10 Inspirasi Menu Hidangan Pernikahan Hemat

10 Inspirasi Menu Hidangan Pernikahan Hemat

Tidak semua orang yang mengadakan pesta pernikahan memiliki budget yang banyak. Walaupun begitu, pilihan menu hidangan tentu harus disiapkan. Untuk solusi makanan hemat tapi tetap nikmat, artikel ini akan membahas 10 ide menu yang bisa Anda coba. Hidangan pernikahan hemat ini memiliki cita rasa yang tetap menggoda bagi para tamu. Mari bahas semuanya di bawah ini!

Mie Goreng

Pilihan menu pertama yang sangat mudah disiapkan adalah mie goreng. Variasi mie goreng ada banyak dan cukup free form. Anda bisa buat versi mie goreng sendiri dengan budget rendah dan tetap menghasilkan rasa yang nikmat.

Peran mie goreng di sini bisa jadi pelengkap tapi juga bisa sebagai pengganti nasi. Kadang tamu ada yang malas makan nasi dan lebih memilih mencoba berbagai hidangan di acara pesta. Bagi tamu yang tidak ingin terlalu kenyang, menu ini tentu sangat tempat.

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah hidangan yang menjadi banyak favorit masyarakat Indonesia. Menu ini bisa jadi pilihan sebagai alternatif untuk nasi. Terkadang para tamu ingin makanan yang lebih berasa daripada nasi biasa. Nasi goreng bisa jadi pilihan bagi para tamu tersebut.

Nasi goreng juga terkenal cukup murah dibuat. Anda bisa pilih topping yang harganya tidak terlalu mahal dan memasukannya dalam hidangan ini. Tentu saja jika Anda punya budget banyak, nasi goreng juga bisa dikembangkan dengan bahan yang lebih mewah.

Cap Cai

Cap cai mungkin tergolong hidangan pernikahan yang sederhana. Tapi jangan salah, pilihan menu ini cukup fleksibel karena bisa dibuat dengan bahan – bahan sederhana. Sayuran, daging dan juga kekian bisa divariasi sesuai selera. Jika budget terbatas, pilihan variasi ini bisa dibuat sederhana tapi tetap akan nikmat rasanya.

Telur Balado

Saat hidangan buffet, pilihan makanan pedas tidak boleh dilupakan. Pilihan hidangan pedas yang umum dipilih dan murah adalah telur balado. Hidangan ini tidak menggunakan daging dan hanya menggunakan rempah pedas untuk menjadi nikmat. Karena itu, Anda tidak perlu keluar banyak uang jika memilih menu ini.

Sambal Goreng Tempe

Untuk alternatif hidangan pernikahan hemat yang pedas, sambal goreng bisa jadi pilihan. Sambal goreng tempat adalah variant murah untuk masakan ini. Tentu saja pilihan sambal goreng daging bisa dipilih jika budget Anda cukup, tapi jika mepet tempat bisa jadi alternatif yang baik. Rasa sambal goreng terkenal banyak disukai dan pastinya tamu akan banyak yang ambil.

Karedok

Sayuran tentu penting ada pada menu buffet acara pernikahan. Untuk pilihan yang sederhana tapi nikmat, karedok bisa dipilih. Saus kacang dan pilihan sayuran cincang yang disediakan cukup murah untuk dibuat. Walaupun begitu, hidangan ini menjadi “salad” favorit masyarakat Indonesia. Anda yang tidak punya banyak budget, bisa memilih hidangan ini sebagai sayur utama.

Ayam Rica – Rica

Olahan ayam bisa jadi pilihan jika Anda masih memiliki budget. Ayam rica – rica adalah salah satu menu yang tidak boleh diremehkan. Rasa nikmat dari hidangan ini di dapat dari campuran rempah yang tidak terlalu mahal. Jika ingin lebih irit, pilih saja bagian sayap dan paha bawah sebagai dagingnya.

Nugget Ayam

Nugget ayam bisa jadi pilihan bagi semua umur. Anak – anak yang datang ke acara pasti suka dengan lauk ini. Harga nugget ayam sendiri tidak terlalu mahal jika dibuat sendiri. Anda bisa campurkan adonan dengan ayam dengan rasio yang sama. Hal ini membuat Anda tidak perlu menggunakan banyak daging ayam sebagai olahan.

Sup Ayam

Sup merupakan hidangan kuah yang harus ada dalam acara pernikahan. Sup sendiri bisa dibuat dengan bahan sederhana. Hal yang paling mahal hanya terletak pada potongan ayam dan kaldu yang digunakan. Tapi untuk bahan lain, Anda cukup gunakan sayuran biasa dan rasanya tetap akan nikmat.

Rujak Buah

Sebagai hidangan penutup, Anda bisa menyediakan potongan buah. Tapi jika ingin menyambut tamu secara lebih spesial, rujak bisa jadi pilihan baik. Rujak buah cukup mudah dibuat dan tidak memakan biaya banyak. Menu ini pasti dinikmati oleh banyak tamu undangan di acara Anda.

Pilihan menu di atas tentu masih bisa Anda kembangkan. Kebanyakan hidangan Indonesia rata – rata cukup terjangkau. Jadi Anda tidak perlu takut bereksperimen untuk menu pernikahan ini. Mudah – mudahan inspirasi menu hidangan pernikahan hemat di atas bisa berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!