Nikah di tahun depan ? List Kebutuhan Mulai Sekarang

Nikah di tahun depan ? List Kebutuhan Mulai Sekarang

7 List Penting Persiapan Nikah di Tahun Depan yang Wajib Dipersiapkan dari Sekarang

Anda pasti punya mimpi mempunyai pernikahan yang sempurna dan tidak terlupakan bukan?

Semua orang juga punya keinginan yang sama. Untuk mendukungnya dibutuhkan persiapan yang matang bahkan jauh sebelum digelarnya sebuah pernikahan. Jika Anda berencana menikah di waktu dekat, persiapan nikah di tahun depan harus dilakukan mulai dari sekarang.

Apa saja persiapan yang jauh hari harus Anda perhatikan, simak uraiannya di bawah ini:

Budget Pernikahan

Sebuah pernikahan biasanya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, Anda yang sedang berencana menikah di tahun depan, budget pernikahan harus segera dipersiapkan. Tentukan konsep dan tema yang akan dipakai dan apa saja kebutuhan pernikahan sehingga budget bisa ditentukan.

Tanggal Pernikahan

Sudah selayaknya jika pernikahan dilakukan di waktu yang baik. Jika pada umumnya utamanya orang Jawa menentukan tanggal pernikahan dengan banyak hitungan, bagi Anda yang tidak menganut hal yang demikian bisa menyiapkan tanggal di mana seluruh keluarga dan teman bisa hadir dalam pernikahan. Lebih baik lagi jika tanggal yang ditentukan bertepatan dengan tanggal cantik, pasti pernikahannya akan lebih berkesan.

Jumlah Tamu Undangan dan Konsep Undangan

Agar tamu undangan yang hadir tidak melebihi kapasitas tempat pernikahan dan melebihi budget, ada baiknya Anda membuat list berapa jumlah tamu undangan yang akan diundang dalam pernikahan. Utamakan dari keluarga dan teman dekat dahulu baru, kolega atau teman jauh.

Begitu pun konsep kartu undangan sudah harus Anda persiapkan. Karena kartu undangan pada umumnya akan berakhir di tempat sampah, boleh saja menggunakan konsep kartu undangan yang sederhana tidak berlebihan.

Dekorasi Tempat Pernikahan

Keindahan jalannya pernikahan dapat didukung dengan adanya dekorasi tempat pernikahan dan pelaminan yang indah dan elegan. Anda bisa memesan dekorasi sesuai dengan tema pernikahan yang ingin diusung. Yang sedang banyak diminati saat ini adalah dekorasi yang natural, segar dan menyatu dengan alam.

Wedding Organizer

Apabila Anda tidak memungkinkan untuk mengurus persiapan pernikahan sendirian, Anda bisa menggunakan jasa WO untuk mempersiapkan dari yang paling kecil hingga yang besar. Anda hanya perlu menyamakan konsep dengan WO yang dipakai agar pernikahan sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Foto Prewedding

Foto prewedding saat ini seakan menjadi sebuah kewajiban untuk dilakukan oleh setiap pasangan calon pengantin. Sempat terjadi pro dan kontra, nyatanya  masih banyak yang melakukan kegiatan yang satu ini. Untuk sesi foto prewedding ini bisa Anda lakukan di studio atau out door. Tergantung dengan keinginan Anda. Tidak harus melibatkan fotografer profesional, manfaatkan teman yang piawai fotografi untuk menghemat budget.

Mahar Pernikahan dan Seserahan

Mahar dan seserahan adalah hal penting yang harus dipersiapkan jelang pernikahan. Seserahan dan mahar ini bisa didiskusikan dengan pasangan. Apa saja yang ingin diberikan sebagai seserahan dan ingin mahar yang bagaimana. Persiapan ini pun bisa dilakukan jauh hari agar tidak menyita perhatian Anda dan jadi terlupa di tengah persiapan yang lain.

Banyaknya persiapan pernikahan yang harus disiapkan jauh hari, akan lebih baik jika Anda membuat sebuah list sehingga Anda akan tahu manakah yang penting untuk disiapkan terlebih dahulu, yang harus diprioritaskan dan persiapan mana yang bisa dikerjakan mendekati hari pernikahan. Demikian rincian persiapan nikah di tahun depan yang wajib Anda tahu. Sudah sejauh mana persiapan Anda saat ini?