebut melalui video-video tutorial makeup yang ada di internet. 

Pahami Tren Makeup Terbaru

Menjadi seorang MUA tentu harus mengikuti tren makeup yang terbaru. Anda bisa mencari tren-tren paling up to date melalui berbagai media, seperti sosial media contohnya. Mengikuti tren sangatlah penting karena pasti ada pelanggan nantinya yang suka dengan tampilan makeup yang sedang tren di suatu waktu. 

See Also

Buat Portofolio di Sosial Media

Untuk lebih mendukung bisnis Anda agar bisa lebih sukses, Anda harus melakukan salah satu strategi penjualan, seperti membuat portofolio. Hal itu karena portofolio nantinya yang akan menjadi bahan pertimbangan bagi para calon pelanggan untuk memilih MUA Anda atau tidak. Buatlah portofolio yang cukup banyak dan beragam. Pastikan jika semua portofolio mempunyai kualitas yang bagus agar semakin menarik perhatian calon pelanggan atau bahkan membuat mereka semakin yakin untuk menggunakan jasa MUA Anda. 

Demikian pembahasan di artikel ini mengenai alasan dan tips memulai bisnis makeup artist. Selain tips di atas Anda bisa juga melakukan percobaan merias terlebih dahulu, mempunyai ciri khas MUA tersendiri, melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti WO, memahami dan berusaha untuk mewujudkan bagaimana keinginan dari pelanggan, serta disiplin dan mempunyai jaringan serta mental yang kuat. Dengan begitu, bisnis Anda dapat berjalan dengan perencanaan lebih matang, dan tentunya bisa berjalan sukses. Semoga bermanfaat!

Scroll To Top