Nikah Muda Sambil Kuliah? Begini Tips Menikah di Usia Muda

Nikah Muda Sambil Kuliah? Begini Tips Menikah di Usia Muda

Begini Tips Menikah di Usia Muda Sambil Kuliah

Menikah muda sepertinya sedang gemar diperbincangkan. Ditambah lagi kini banyak idola atau ustadz muda yang jadi panutan juga turut menikah muda dan memberikan paparan tentang nikmatnya menikah di usia muda. Berbagai tips menikah di usia muda mereka berikan. Namun, banyak yang beranggapan tidak semua orang bisa melakukan atau menjalani tips tersebut. Termasuk bagi yang ingin menikah muda dan masih kuliah.

Akan tetapi, sejatinya menikah muda sambil kuliah tetaplah bisa dilakukan siapa pun asalkan punya niat dan bekal yang cukup. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan pasangan muda yang ingin menikah muda, tapi juga tetap ingin berkuliah:

Adanya Kesepakatan

Menikah artinya mempersatukan banyak hal, bukan hanya menyatukan cinta kedua pasangan. Menikah juga menyamakan pendapat tentang berbagai hal, termasuk tentang pendidikan jika saat menikah masih menjalani kuliah. Harus ada kesepakatan apakah pasangan dapat melanjutkan kuliah tersebut atau tidak. Jika pun kuliah tetap bisa dilakukan harus ada kesepakatan juga bahwa tidak boleh terbengkalai keduanya. Harus bisa menyeimbangkan antara kuliah dan keluarga.

Mempunyai Sumber Pendapatan

Menikah sambil kuliah, pastinya banyak pengeluaran dan tidak mungkin harus menggantungkan biaya tersebut pada orang tua. Jika pun sudah memutuskan untuk menikah saat masih kuliah, kedua pasangan harus mempunyai sumber penghasilan yang bisa menyokong biaya pendidikan atau untuk keperluan keluarga. Bisa dengan mencari beasiswa atau kerja part time di sela-sela kuliah.

Bisa Membagi Waktu

Kuliah biasanya akan memakan jadwal yang padat.  Agar tidak terjadi ketimpangan waktu yang bisa mengganggu salah satu, maka kedua pasangan harus bisa membagi waktu dengan baik. Dapat memprioritaskan manakah yang penting dan harus didahulukan.

Dukungan dari Pasangan

Tekanan kuliah saat masih single dengan ketika telah menikah pastinya sangat berbeda. Jika saat kuliah dan status belum menikah, beban dan tekanan hanya tertuju pada kuliah saja. berbeda kuliah dan menikah. Tekanan akan bertambah tinggi, karena tanggungjawab tidak hanya pada kuliah dan pekerjaan saja, tapi juga pada keluarga yang harus diutamakan. Oleh karena itu dukungan dari pasangan dan keluarga sangat dibutuhkan agar tidak terjadi stres dan dapat menjalani keduanya dengan lancar dan bahagia.

Saling Tolong Menolong

Bukan hanya dukungan saja yang dibutuhkan pasangan dalam menjalani rumah tangga saat masih kuliah, tolong menolong antar pasangan juga dibutuhkan. Jika salah satu pasangan sedang sibuk dengan jadwal kuliah, yang lain bisa membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga agar tidak terbengkalai. Begitu juga sebaliknya. Tolong menolong ini tidak hanya akan meringankan beban pasangan saja, tapi juga dapat menambah keharmonisan rumah tangga lho.

Tidak ada yang melarang jika ingin menikah saat menjalani kuliah. Toh, umur tersebut telah dianggap cukup untuk melakukan pernikahan. Yang sering dikhawatirkan adalah kesiapan kedua pasangan dalam menjalani rumah tangga. Karena tentu, tekanannya akan berbeda dengan menikah dan tidak sedang kuliah. 

Untuk itulah pasangan yang telah memutuskan menikah muda saat masih kuliah harus benar-benar siap. Siap secara moril, psikologis dan juga finansial. Karena sesungguhnya menjalani keduanya tidaklah muda jika tidak diimbangi persiapan yang matang. Semoga tips menikah di usia muda tersebut bermanfaat dan semakin banyak anak muda yang termotivasi dan tidak lagi takut menjalani pernikahan usia muda sambil menjalani kuliah.