Mengurus Akta Kelahiran Anak Lebih Praktis dengan Cara Ini

akta-kelahiran-praktis

Ingin Mengurus Akta Kelahiran untuk Anak Tanpa Repot? Ini Tipsnya

Saat ingin mengurus akta kelahiran untuk anak tidak perlu lagi menunggu dengan proses yang terlalu lama. Cara pengurusannya cukup beragam ada yang dapat dilakukan dengan mendatangi kantor dinas yang mengurus akta kelahiran. Bisa juga dilakukan secara online. Penerapan sistem pengurusan akta kelahiran secara online tentu lebih memudahkan daripada mengurus di kantor pencatatan sipil.

Walaupun dilakukan secara online. Prosedur ini sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Penerapan ini sudah dilakukan di berbagi kota di Indonesia. Berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Langkah utama yang harus dijalani yakni melakukan pendaftaran di situs disdukcapil di kota tempat tinggal. Mengurus akta kelahiran tentu jadi tidak menyulitkan.
  2. Persiapkan surat penting yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran. Pastikan surat sudah lengkap. Jika perlu persiapkan salinan dari surat tersebut. jangan lupa untuk melakukan pengecekan agar tidak ada berkas yang kurang.
  3. Masukan data isian pada formulir yang sudah tersedia. Data penting yang diminta cukup beragam. Pastikan isi semua bagian dengan lengkap. Ketidaklengkapan data akan menyebabkan proses pendaftaran menjadi lebih susah.
  4. Setelah data sudah dilengkapi, segera cetak data tersebut. Mintalah bantuan dari petugas apabila kesulitan dalam mencetak data.
  5. Setiap berkas harus mendapat pengesahan dari pihak yang berkepentingan. Surat tersebut harus ditandatangani oleh pihak tersebut. Pastikan tiap bagian surat penting mendapat tanda tangan yang sesuai. Pengajuan tanda tangan surat tidak akan rumit apabila dilakukan sesuai ketentuan tanpa melanggar aturan. Sifat dari pengurusan ini tanpa biaya.
  6. Dalam kurun waktu tertentu, akan muncul sms yang menyatakan bahwa akta kelahiran yang diajukan sudah selesai. Lakukan pengecekan langsung untuk memastikan bahwa akta kelahiran sudah ada di situs dusdukcapil. Dengan begitu, data sudah teramankan.
  7. Kadang kala pemohon akan kesulitan dalam memantau perkembangan berkas yang diajukan. Hal ini tidak jadi masalah jika pengajuan berkas dilakukan secara online. Cukup masukan kode yang ada pada formulir yang telah selesai. Setelah itu, akan ditampilkan kemajuan dari proses akta kelahiran yang diajukan.
  8. Dalam rentang seminggu data sudah ada jadi tinggal diambil saja di disdukcapil. Hal ini tentu sangat memudahkan para pemohon agar berkasnya segera terproses dengan baik.
  9. Dalam proses pengajuan akan ada denda apabila proses mengurus akta kelahiran dilakukan dengan terlambat. Bawa juga saksi apabila dibutuhkan untuk mengurus akta kelahiran. Akta kelahiran yang terproses akan segera jadi dalam tempo waktu yang sudah ditetapkan.

Pengurusan akta kelahiran jika dilakukan langsung mungkin akan terasa lebih berat. Hal ini wajar saja sebab pengurusan berkas lebih banyak. Sedangkan pada pengurusan akta kelahiran online data persyaratan mungkin akan sama. Akan tetapi, tidak akan serumit jika diurus di kantor. Selain itu, cukup diurus dengan mengunggah data saja pada sistem yang sudah tersedia pada situs resmi.

Perhatikan dengan baik tiap data yang diberikan. Pastikan data tersebut adalah data yang jujur. Data juga harus terperinci agar mudah untuk diverifikasi oleh petugas. Apabila data tidak lengkap maka proses akan tersendat.

Dari artikel yang sudah disampaikan di atas. Terlihat gambaran jelas dari proses mengurus akta kelahiran. Proses tersebut termasuk cepat jika dibandingkan dengan cara yang konvensional. Kemudahan ini tidak jadi penghalang dalam mengurus akta kelahiran untuk anak Anda tercinta.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.