Now Reading
Nikah tahun 2020 ? Simak List Lengkapnya di Sini, ya!

Nikah tahun 2020 ? Simak List Lengkapnya di Sini, ya!

7 Hal Penting yang Perlu dipersiapkan untuk Nikah di Tahun 2020

Segala sesuatu yang hendak dilakukan pastilah membutuhkan persiapan. Terlebih jika yang ingin dilakukan adalah pernikahan. Persiapannya meliputi banyak hal dan  akan membutuhkan waktu yang lama. Apalagi nikah di tahun 2020, terdapat persiapan yang lebih berbeda dengan persiapan pernikahan tahun-tahun sebelumnya.

Apa saja persiapan penting untuk pernikahan 2020, simak ulasan lengkapnya di sini:

  • Kesiapan dengan Ditandai Adanya Sertifikat

Kesiapan kedua calon mempelai adalah hal utama yang harus dipersiapkan. Sebab banyak permasalahan yang dihadapi saat pernikahan karena kurangnya persiapan. Meliputi kesiapan ilmu, finansial dan juga psikologis. Untuk kesiapan ilmu, sekarang calon mempelai diharuskan untuk mendapatkan sertifikat lulus terlebih dahulu sebelum menikah. Sertifikat ini akan didapatkan melalui bimbingan sebelum pernikahan. Jika diketahui calon belum siap dan dinyatakan tidak lulus, pernikahan bisa ditunda atau tidak dilaksanakan.

  • Bimbingan Pra Nikah

Agar calon pengantin lebih siap mengarungi pernikahan yang terkadang tidak mudah, maka diperlukan adanya bimbingan pernikahan. Bimbingan ini biasanya dilakukan menjelang pernikahan. Materi yang diberikan adalah hal-hal yang menyangkut kewajiban dan hak suami istri kelak setelah menikah. 

  • Administrasi

Hal yang paling penting dan harus disiapkan menjelang pernikahan adalah yang menyangkut administrasi . seperti  KTP, KK, surat pengantar, foto, surat rekomendasi dan akta kelahiran. Segala keperluan administrasi ini harus lengkap karena bila kurang satu saja dokumen akan membuat proses persiapan di KUA menjadi terhambat.

  • Vaksin dan Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah

Hal penting lainnya dan sering diremehkan adalah tentang vaksi pra nikah ini. Padahal mengikuti prosedur yang satu ini adalah penting sekali. Adanya vaksin dan pemeriksaan bertujuan untuk melindungi pasangan calon pengantin dan juga anak yang kelak akan dilahirkan dari penyakit yang berbahaya dan mematikan

  • Gaun Pernikahan dan Tema Dekorasi

Biasanya yang paling heboh untuk persiapan yang satu ini adalah pengantin perempuan. Karena ingin tampil cantik dan meyakinkan, tidak jarang persiapan gaun pengantin dilakukan dengan sangat maksimal.

See Also

Begitu juga untuk persiapan dekorasi sebagai penunjang keindahan jalannya prosesi pernikahan, tema dekorasi yang disiapkan juga tak kalah serunya. Yang sedang banyak diminati saat ini adalah dekorasi minimalis dengan nuansa alam yang lebih ke arah pernikahan outdoor.

  • Finansial¬†

Sebuah pernikahan tanpa adanya persiapan finansial akan merepotkan nantinya seusai melaksanakan pernikahan. Sebab segala sesuatunya akan ditanggung berdua. Orang tua sudah lepas tangan. Jadi jika telah berkeinginan menikah, periksa dulu bagaimana kondisi finansial untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius dan pastinya masalah yang dihadapi akan berbeda dan lebih besar.

  • Mental

Selain membutuhkan persiapan finansial yang matang, pernikahan pun membutuhkan kesiapan mental kedua pasangan.  Masalah yang kelak akan dihadapi setelah menikah pastinya akan berbeda jauh dengan sebelum menikah. Banyak terjadinya kasus perceraian dikarenakan tidak siapnya menghadapi masalah dan perbedaan yang terjadi selama pernikahan Nikah di tahun 2020 sepertinya tidak akan mudah dilakukan, Tapi jangan khawatir, selama Anda menjalaninya dengan suka cita apalagi bisa dilakukan berdua dengan pasangan, maka segala sesuatunya akan terasa mudah dan menyenangkan. Pada tahun 2020, akan ada tambahan syarat untuk nikah yaitu sertifikat nikah. Jangan jadikan hal tersebut sebagai beban, tapi nikmati saja prosesnya, karena bimbingan pra nikah akan sangat bermanfaat bagi Anda dan pasangan untuk mengarungi rumah tangga.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top