Now Reading
Tips Menu Gubukan Yang Menarik Perhatian

Tips Menu Gubukan Yang Menarik Perhatian

Saat mengadakan acara gubukan untuk pernikahan, Anda harus pertimbangkan baik proses pemilihan menu. Setiap event organiser dan paket catering tentu sudah menawarkan arahan untuk hal ini. Tapi jika hanya ikut – ikut saja, hidangan yang disajikan akan sama seperti orang lain yang menggunakan jasa mereka.

Jika ingin memiliki menu unik dan menarik dalam gubukan ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Dalam artikel ini, mari bahas tips memilih menu untuk gubukan beserta hal penting tersebut. Berikut adalah bahasannya!

Perhitungan Budget yang Tersedia

Hal paling utama yang harus Anda perhatikan adalah budget. Sebagai tips, pastikan Anda bisa gunakan budget tersebut untuk memilih 5 jenis menu berbeda untuk gubukan. Pilihan ini penting untuk menunjukan variasi hidangan yang terlihat banyak. 

Anda tentu tidak perlu pilih menu mahal untuk ini. Anda bisa saja undang pedagang kaki lima bakso. Hal ini lebih murah dibandingkan pesan dari catering. Jika punya banyak tenaga, Anda bahkan bisa masak sendiri hidangan gubukan ini jika budget memang mempet.

Variasi Harus Diperhitungkan

Variasi untuk pesta adalah hal penting. Tamu – tamu yang datang di acara pasti bisa menikmati lebih jika banyak hidangan yang bisa dicoba. Mereka bisa sibuk mengobrol sambil berpetualang coba – coba kuliner di acara ini.

Sebagai arahan, 5 pilihan yang berbeda di tips sebelumnya bisa jadi patokan. Lima jenis ini bisa terdiri dari hidangan sayur, hidangan daging, hidangan berkuah, makanan ringan dan hidangan penutup. Jika punya budget dan ingin mengembangkan menu dari patokan tersebut, Anda bisa pilih menu yang mirip sebagai alternatif.

Contoh saja untuk makanan ringan. Anda bisa sediakan dua menu untuk golongan ini. Makanan ringan pertama bisa berupa siomay dan yang kedua adalah lumpia semarang. Keduanya hidangan yang tidak berat dan bisa jadi camilan. Para tamu bisa memilih dari dua hal tersebut untuk variasi.

Selalu Perhatikan Masalah Porsi

Tips memilih menu untuk gubukan yang berikutnya adalah soal porsi. Untuk gubukan pastikan porsi tidak terlalu berat. Anda harus berusaha membuat para tamu bisa mencoba banyak hal tanpa merasa kekenyangan. Hal ini mengingat Anda juga sudah memiliki menu buffet untuk kebutuhan makanan utama para tamu.

Pastikan Menu yang Jarang Dijumpai

Jika ingin menu yang membuat acara lebih meriah dan tamu betah, Anda harus coba sediakan menu yang jarang ditemukan. Contoh saja hidangan soto betawi. Di Jakarta, hidangan ini memang banyak tersedia, tapi jika membuat acara gubukan di Semarang misalnya, tidak banyak orang pernah coba makanan ini.

Untuk menu yang jarang dijumpai, Anda bisa mencari inspirasi dari hidangan tradisional daerah ataupun hidangan negara lain. Hal seperti lasagna dan takoyaki adalah contoh menu dari negara lain yang cocok untuk acara ini. 

See Also

Pastikan Hidangan Masih Diterima Secara Umum

Walaupun berusaha memberikan hidangan pernikahan unik, Anda juga harus perhitungkan bagaimana hidangan itu diterima secara umum. Hidangan jangkrik goreng yang ada di Yogyakarta memang unik, tapi tidak banyak orang suka hal ini. Jadi, jangan terlalu memaksakan keunikan dan malah membuat acara pesta terasa aneh.

Perhatikan Masalah Penyajian dan Cara Makan

Para tamu biasanya harus antri untuk dapatkan. Karena hal ini, pastikan menu yang dipilih bisa cepat disajikan. Contoh saja menu hidangan soto. Saat persiapan, para staff bisa menyiapkan toping dan nasi. Saat disajikan, petugas tinggal menyiram kuah di mangkok sebelum diserahkan pada tamu.

Cara makan juga harus diperhatikan. Karena kondisi pesta yang ramai, banyak orang terpaksa makan berdiri. Karena hal ini, pastikan hidangan tidak repot untuk disantap. Jika hidangan harus santap menggunakan meja, hal tersebut bisa jadi tanda tidak cocok sebagai menu gubukan. 

Sekian bahasan tentang tips memilih menu untuk gubukan. Tips di atas hanyalah arahan semata. Selama Anda menggunakan hal tersebut sebagai basis memilih menu, Anda bisa bebas berkreasi dan menentukan pilihan. Mudah – mudahan informasi ini bisa jadi inspirasi dan solusi bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Scroll To Top