Now Reading
Tips Memilih Menu Untuk Buffet Utama Hidangan

Tips Memilih Menu Untuk Buffet Utama Hidangan

Saat mengadakan acara pesta pernikahan, Anda tentu harus menyusun menu makanan yang disediakan. Makanan ini dihidangkan dengan bentuk prasmanan atau buffet. Karena model penyajian seperti ini, banyak hal harus diperhitungkan. Jika butuh bantuan soal ini, mari bahas bersama dalam artikel ini tentang tips – tips memilih menu untuk buffet utama acara pesta pernikahan. Berikut adalah bahasan selengkapnya:

Mulai Dari Budget

Hal pertama yang harus Anda siapkan baik adalah budget. Sebelum mulai memilih menu, Anda harus tahu batasan budget Anda terlebih dahulu. Jika budget memang terbatas, hidari menu makanan yang mahal harganya.

Beberapa makanan sederhana bisa tetap nikmat menjadi santapan para tamu jika pakai bumbu yang pas. Anda tidak perlu buat makanan mahal untuk memuaskan para tamu. Tapi jika memang punya budget tinggi, tidak ada salahnya memanjakan tamu dengan memberi menu yang lebih spesial.

Element Makanan yang Harus Ada

Saat membuat menu, pastikan 4 element hidangan selalu ada. Element ini antara lain adalah hidangan alternatif nasi, pilihan lauk, hidangan pedas dan hidangan kuah. Alternatif nasi di sini contohnya bisa nasi goreng atau mie goreng. Pilihan lauk bisa berupa sate, ayam goreng ataupun ikan fillet. Contoh hidangan pedas bisa sayur mercon ataupun sambal goreng. Untuk pilihan hidangan kuah, Anda bisa pilih gulai ataupun sup.

Untuk pilihan yang lebih beragam, Anda bisa kembangkan pilihan element menu di atas. Contoh saja untuk hidangan kuah. Anda bisa sediakan sup jamur dengan kari ayam. Walaupun hidangan ini sama – sama berkuah, sup jamur memiliki cita rasa segar sedangkan kari ayam memiliki cita rasa spice yang lebih berat. Kombinasi menu ini menyediakan pilihan bagi tamu agar bebas memilih sesuai selera.

Pilih Hidangan yang Tahan Lama

Tips memilih menu untuk buffet utama hidangan pernikahan ini, Anda harus tahu kelemahan model buffet. Dalam menghidangkan makanan model buffet, hidangan dibiarkan terbuka agar para tamu bisa mengambil sesuai selera. Hal ini berarti kondisi makanan bisa berubah.

Sebagai contoh hidangan yang sering bermasalah adalah sate. Jika sate sudah selesai dibakar dan lama tidak dimakan, biasanya hidangan ini menjadi keras. Keras di sini karena daging menempel kencang pada tusuk-nya dan lebih sulit dimakan.

Kenali beberapa menu yang tidak tahan lama dan kondisinya berubah. Hidangan seperti ini tentu tidak banyak, tapi tetap ada. Jangan sampai karena salah memilih menu, para tamu tidak mengambil makanan yang sudah disiapkan.

Sesuai Selera Mainstream

Anda tentu ingin menyediakan hidangan yang unik dan nikmat. Tapi memilih menu yang terlalu unik dan asing bagi tamu bisa jadi masalah tersendiri. Contoh saja sate kelinci. Walaupun rasanya nikmat, banyak orang pasti merasa aneh jika belum pernah coba. Daripada menyediakan menu seperti ini, ganti saja dengan yang lebih familiar dan umum. Sate ayam ataupun sapi bisa jadi alternatif hidangan yang mirip.

See Also

Mudah Untuk Dimakan

Saat acara pesta, kebanyakan tamu bisa saja tidak memiliki tempat duduk yang nyaman. Hal seperti ini bisa mempengaruhi proses makan para tamu tersebut. Hal seperti makanan jatuh dan melompat ke baju tamu, bisa saja terjadi. Untuk menghindari masalah ini, pilih menu yang mudah dikonsumsi.

Hal seperti daging steak contohnya. Makanan ini tentu nikmat jadi hidangan utama. Tapi untuk makan steak, pisau perlu digunakan untuk memotong. Saat duduk tanpa meja, menu ini tentu sulit di makanan. Dibandingkan menu tersebut, Anda lebih baik menyediakan gurame fillet goreng tepung yang lebih simple untuk dikonsumsi.

Sekian bahasan tentang tips memilih menu untuk buffet utama di pesta pernikahan. Tips di atas tentu hanya sebagai alat bantu. Anda tidak perlu mengikuti sama persis dan masih bisa berkreasi sendiri dalam memilih menu. Tapi ingat, tetap gunakan patok alasan dan indikator dari tips di atas jika tidak ingin melakukan kesalahan.

Mudah – mudahan bahasan artikel ini bisa berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba tips – tips-nya!

Scroll To Top