Now Reading
Pertimbangan Nikah di Rumah atau di Gedung?

Pertimbangan Nikah di Rumah atau di Gedung?

Pernikahan adalah salah satu hal yang diimpikan oleh semua orang, apalagi para pasangan yang sudah berhubungan cukup lama. Pastinya mereka memimpikan pernikahan yang mampu memberikan kesan terindah dalam hidup mereka. Sebab, pernikahan hanya dilakukan 1 kali seumur hidup. Sebelum menikah, pastinya para pasangan akan kebingungan untuk menentukan berbagai pertimbangan. Di mana salah satu pertimbangan yang dikeluhkan oleh banyak orang adalah pertimbangan nikah di rumah atau di gedung?

Menentukan Lokasi Pernikahan yang Tepat 

Dalam menentukan lokasi pernikahan, tentunya hal ini adalah komponen penting yang harus benar-benar Anda pikirkan dengan sangat matang. Sebab, Anda pasti akan mengundang begitu banyak tamu yang akan berkumpul dalam satu lokasi. Tentunya sebagai pemilik acara, Anda pastinya harus memberikan tempat yang terbaik bagi para tamu. 

Di dalam mempertimbangkan lokasi, ada banyak pertimbangan-pertimbangan lain yang harus dipikirkan secara matang, seperti salah satunya anggaran pernikahan. Tentunya jika memutuskan untuk sewa gedung, biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak. Namun, apakah dengan menikah di rumah, biaya yang dikeluarkan tidak akan banyak? Apa saja kelebihan dan kekurangan dengan memilih untuk nikah di rumah atau di gedung? Simak jawabannya berikut ini. 

Memilih Menikah di Gedung

Lokasi yang cukup banyak dipilih oleh sejumlah pasangan untuk menggelar acara pernikahan adalah gedung. Banyak gedung-gedung yang menyewakan untuk acara pernikahan baik itu hotel, aula, dan beberapa gedung lainnya. Tentu dengan memilih hotel sebagai lokasi pernikahan, akan ada begitu banyak kelebihan sekaligus kekurangan yang bisa didapatkan. 

See Also

Kelebihan Menikah di Gedung

  • Tempat yang tersedia jauh lebih luas. Di mana gedung mampu menampung jauh lebih banyak tamu yang akan Anda undang. 
  • Bisa menghemat energi dan juga tenaga. Biasanya ada beberapa tempat yang sudah menyediakan paket yang bisa dipilih mulai dari dekorasi, catering dan lain sebagainya. 
  • Tidak akan kerepotan sesudah selesai menikah seperti membersihkan tempat.

Kekurangan Menikah di Gedung

  • Tentunya dengan menyewa tempat, biaya yang akan dikeluarkan jauh lebih besar. Baik itu hotel, beberapa gedung milik pemerintah, Auditorium, dan masih banyak lagi yang lainnya. 
  • Karena banyak yang memilih gedung sebagai tempat pernikahan, terkadang beberapa tanggal tertentu sudah full-booked. Sehingga para calon pengantin harus mengikuti tanggal dari tempat yang sebelumnya sudah dipilih. 
  • Karena tempat yang dipilih bukan milik pribadi, maka biasanya tempat-tempat tersebut memiliki peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh calon pengantin. Bahkan waktu yang disediakan pun jauh lebih terbatas. 

Memilih Menikah di Rumah

Selain memutuskan untuk menikah di gedung, Anda juga bisa memilih untuk menikah di rumah. Mungkin dengan menikah di rumah, biaya yang akan dikeluarkan untuk menyewa tempat tidak akan banyak. Namun, untuk meyakinkan pilihan tempat yang akan digunakan untuk menikah, maka ketahuilah terlebih dahulu untuk kelebihan dan juga kekurangan menikah di rumah. 

Kelebihan Menikah di Rumah

  • Tidak perlu khawatir full-booked, Anda bahkan bisa dengan bebas menentukan tanggal-tanggal cantik yang Anda inginkan, 
  • Tentunya pengeluaran bisa jauh lebih terkontrol. Sebab, menyewa gedung pernikahan tentu akan merogoh kocek yang tinggi. 
  • Tidak adanya peraturan yang harus dipatuhi karena rumah milik pribadi, bahkan tidak akan ada pembatasan jam. Biasanya para tetangga pun akan ikut saling membantu untuk bergotong royong pada pernikahan. 

Kekurangan Menikah di Rumah 

  • Area rumah yang terbatas, membuat para tamu undangan yang akan Anda undang pun harus terbatas jumlahnya. Bahkan terkadang kurang leluasa karena area yang kurang luas. 
  • Jauh lebih repot dalam mempersiapkan keperluan pernilkahan. Baik membereskan area-area yang akan dijadikan tempat catering, dekorasi pelaminan, dan lain sebagainya. 
  • Membereskan rumah juga menjadi hal yang harus Anda ketahui ketika memutuskan untuk menikah di rumah. Tentunya hal ini cukup melelahkan, maka dari itu harus Anda pertimbangkan dengan matang. Jadi, itulah rekomendasi atau pilihan tempat yang bisa Anda tentukan untuk menikah. Di mana ada pilihan untuk nikah di rumah atau di gedung. Pertimbangkan berbagai hal lain sebelum memutuskan untuk menikah baik itu menentukan dekorasi tempat pernikahan, menentukan katering yang tepat, dan masih banyak lagi pertimbangan lain sebelum menikah.
Scroll To Top